ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
16 April 2020

Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

Penting menjaga gaya hidup sehat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk melindungi atau mengobati diri dari infeksi virus Corona novel (COVID-19). Karena itu, langkah penting yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan, yaitu meningkatkan imunitas tubuh untuk melindungi dari virus Corona novel.

Studi dalam Journal of American Medical Association yang mengkaji 138 pasien terinfeksi virus Corona novel, ditemukan sebanyak 26 persen pasien memerlukan perawatan unit perawatan intensif, dan angka kematiannya adalah 4,3 persen.

Selain membiasakan diri melakukan pola hidup yang sehat, penting juga untuk menjaga imunitas tubuh tetap dalam kondisi prima sehingga badan selalu fit dan tidak mudah terinfeksi virus Corona novel.

Ketahui langkah apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar menurunkan risiko terinfeksi virus Corona novel yang menyerang secara global.

Baca Juga: Anti Panik, Ini Cara Melindungi Keluarga dari Virus Corona Novel Menurut Pakar

Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Virus Corona Novel

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Sistem imun adalah pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit, dan sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Bila daya tahan tubuh lemah, maka benda asing akan mudah masuk, sehingga menyebabkan terkena infeksi dan muncul beberapa gejala misalnya bersin, demam dan lain sebagainya.

Apalagi pada kondisi saat ini, virus Corona mudah menyebar dan belum ditemukan vaksin. Sehingga, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah memperkuat antibodi.

Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan, tentang perkiraan penyebaran virus Corona novel yang bisa terjadi:

  • Akan menyebar terutama dari orang ke orang yang berhubungan dekat satu sama lain dalam jarak sekitar 2 meter.
  • Melalui cipratan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin.
  • Tetesan ini dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

"Dalam jangka waktu dua bulan, sudah 75 ribu orang yang terinfeksi, jadi ini sangat infectious. Di China, ada yang menggunakan anti-viral, dan pengobatan lainnya bersifat suportif seperti memakai obat demam, atau obat batuk, karena vaksinnya belum ada," jelas dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Meningkatkan Imunitas Tubuh dari Virus Corona dengan Imunostimulan

Foto: Orami Photo Stock

Kekebalan tubuh dapat naik dan turun, serta dipengaruhi oleh usia, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, olahraga, dan emosi. Semakin dewasa, antibodi seseorang akan semakin kuat. Namun, antibodi juga bisa melemah seiring bertambahnya usia.

Menurut Prof. Iris, sistem imun dapat ditingkatkan dengan mengatur sistem daya tahan tubuh menggunakan imunostimulan, yang dapat mengurangi risiko terinfeksi virus Corona novel.

Imunostimulan berfungsi meningkatkan pertahanan alamiah tubuh untuk mengatasi berbagai infeksi virus dan bakteri, dan juga berbagai penyakit dimana sistem imun mengalami penurunan atau penekanan.

Salah satu dari cara meningkatkan imunostimulan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Jadi makanan yang bernutrisi itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Apabila seseorang tidak sempat makan makanan yang bergizi komplit, maka dapat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen atau imunostimulan," ujar Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Penyakit Imunodefisiensi Primer pada Anak: Penyebab dan Jenisnya

Gaya Hidup Sehat Juga Jadi Faktor Penting Tingkatkan Imunitas Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya mengonsumsi makanan bergizi, ada juga langkah lain yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dari virus Corona novel yang mewabah.

"Jaga stamina dan imunitas tubuh dengan makan makanan gizi seimbang atur waktu agar cukup istirahat, dan jangan merokok. Imunitas tubuh perlu dijaga. Ketika kita lelah dan tidak memerhatikan gizi, kurang istirahat, maka imunitas tubuh lemah, bakteri dan virus masuk, dampaknya sakit," terang dr. Erlina.

"Imunodifisiensi yang rendah pasti menjadikan seseorang mudah terkana penyakit. Karena itu, makan makanan sehat penting. Kita harus memelihara sistem imun kita dengan asupan gizi seimbang," jelas Prof. Iris.

Jadi, itu dia Moms, cara meningkatkan imunitas untuk melindungi tubuh dari virus Corona. Apa yang paling penting, Moms jangan terlalu khawatir berlebihan dan tetap jaga kesehatan Si Kecil, ya!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar COVID-19, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Sebelumnya

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Berbuka Puasa
Adeline Wahyu • 14 Apr 2020

Selanjutnya

Ahli Dermatologi Temukan Kemungkinan Gejala Baru Virus COVID-19
Amelia Puteri • 16 Apr 2020

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT