08 April 2018

Kenali Berbagai Jenis Batuk Pada Anak

Tak semua batuk itu sama, lho
Kenali Berbagai Jenis Batuk Pada Anak

Kalau anak batuk, Moms harus segera memberikan penanganan yang terbaik. Eits, tunggu dulu. Batuk pada anak itu ada banyak jenisnya, lho.

Beda batuk beda pula penyebabnya. Maka, Moms harus tahu apa saja jenis batuk pada anak. Simak baik-baik penjelasan berikut ini, ya.

1. Infeksi

kenali berbagai jenis batuk pada anak infeksi
Foto: kenali berbagai jenis batuk pada anak infeksi

Batuk yang dialami anak mungkin disebabkan oleh infeksi berbagai jenis bakteri, parasit, dan virus. Infeksi bisa menyebabkan penyakit seperti influenza, radang tenggorokan, atau radang paru. Jenis batuk ini sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, Moms.

Batuk pada anak yang diakibatkan oleh infeksi biasanya ditandai dengan gejala batuk kering selama beberapa hari. Anak mungkin mengeluh tenggorokannya sakit untuk menelan dan lidahnya terasa pahit. Kemudian batuknya pun jadi batuk dahak. Gejala lain yang harus diperhatikan adalah demam, pilek, dan sakit kepala.

2. Refluks asam lambung (maag)

kenali berbagai jenis batuk pada anak maag
Foto: kenali berbagai jenis batuk pada anak maag

Batuk pada anak juga bisa disebabkan oleh refluks asam lambung yang juga dikenal dengan istilah maag. Maag terjadi saat asam lambung naik ke saluran kerongkongan.

Hal ini mengakibatkan dada si kecil jadi terasa sakit, perih, dan sesak. Biasanya anak pun akan batuk-batuk hebat seperti ingin muntah atau membuang ludah ketika diserang maag.

Gejala yang lain yang mungkin dirasakan anak antara lain mual, sulit bernapas, dan mulut terasa asam. Apalagi kalau anak habis makan. Segera beri si kecil obat maag yang manjur ya, Moms. Supaya batuknya mereda dan tidak terlalu sesak, Moms bisa menempelkan kompres hangat di dadanya.

3. Asma

kenali berbagai jenis batuk pada anak asma
Foto: kenali berbagai jenis batuk pada anak asma

Coba perhatikan bunyi batuk si kecil. Kalau si kecil mengalami batuk kering yang disertai dengan suara tarikan napas yang melengking tapi lirih, bisa jadi anak mengalami serangan asma.

Batuk yang berbunyi ini disebut juga sebagai mengi. Mengi paling sering muncul di malam hari atau setelah anak beraktivitas fisik cukup berat.

Kalau Moms curiga anak mengidap asma, segera periksakan ke dokter anak. Meskipun tak bisa disembuhkan sepenuhnya, paling tidak dokter bisa menganjurkan berbagai cara untuk mengendalikan gejala asma pada anak.

4. Alergi

kenali berbagai jenis batuk pada anak alergi
Foto: kenali berbagai jenis batuk pada anak alergi

Anak batuk berdahak tapi tidak kelihatan sakit atau lemas? Bisa jadi penyebabnya adalah alergi. Gejala alergi selain batuk berdahak adalah hidung dan mata berair, pilek, bersin-bersin, tenggorokan sakit atau gatal, dan muncul ruam pada kulit.

Penyebab alergi pun ada macam-macam, tergantung pada kondisi buah hati. Ia mungkin alergi terhadap debu, serbuk sari bunga, kotoran, bulu binatang, makanan dan minuman tertentu, atau tungau kasur.

Itu dia berbagai jenis batuk pada anak yang harus Moms kenali. Jangan lupa, langsung periksakan anak ke dokter kalau Moms curiga anak mengidap penyakit tertentu. Semakin cepat dideteksi penyebabnya, Moms pun bisa memberikan penanganan terbaik.

(IA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb