23 Juni 2023

11 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil, Yuk Simak!

Ada yang seharga Rp1.600 Moms

Asam folat untuk promil cocok dikonsumsi bagi Moms yang sedang menjalankan program hamil.

Salah satu vitamin yang penting dan krusial untuk kesehatan tubuh dan sistem reproduksi adalah vitamin B9.

Setiap harinya rata-rata manusia membutuhkan 50 mikrogram folat yang didapat dari makanan.

Namun, tidak setiap hari kebutuhan folat dapat terpenuhi dari makanan saja dan sulit untuk diukur, sehingga mengonsumsi suplemen folat buatan manusia (asam folat) dapat menjadi pilihan.

Suplemen asam folat biasanya tersedia dalam bentuk kapsul yang ditelan dengan berbagai pilihan dosis serta dalam bentuk injeksi atau suntikan.

Biasanya dalam program hamil, dosis asam folat yang dianjurkan adalah 400 mcg setiap harinya dan perlu dikonsumsi setidaknya sebulan sebelum masa konsepsi atau pembuahan.

Namun, jumlah ini dapat berbeda jika Moms dan Dads memiliki kondisi kesehatan tertentu atau riwayat kehamilan risiko tinggi.

Contohnya pernah melahirkan bayi kondisi cacat lahir, mengidap diabetes, memiliki gangguan ginjal, anemia, atau epilepsi.

Baca Juga: Simak 10+ Manfaat Madu untuk Promil, Moms Wajib Tahu!

Dosis yang ditingkatkan akan berbeda-beda dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Moms dan Dads.

Untuk itu, penting untuk memeriksakan diri bersama pasangan dalam perencanaan program hamil agar mendapatkan rekomendasi nutrisi yang tepat dan mendeteksi dini jika adanya kelainan tertentu.

Asam Folat untuk Promil

Inilah beberapa suplemen asam folat untuk promil yang bisa Moms pilih, beserta harganya:

1. Folavit 400 mcg

Suplemen asam folat untuk promil ini adalah salah satu produksi dari PT. Sanbe Farma, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak 1975.

Folavit memiliki dua varian suplemen asam folat yang dijual bebas di pasaran, yaitu dosis 400 mcg dan 1000 mcg.

Jika telah mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari dokter, Folavit bisa menjadi salah satu pilihan suplemen asam folat untuk promil.

Suplemen ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah didapat di berbagai apotek, pasar swalayan, hingga e-commerce.

Biasanya Folavit 400 mcg dijual dalam bentuk satu strip berisikan 10 tablet dengan aturan minum 1 tablet sehari untuk promil.

2. Sundown Naturals - Folic Acid

Merek vitamin dari Amerika ini memiliki dua varian dosis yang dapat Moms pilih, yaitu dosis 400 mcg dan 800 mcg.

Dalam situs resminya, Sundown menyatakan produk-produk mereka vegetarian, bebas laktosa, bebas pewarna, tanpa penambah rasa buatan, bebas garam dan pemanis buatan, dan bebas beberapa bahan pemicu alergi lainnya.

Cukup diminum satu tablet dalam sehari, suplemen asam folat untuk promil ini bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian Moms.

Sayangnya karena termasuk produk impor, Sundown Naturals Folic Acid cukup sulit dicari dan mungkin hanya dijual secara online.

Baca Juga: Kelebihan Asam Folat saat Hamil, Ini Efeknya

3. Afolat

Afolat adalah salah satu suplemen asam folat untuk promil yang bisa Moms dan Dads pilih dengan harga yang sangat ekonomis.

Afolat dijual dalam bentuk strip yang berisikan 10 tablet.

Dosis Afolat adalah 400 mcg asam folat setiap tabletnya.

Pada keterangannya, Afolat dianjurkan untuk diminum sehari sekali satu tablet setelah makan.

4. Anelat

Anelat adalah suplemen asam folat untuk promil, saat hamil, dan menyusui yang diproduksi oleh PT Ifars Pharmaceutical Laboratories.

Anelat memiliki dosis 1000 mcg asam folat setiap tabletnya dan dijual dengan harga sangat ekonomis.

Anelat dijual dalam strip tablet berjumlah 10 buah setiap stripnya.

Sebab, kandungannya yang sangat tinggi, Anelat tidak dianjurkan untuk Moms yang memiliki kondisi anemia pernisiosa dan megaloblastik.

Anelat cocok untuk Moms dan Dads yang sedang merencanakan kehamilan dan mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk mengonsumsi suplemen asam folat berdosis tinggi.

Baca Juga: 15 Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Radang Tenggorokan untuk Anak dan Dewasa!

5. Blackmores - Multivitamin & Minerals

Selain asam folat untuk promil, Moms dan Dads juga memerlukan vitamin dan mineral lain untuk meningkatkan kesuburan.

Untuk meningkatkan kesuburan, Dads dianjurkan mengonsumsi asam folat bersama dengan mineral lain seperti zinc untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu penelitian dalam Fertility and sterility, suplementasi asam folat bersama zinc menunjukkan peningkatan jumlah sperma yang lebih signifikan.

Namun, penelitian lain menyebutkan bahwa suplementasi asam folat dan zinc saja tidak cukup untuk terapi infertilitas, sehingga jumlah dan dosis suplemen yang Dads konsumsi sebaiknya dikonsultasikan kembali dengan dokter dan ahli.

Blackmores Multivitamin & Minerals mengandung berbagai vitamin esensial, khususnya vitamin B kompleks, dan mineral.

Kandungan tersebut penting sebagai salah satu pilihan suplemen yang mengandung asam folat untuk promil.

Dalam sebutir Blackmores Multivitamin & Minerals terkandung 200 mcg asam folat, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Dads.

Suplemen ini juga telah dilengkapi zinc atau seng sebanyak 5mg sehingga dapat membantu Dads lebih subur.

Asam Folat untuk Ibu Hamil

Dalam Folic acid supplementation, di berbagai belahan dunia rekomendasi asam folat untuk semua wanita di usia produktif adalah minimum 400 mcg per hari dan 4000-5000 mcg pada wanita dengan risiko tinggi.

Suplementasi asam folat terbukti dapat membantu mengontrol beberapa masalah kehamilan seperti pada kehamilan dengan komplikasi gangguan kejang, preeklampsia, anemia, pertumbuhan janin yang terhambat, serta autisme.

Tidak setiap orang dapat terpenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil melalui makanan saja, apalagi jika dosis yang dianjurkan sangat tinggi.

Untuk itu, beberapa selain asam folat untuk promil, suplemen asam folat untuk ibu hamil wajib dikonsumsi sesuai dengan hasil rekomendasi ahli kandungan masing-masing.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Vitamin untuk Bayi 0–12 Bulan, Apa Saja?

6. Blackmores - i-Folic

Blackmores i-Folic juga bisa masuk ke dalam asam folat untuk promil yang bisa Moms konsumsi.

Blackmores i-Folic juga mengandung yodium yang dapat mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan pendengaran janin.

Cukup diminum satu tablet sekali dalam sehari, kadar asam folat sebanyak 500 mcg dan yodium 150 mcg dalam sebutir suplemen telah cukup untuk kebutuhan normal ibu hamil dalam sehari.

7. Nature’s Plus - Folic Acid Hearts

Salah satu pilihan suplemen asam folat untuk promil ibu hamil lainnya adalah merek Nature’s Plus Folic Acid Hearts.

Tidak hanya asam folat, suplemen ini juga dilengkapi vitamin B6 dan B12 setiap butirnya.

Setiap butir Nature’s Plus Folic Acid Hearts berisi asam folat 400 mcg, vitamin B6 5 mg, dan vitamin B12 15 mcg

Kandungan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin Moms sehari-hari dalam keadaan normal.

Kelebihan Nature’s Plus Folic Acid Hearts yang dilengkapi dengan vitamin B6 dan B12 dalam suplemen ini adalah dapat membantu membentuk sel darah merah, sehingga mencegah hingga mengatasi anemia.

Baca Juga: Anemia pada Bayi: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan

8. Dexa Medica - Folamil Genio

Folamil Genio adalah salah satu suplemen asam folat untuk promil dan ibu hamil yang juga sekaligus mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Dosis dalam sebutir Folamil Genio cukup tinggi, yakni 1000 mcg asam folat, sehingga sebaiknya dipilih jika Moms mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Selain asam folat, beberapa kandungan dalam Folamil Genio produksi Dexa Medica ini adalah beta-karoten, DHA, vitamin B12, dan lain-lain.

Kandungan ini cukup lengkap sehingga Moms kemungkinan tidak membutuhkan suplemen lainnya.

Namun, beberapa komponen dalam Folamil Genio mungkin dapat berinteraksi dengan beberapa obat sehingga Moms sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Ahli Gizi Jabodetabek Terbaik

Selain itu beberapa pengidap kondisi kesehatan tertentu seperti hiperkalsemia, pasien kanker, masalah ginjal dan hati, asma, dan beberapa penyakit lainnya, sebaiknya waspada terhadap salah satu komponen dalam suplemen ini.

8. Garden of Life - Mykind Organics Prenatal Multi

Produk import buatan Amerika Serikat, Garden of Life, juga cukup diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu suplemen asam folat untuk ibu hamil.

Merek ini menyatakan produknya terbuat dari makanan utuh, organik, dan vegan.

Mykind Organics Prenatal Multi melengkapi kebutuhan asam folat harian dengan dosis 800 mcg setiap tabletnya.

Tidak hanya asam folat, Moms juga akan mendapat zat besi, vitamin A, C, D, E, K, B kompleks, dan mineral lainnya untuk menjaga tubuh Moms dan janin tetap ternutrisi.

10. Now Foods - Folic Acid

Satu lagi merek suplemen asam folat untuk promil dan ibu hamil dari Amerika Serikat, yaitu Now Foods Folic Acid.

Asam folat dalam satu tablet Now Foods adalah sebanyak 800 mcg.

Selain asam folat, Now Foods Folic Acid juga mengandung vitamin B-12 25 mcg.

Jika dibandingkan dengan beberapa produk dari Amerika lainnya yang cukup diminati di Indonesia, Now Foods lebih terjangkau dari segi harga dengan tetap memberikan dosis yang cukup untuk kebutuhan asam folat sehari-hari ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Kulkas ASI Terbaik, Awet dan Hemat Listrik!

11. Vitafusion PreNatal

Jika Moms termasuk orang yang kesulitan menelan tablet atau kapsul dan sangat tidak suka dengan rasa pahitnya, Vitafusion PreNatal ini bisa dicoba sebagai suplemen asam folat untuk ibu hamil.

Suplemen ini dikemas dalam bentuk gummy yang manis untuk dikunyah.

Selain asam folat 360 mcg, Vitafusion PreNatal juga mengandung vitamin A, B, C, D, dan mineral lainnya dalam 2 butir gummy yang dikonsumsi dalam sehari.

Rasanya seperti permen buah lemon dan raspberry yang manis, sehingga Moms tidak akan merasa seperti minum obat yang pahit.

Namun, Vitafusion PreNatal belum dilengkapi dengan zat besi, sehingga Moms perlu mencari asupan zat besi dari makanan atau suplemen lainnya.

Baca Juga: 15+ Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

Itulah rekomendasi asam folat untuk promil. Jadi mana yang mau Moms dan Dads coba?

Walaupun sedang tidak dalam program hamil maupun hamil dan menyusui, tetap perhatikan asupan vitamin dan mineral agar tubuh tetap sehat ya, Moms!

Semoga bermanfaat, Moms!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb