Newborn

NEWBORN
8 April 2019

Apa Yang Ada Dalam Pikiran Bayi? Yuk, Gali Lebih Dalam, Moms.

Pikiran bayi bisa membedakan Moms dan Dads sejak usia dini lho.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah ia tahu aku mama-nya? Kenapa tiba-tiba ia tertawa kecil? Apa ya yang ada dalam pikiran bayi saat ini?

Mungkin beberapa pertanyaan ini sering muncul dalam benak Moms saat melihat Si Kecil.

Kadang tatapan Si Kecil terlihat kosong, tapi kadang terlihat seperti mengerti apa yang sedang Moms katakan.

Otak bayi sebenarnya tumbuh sangat pesat.

Ukurannya lebih dua kali lipat dari saat lahir ketika ia berusia satu tahun dan mencapai ukuran dewasa penuh hanya empat tahun kemudian, ketika masuk taman kanak-kanak.

Mengutip dari Reader’s Digest (rd.com), untuk mendukung semua pertumbuhan tersebut, otak bayi memiliki sekitar 1.000 triliun sinapsis (koneksi antara sel-sel otak) atau dua kali lipat dari rata-rata orang dewasa.

Untuk itulah mengapa kadang Moms melihat seperti ada sesuatu dalam pikiran bayi atau merasa ia mengerti dengan apa yang Moms ucapkan.

Penasaran dengan apa yang ada dalam pikiran bayi? Cek infonya berikut ini.

Bisakah bayi membedakan antara Moms dan Dads?

Foto: unsplash.com

Bisa, Moms!

“Bayi usia tiga bulan dapat membedakan foto wajah pria dan wanita dewasa,” ungkap profesor psikologi Paul C. Quinn, PhD di Universitas Delaware, Newark, seperti dikutip dari parents.com.

Dalam studi yang ia lakukan, bayi lebih cenderung memilih sosok yang biasa menjadi pengasuh utama mereka, yaitu Moms atau Dads.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Boleh Diajak Jalan-jalan Keluar Rumah?

Apakah bayi tahu namanya?

Saat usia 5-6 bulan, bayi seharusnya sudah bisa merespon saat namanya dipanggil.

Di bawah usia tersebut, mungkin Si Kecil terlihat senang setiap Moms memanggilnya, namun dalam pikiran bayi sebenarnya ia tidak memahami namanya.

“Jelang usia dua sampai tiga bulan, bayi hanya merespon wajah dan suara, tapi belum tentu kata-kata Anda,” ungkap ketua dokter anak di Yale School of Medicine, Margaret Hostetter, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Apakah bayi berpikir tentang suatu hal lucu saat tertawa?

apakah bayi berpikir tentang suatu hal lucu saat tertawa

Foto: parenting.firstcry.com

Para psikolog perkembangan terbelah dua mengenai pertanyaan ini.

Sebagian menyebutkan bahwa bayi dilahirkan dengan kemampuan untuk merasakan dan mengekspresikan empat emosi dasar, termasuk kebahagiaan.

Namun, sebagian berpendapat bahwa bayi belajar mengenal dan mengkomunikasikan perasaan yang berbeda hanya melalui pengalaman dengan manusia lain.

Bagaimanapun juga, para psikolog setuju bahwa pikiran bayi yang baru lahir mungkin tidak menemukan inti dari lelucon yang Moms buat, hanya saja tawa dan senyumnya masih tetap berharga untuk disaksikan.

“Ketika bayi tertawa, itu adalah hal yang positif, dia menikmati dirinya sendiri,” ungkap Mark Widome, MD, profesor kedokteran anak di Penn State Children’s Hospital, Hershey, seperti dikutip dari parents.com.

Apakah bayi bisa berpikir?

Kesepakatan saat ini adalah bahwa pikiran bayi berjalan sepanjang waktu.

Dalam sebuah penelitian ditemukan, bahwa bayi mengumpulkan informasi tentang lingkungan mereka dan sangat fenomenal mengambil pola.

Dalam penelitian yang mengukur berapa lama bayi melihat peristiwa yang terjadi di depan mereka ini, juga dijelaskan bahwa untuk menarik perhatian bayi, Moms bisa melakukan sesuatu yang tidak terduga atau belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Pikiran bayi banyak diisi dengan bagaimana objek berperilaku dan berinteraksi,” ungkap Sue Hespos, PhD, psikolog kognitif di Universitas Northwestern, di Evanston, Illnois yang juga menjadi bagian dari penelitian ini, seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Agar Bayi Tertawa, Ikuti 8 Cara Ini, Yuk

Apakah Si Kecil juga mencintaiku?

apakah si kecil juga mencintaiku (2)

Foto: freepic.diller

Bayi tidak memiliki pengalaman hidup dan kesadaran diri seperti orang dewasa, sehingga pengertian kata ‘cinta’ antara Moms dan yang ada di dalam pikiran bayi tentu berbeda.

Tanda kasih sayang bayi secara alami lebih terbatas. =

“Ketika bayi terikat dengan orang tuanya, dia tidak dapat dengan jelas mengungkapkannya, tapi yakinlah bahwa Moms adalah pusat dari segalanya untuk Si Kecil,” ungkap Dr. Margaret Hostetter, seperti dikutip dari parents.com

Baca Juga: 7 Pilihan Mainan yang Aman untuk Kado Bayi Baru Lahir

Untuk itu, tidak ada salahnya Moms dan Dads banyak berinteraksi dengan bayi meski mungkin ia terlihat tidak mengerti, namun siapa tahu dalam pikiran bayi sebenarnya memahami apa yang Moms dan Dads katakan.

(GS)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait