Pernikahan & Seks

Apakah Ukuran Payudara Penting bagi Pria?

Ternyata, ukuran payudara bukan satu-satunya hal yang penting bagi para pria.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Apakah ukuran payudara penting bagi pria? Pertanyaan ini mungkin muncul pada benak banyak perempuan di dunia. Seperti perempuan lainnya, mungkin Moms juga penasaran pandangan para pria mengenai ukuran payudara. Tak heran, payudara merupakan salah satu organ yang paling sensitif dan sensual dalam dunia pernikahan.

Tidak hanya karena fungsinya yang luar biasa dalam memproduksi ASI yang kaya nutrisi untuk tumbuh kembang bayi setelah melahirkan, payudara juga menjadi bagian dari tubuh wanita yang banyak menarik perhatian.

Hingga tidak heran, banyak fakta menunjukkan bahwa payudara adalah bagian dari tubuh wanita yang disukai oleh pria. Terutama dalam hal seksual karena salah satu titik rangsang pada wanita ini dapat membuat para pria lebih bergairah saat berhubungan seks.

Tidak hanya penampilannya yang memikat hati, bentuk dan ukurannya juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan oleh pria.

Baca Juga: 7 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara, Simak di Sini

Apakah Ukuran Payudara Penting Bagi Pria?

Apakah Ukuran Payudara Penting bagi Pria

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah berpikir apakah ukuran payudara penting bagi pria. Mengingat ukuran setiap payudara wanita berbeda dan tidak sedikit pria lebih tertarik dengan ukuran payudara yang besar.

Namun tunggu dulu, Moms. Ternyata, anggapan ini tidak selalu benar adanya, lho.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal akademis Evolution & Human Behavior menemukan bahwa ukuran payudara sebenarnya tidak sepenting itu bagi pria, tetapi bentuk payudaralah yang seringkali diperhatikan oleh pria.

Para ilmuwan menanyai 267 pria dari empat negara berbeda tentang preferensi mereka pada payudara kecil dan gagah seperti Kate Moss, payudara yang lebih besar seperti Jennifer Lawrence atau dada yang lebih penuh seperti Katy Perry.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Unyuk menjawab pertanyaan apakah ukuran payudara penting bagi pria, para peneliti kemudian melihat pola preferensi 267 pria tersebut. Penelitian itu kemudian menemukan bahwa pria lebih menyukai payudara yang indah dan gagah daripada jenis payudara yang lebih besar.

Partisipan dari Brazil, Kamerun, Republik Ceko dan Namibia yang mendaftarkan pada penelitian tersebut diperlihatkan dua set gambar dengan ukuran dan kekencangan dada yang bervariasi.

Para ilmuwan menemukan bahwa “preferensi individu untuk ukuran payudara bervariasi tetapi mayoritas penilai lebih menyukai ukuran sedang, diikuti oleh payudara berukuran besar."

Sebaliknya, para ilmuan menemukan preferensi arah sistematis untuk payudara kencang di keempat sampel. Singkatnya, ukuran payudara tidak begitu penting, tetapi bentuk payudaralah yang penting bagi pria.

Baca Juga: Bersiap untuk Indonesia Goes Pink, Waspada Kanker Payudara

Menariknya, studi tersebut juga menemukan bahwa pria yang lebih miskin menyukai payudara yang lebih besar, sementara yang lebih kaya justru lebih menyukai yang kecil.

Pertanyaan apakah ukuran payudara penting bagi pria sepertinya tidak bisa dijawab dengan satu penelitian saja, Moms. Penelitian lain tentang ukuran payudara yang dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behaviour pada tahun 2013 pun dilakukan. Para ilmuan menghadirkan bentuk 3D dari beberapa wanita dengan ukuran payudara berbeda yang menunjukkan ukuran medium adalah yang paling disukai pria. Sementara seperempatnya menyukai yang lebih besar, sementara seperempat lainnya memilih payudara berukuran kecil.

Penelitian tahun 2013 tersebut ternyata memperkuat jawaban dari pertanyaan apakah ukuran payudara penting bagi pria yang menunjukkan bahwa masalah ukuran dan bentuk payudara yang diinginkan pria ini kembali pada masing-masing preferensi. Jadi intinya, penting tidaknya ukuran atau pun bentuk memang tidak bisa benar-benar disamaratakan antara satu pria dengan pria lainnya, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Bra yang Tepat Sesuai Bentuk Payudara

Mengapa Pria Menyukai Payudara Wanita?

Mengapa Pria Menyukai Payudara

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari ukuran maupun bentuknya, Moms mungkin penasaran apa yang menjadi alasan pria menyukai payudara wanita.

Pernyataan dari Larry Young dan Brian Alexander, dua pria yang belum lama ini merilis buku berjudul The Chemistry Between Us: Love, Sex and the Science of Attraction mungkin bisa menjawab pertanyaan Moms tentang mengapa pria menyukai payudara wanita.

Dalam buku yang diterbitkannya, kedua pria tersebut telah membedah dengan cermat semua elemen emosional, biologis, dan budaya di balik alasan sebenarnya mengapa pria begitu tertarik pada payudara wanita.

Jawabannya adalah para penulis sangat yakin bahwa pria terobsesi dengan payudara wanita hanya karena hormon selama menyusui, yang membantu membuat ikatan kuat antara ibu dan anak saat mereka kecil.

Ketika seorang ibu menyusui anaknya, bayi menjadi hal terpenting di dunia dan semua perhatiannya tertuju pada bayinya. Bahan kimia pengikat oksitosin neurokimiawi, atau dikenal sebagai "obat cinta", membanjiri otaknya, membantu memusatkan perhatian dan kasih sayang pada bayinya.

Oksitosin yang dilepaskan ke dalam ASI ibu turut dikonsumsi oleh bayi.

Baca Juga: Amankah Menyeduh Susu Formula dengan Air Panas dari Dispenser?

Hal ini membuat menyusui menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi ibu dan anak. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga membentuk ikatan yang sangat penting di antara keduanya.

Dengan demikian, payudara secara tidak sadar mengingatkan pria akan ikatan antara ibu dan anak.

“Ikatan ini tidak hanya yang terindah dari semua ikatan sosial, tapi juga yang paling abadi, bertahan seumur hidup,” jelas para penulis.

Pada dasarnya, ketika seorang pria melihat, menyentuh atau memijat payudara wanita, itu memicu rangkaian peristiwa otak yang sama seperti menyusui.

Zat kimia perasaan yang baik dilepaskan di otak pria dan dia tertarik ke payudara karena secara tidak sadar karena dia mengingat perasaan dan pengalaman menyusui yang baik sebagai seorang anak.

Setiap interaksi antara seorang pria dengan sepasang payudara wanita dapat membantu untuk mengikat seorang pria ke bagian tubuh wanitanya yang lain.

Kedengarannya mungkin cukup aneh, tetapi itu semua benar adanya. Jadi, jika Moms sebagai wanita melihat pria melirik payudara dan begitu terobsesi dengan bagian tubuh ini, ingatlah, bahwa kondisi tersebut adalah dorongan evolusioner yang dia sendiri tidak bisa menahannya.

Baca Juga: 5 Tips Merangsang Payudara saat Bercinta Agar Istri Lebih Puas

Walaupun kebanyakan pria menyukai payudara, namun sebuah studi tahun 2009 di Selandia Baru mengungkapkan bahwa variasi ukuran payudara tidak berpengaruh signifikan pada cara pandang pria terhadap wanita.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pria menganggap kualitas lain lebih penting untuk daya tarik wanita daripada ukuran payudara mereka.

  • https://hackspirit.com/small-boobs-heres-what-men-really-think-of-them-according-to-science/#:~:text=A%20study%20published%20in%20the,shape%20that%20matters%20the%20most.
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1090513816302847
  • https://www.the-sun.com/lifestyle/tech/265574/mens-favourite-boob-type-revealed-by-scientists-who-analysed-all-shapes-and-sizes/
  • https://www.psychologytoday.com/intl/blog/all-about-sex/201306/boobs-mens-complex-feelings-about-womens-breasts
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s10508-013-0081-5
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait