Rupa-rupa

RUPA-RUPA
19 Oktober 2020

Jangan Terlalu Dipikirkan, Berikut Ini 15 Kemungkinan Arti Mimpi Ibu Meninggal

Apa sih maknanya jika mimpi ibu meninggal? Apakah ini pertanda buruk atau bukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah Moms pernah bermimpi menyaksikan ibu meninggal dunia? Jika pernah, Moms pasti terbangun dengan perasaan yang sangat tidak nyaman.

Membayangkan saja sudah sedih, apa lagi jika benar-benar kejadian. Selain itu, Moms pasti ingin tahu apa arti mimpi ibu meninggal, apakah ada makna dibaliknya.

Ibu adalah orang yang pertama kali dikenal, semua manusia akan mengenai ibu mereka sejak bayi.

Ibu adalah orang yang memberikan kasih sayang dan merawat anak-anaknya tanpa mengharapkan balasan.

Ikatan antara ibu dan anak adalah hubungan yang paling murni di antara semuanya. Inilah alasan mengapa saat memimpikan ibu meninggal, perasaan sedih pasti akan langsung dirasakan.

Secara sederhana, arti ibu meninggal menggambarkan rasa cintamu terhadap ibu yang kamu takutkan akan meninggalkanmu sendirian di dunia.

Memimpikan ibu meninggal juga merupakan mimpi yang cukup umum, dan maknanya bisa berbeda-beda bagi setiap kebudayaan.

Baca Juga: 3 Arti Mimpi Anak Meninggal, Tidak Selalu Pertanda Buruk

Arti Mimpi Ibu Meninggal Sebagai Refleksi Kehidupan

Arti Mimpi Ibu Meninggal Sebagai Refleksi Kehidupan

Foto: themindfulword.org

Seorang ibu menempati posisi yang penting dalam hidup semua orang dan masyarakat. Oleh karena itu, ada banyak makna di balik mimpi ibu meninggal.

Kebanyakan artinya menunjukan perasaan kehilangan, peninggalan, penyesalan, nostalgia, dan dalam beberapa arti bisa juga menjadi simbol kebahagiaan dan kesejahteraan.

Berikut ini beberapa arti mimpi ibu meninggal melansir laman Alodreams yang mungkin perlu Moms pahami:

1. Simbol Transformasi Diri

Seorang ibu adalah pembimbing yang akan menuntun kita melewati semua fase kehidupan, mulai dari mengajarkan cara berjalan hingga cara menjalin hubungan dengan orang lain.

Sampai beranjak dewasa, ibu adalah orang yang sangat diandalkan bahkan membantu untuk mengambil keputusan.

Saat Moms memimpikan ibu telah meninggal, maka ini bisa menjadi simbol kedewasaan yang mana kini kamu sudah tak membutuhkan lagi bantuan dari ibu.

Kamu kini sudah bisa mengambil keputusan sendiri dan menentukan mana yang baik untuk diri sendiri dan mana yang tidak.

Seiring dengan pendewasaan diri, maka kamu juga memiliki tanggung jawab agar semua tindakan yang kamu pilih tidak merugikan orang lain.

2. Simbol Kehilangan

Mimpi ibu meninggal juga bisa menjadi simbol kenangan menyedihkan dan kehilangan yang pernah kamu rasakan di masa lalu.

Kehilangan ini tidak hanya tentang seseorang saja, bisa juga tentang materi, pasion, atau hal lain yang menurutmu sangat berarti.

Kamu menemukan kesulitan untuk bisa berdamai dan membiarkan hal tersebut pergi. Secara tidak sadar, alam bawah sadar pun memanifestasikan rasa sedih ini melalui mimpi ibu meninggal yang sangat menyedihkan.

3. Simbol Hilangnya Insting Keibuan

Pada beberapa kasus, kematian ibu di dalam mimpi juga berarti bahwa sisi keibuan telah hilang. Sisi keibuan di sini maksudnya adalah insting untuk merawat seseorang.

Sebagai ibu, kamu akan memprioritaskan kebutuhan orang lain, sementara kamu juga sudah mulai tidak mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

Perubahan ini bisa datang dari pengkhianatan yang datang dari orang terdekatmu. Kamu merasa dikhianati oleh orang yang seharusnya membalas perbuatan dan perkataan yang kamu berikan.

Kepercayaan ini pun hancur dan kamu pun menemukan bahwa dirimu sudah tak lagi menemukan semangat untuk menjalin hubungan seperti dahulu dengan orang lain.

4. Simbol Ancaman yang Akan Datang

Ibu adalah pelindung, ia mengorbankan banyak hal dalam hidupnya untuk memastikan bahwa anak-anaknya tidak berada dalam situasi yang membahayakan atau dalam masalah.

Mereka adalah penjaga, berdiri dengan tegas memastikan anaknya merasa nyaman dan memastikan tidak ada apapun yang membuat anaknya terluka.

Ketika kamu bermimpi ibu meninggal, maka ini bisa menjadi simbol bahwa kamu merasa sendiri dan terisolasi, yang membuat kamu menjadi rentan akan bahaya.

Hidupmu sedang tidak nyaman, tidak aman, namun kamu tidak lagi merasa ada orang yang akan melindungimu atau kamu merasa tidak ada yang bisa kamu mintai pertolongan.

Akhirnya kamu harus berdiri sendiri melewati semua rintangan kehidupan.

5. Simbol Ketidaknyamanan

Arti mimpi ibu meninggal selanjutnya bisa menjadi simbol bahwa kini kamu merasa tidak nyaman dan tidak bahagia menjalani hidup.

Kamu kini merasa dikelilingi rasa sakit. kekhawatiran, sehingga membuat kamu merasa pesimis dan mudah menyerah. Kondisi ini pun membuat kamu merasa sulit untuk bisa mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup.

Jika begini, maka kamu harus menganalisa sendiri bagaimana caranya akan semangat hidup bisa kembali. Kamu harus membuka diri dan mulai mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup agar beban di pundakmu pelan-pelan akan terangkat.

6. Simbol Ketidakmampuan untuk Menentukan Pilihan

Sosok ibu juga bisa menjadi merefleksikan kemampuan intuisi dan sisi spiritualmu, yang akan memberikanmu petunjuk untuk melangkah ke arah yang lebih baik.

Saat kamu bermimpi ibu meninggal, maka ini bisa berarti bahwa kamu mengalami kesulitan untuk menentukan pilihan sendiri.

Mungkin selama ini kamu merasa nyaman berada di bawah kendali orang lain. Kamu tak pernah mampu menentukan pilihan sendiri dan kamu merasa sulit untuk bisa menentukan pilihan sendiri.

Baca Juga: Ibunda Meninggal Dunia, Vino G. Bastian Antarkan sampai Liang Lahat

Arti Ibu Meninggal Sebagai Pertanda Buruk

Arti Ibu Meninggal Sebagai Pertanda Buruk

Foto: dreamsmeaning1.com

Mungkin juga mimpi ibu meninggal menjadi beberapa tanda buruk berikut ini:

7. Pertanda akan Hadapi Situasi Sulit

Mimpi ibu meninggal juga kerap diartikan sebagai pertanda kurang baik yang berarti kamu akan mengalami kesulitan besar.

Karena kesulitan besar ini membuat ibu juga harus turun tangan untuk membantumu. Kesulitan yang kamu alami mungkin juga bisa menjadi beban untuk ibu.

8. Pertanda Kesehatan Ibu Menurun

Arti mimpi ibu meninggal dan masuk rumah sakit juga bermakna kurang menyenangkan. Bisa jadi ini adalah tanda ibu akan mendapat gangguan kesehatan atau penyakit ringan.

Namun, gangguan kesehatan ini tidak sampai membawa ibu masuk rumah sakit apalagi sampai meninggal betulan. Di lain sisi, ini juga bisa berarti bahwa kamu perlu lebih perhatian lagi dengan kondisi ibu.

9. Tanda untuk Segera Introspeksi Diri dan Berbakti pada Ibu

Mimpi mengenai kematian kerap mengacu pada penyesalan dan kecemasan hati. Bukan berarti seseorang yang bermimpi ibu meninggal, ia akan mengalami benar-benar kematian dalam kurun waktu yang dekat.

Dengan bermimpi ibu meninggal, bisa saja seseorang itu diajak untuk mengintrospeksi diri. Jadi sebaiknya Moms harus segera mengintrospeksi diri dan berbakti kepada ibu.

Ubah perlakuan dan jadilah sopan kepada ibu.

Baca Juga: Jangan Langsung Paranoid, Ini 4 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi

Arti Mimpi Ibu Meninggal Sebagai Pertanda Baik

Arti Mimpi Ibu Meninggal Sebagai Pertanda Baik

Foto: linda-stuart.ca

Namun, tidak semua mimpi tentang ibu meninggal dikaitkan dengan pertanda buruk, ada juga beberapa pertanda baik yang mungkin terjadi, misalnya:

10. Mimpi Ibu Meninggal Karena Terlalu Menyayanginya

Mimpi menyaksikan ibu meninggal juga bisa saja berasal dari ketakutan dan juga rasa sayang yang terlalu besar kepada ibu.

Pasalnya, ibu adalah seseorang yang paling berharga. Mimpi ini juga bisa saja muncul karena suatu keadaan, seperti ketika Moms dalam jarak yang jauh dengan ibu sehingga membuat kamu terlalu memikirkannya.

11. Ibu Akan Berumur Panjang

Mungkin arti mimpi ibu meninggal ini sudah tidak asing lagi. Banyak orang beranggapan, makna mimpi ibu meninggal tidak perlu dikhawatirkan, sebab mimpi ini bisa bermakna baik untuk sang ibu.

Jika Moms terbangun dari mimpi itu, sebaiknya segeralah berdoa untuk kesehatan ibu supaya mimpi tersebut tidak menjadi nyata. Apa lagi jika Ibu sedang sakit, maka berdoalah demi kesembuhannya.

Namun, jika memang sang ibu sudah meninggal dunia kemudian memimpikannya kembali maka berdoalah untuk ketenangan ibu. Karena bisa saja ini karena Moms jarang berdoa untuknya.

12. Tanda Penyakit Ibu akan Sembuh

Jika kamu bermimpi ibu meninggal disebabkan karena penyakit yang sedang ibu alami, maka arti mimpi ibu meninggal juga berlaku sebaliknya.

Ibumu bisa saja akan segera sembuh dari penyakit-penyakit dan kesehatan ibu akan segera membaik lagi.

13. Tanda Ibu Terhindar dari Penyakit

Apabila kamu hanya bermimpi ibu meninggal tidak karena sakit atau hal lain, maka maknanya ibu kamu akan senantiasa sehat dan terhindar dari segala penyakit. Jadi mimpi buruk belum tentu bermakna buruk.

14. Tanda Keberhasilan yang Akan Diraih

Pertanda baik lainnya dari mimpi ibu meninggal dalam keadaan tersenyum adalah sebagai tanda bahwa kamu akan meraih keberhasilan yang akan membuat ibu merasa sangat bangga.

Artinya ibu akan mendapatkan kebahagiaan karena melihat anaknya berhasil atau berprestasi.

15. Akan Mendapatkan Rezeki yang Luas

Pertanda menyenangkan lain dari mimpi ibu meninggal adalah kamu akan mendapatkan rezeki yang luas dan besar.

Bahkan ada yang menduga bahwa rezeki ini datangnya tidak disangka-sangka sehingga kamu harus perbanyaklah bersyukur dengan apa yang di dapat, dan jangan lupa juga untuk selalu membuat ibu senang karena keberhasilan itu tak lepas dari doa ibu.

Baca Juga: Ini Arti Mimpi Terbang, Lebih dari Ingin Merasa Bebas

Arti Mimpi dari Sisi Ilmiah

Arti Mimpi dari SIsi Ilmiah

Foto: bitgab.com

Mengutip American Sleep Association, mimpi dapat dijelaskan sebagai rangkaian sensasi, emosi, ide, dan gambaran yang muncul tanpa disengaja dalam pikiran seseorang selama tahap tertentu dalam tidur.

Memang tidak benar-benar dipahami apa tujuan dan isi mimpi, tetapi mereka pasti telah menjadi subjek kepentingan agama dan filosofis dan topik spekulasi ilmiah sepanjang sejarah.

Menariknya, studi ilmiah tentang mimpi dikenal sebagai Oneirology

Saat ini, banyak orang melihat mimpi sebagai koneksi ke pikiran bawah sadar. Ada berbagai macam sifat mimpi, seperti menggairahkan, menakutkan, melankolis, magis, suka berpetualang, dan bahkan seksual; dan mimpi kita tampaknya berkisar dari normal dan biasa sampai ke aneh dan benar-benar nyata.

Dengan pengecualian lucid dream, peristiwa yang terjadi dalam mimpi kita biasanya berada di luar kendali si pemimpi. Si pemimpi menjadi sadar diri selama lucid dream. Terkadang, mimpi juga dapat menanamkan pemikiran kreatif, sehingga memberi si pemimpi inspirasi.

Sepanjang budaya dan waktu, berbagai pendapat telah bervariasi dan bergeser tentang makna mimpi. Tampaknya orang pada umumnya mendukung teori mimpi Freud, dan bahwa mimpi mengungkapkan emosi dan keinginan yang tersembunyi.

Teori lain adalah bahwa mimpi membantu kita dalam pemecahan masalah, dalam pembentukan ingatan, atau bahwa mimpi itu terjadi hanya karena aktivasi otak secara acak.

Beberapa orang mengalami gangguan tidur di mana mereka secara fisik memerankan mimpi mereka selama tidur yang disebut Gangguan Perilaku REM (REM Behavior Disorder / RBD).

Dalam hal ini, memerankan mimpi bisa sangat berbahaya bagi individu dan pasangan tidur.

Pada awal 1900-an, Sigmund Freud menulis secara ekstensif tentang teori mimpi dan interpretasinya. Freud percaya bahwa mimpi adalah manifestasi dari kecemasan dan keinginan terdalam kita, seringkali berkaitan dengan obsesi atau kenangan masa kecil yang tertekan.

Selain itu, ia yakin bahwa hampir setiap topik mimpi, apapun isinya, mewakili pelepasan ketegangan seksual. Dalam Interpretation of Dreams karya Freud 1899, dia mengembangkan teknik psikologis di mana mimpi dapat diinterpretasikan; dia juga merancang serangkaian pedoman untuk membantu kita memahami motif dan simbol yang muncul dalam mimpi kita.

Meksi penelitian lanjutan belum membenarkan hal ini, namun bukan berarti kamu tidak perlu memercayainya. Kadang, kamu sendiri yang akan memahami mengapa mimpi buruk seperti mimpi ibu meninggal terjadi.

Kamu pasti paham apa yang sedang kamu alami, jadi arti mimpi ibu meninggal seperti yang disebutkan di atas bisa jadi hal yang benar.

Baca Juga: 5 Alasan Bayi Menangis Saat Tidur, Benarkah Salah Satunya Karena Mimpi Buruk?

Artikel Terkait