08 April 2019

Ajak Si Kecil ke TPS, Ini 6 Aturannya!

Sebelum pergi ke TPS, pastikan Si Kecil sarapan dulu ya Moms

Pemerintah menetapkan hari Rabu, 17 April 2019, sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) capres-cawapres dan calon anggota legislatif (caleg).

Data dari KPU menyebutkan, ada 95.557.044 pemilih perempuan secara total di dalam negeri dan di luar negeri yang tersebar di 130 perwakilan RI di seluruh dunia.

Apakah Moms sudah terdaftar? Jika iya, apakah Moms akan mengajak Si Kecil ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)? Sudah menjadi pemandangan umum bagi Moms mengajak Si Kecil ke TPS dan itu bukan sesuatu hal yang salah dan dilarang.

Menurut Stewart Goodbody, Director of Communications Girl Scout of American pada The Wall Street Journal, mengajak Si Kecil ke TPS dapat menjadi sebuah momen belajar yang sangat baik bagi Si Kecil mengenai tanggung jawab sebagai warga negara.

Nah, sebelum Moms mengajak Si Kecil ke TPS, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti yang telah Orami rangkum di bawah ini.

1. Sudah Sarapan

adorable blonde blur 1912868
Foto: adorable blonde blur 1912868

Foto: Pexels.xom

Biasanya, tahap pencoblosan dilakukan mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB. Alangkah baiknya ketika sebelum berangkat ke TPS, Moms dan Si Kecil sudah sarapan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ramai tentang Debat Calon Presiden, Begini Menjelaskan pada Anak Soal Situasi Politik

2. Datang di Pagi Hari

Foto: healthykidstoday.org

Durasi pencoblosan di TPS berlangsung selama 6 jam, sebaiknya Moms dan Si Kecil datang di pagi hari guna menghindari antrean pemilih yang cukup panjang dan memakan waktu. Selain itu datang di pagi hari juga lebih nyaman karena cuaca masih sejuk dan tidak panas.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

boy child childhood 235554
Foto: boy child childhood 235554

Foto: Pexels.xom

Sebaiknya Moms dan Si Kecil memakai pakaian yang nyaman. Hal ini membuat Moms dan Si Kecil bisa bergerak lebih leluasa saat melakukan pencoblosan di TPS di dekat rumah Moms.

4. Siapkan Mainan dan Camilan

adolescence adorable child 712143
Foto: adolescence adorable child 712143

Foto: Pexels.xom

Biasanya butuh waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam berada di TPS untuk melakukan pencoblosan, mulai dari pendaftaran sampai mencelupkan jari kelingking di tinta ungu.

Supaya Si Kecil tidak rewel karena merasa bosan menunggu Moms yang akan mencoblos, maka sebaiknya Moms membawa mainan dan camilan kesukaan Si Kecil.

5. Membawa Stroller

Foto: thebump.com

Jika Moms membawa balita, sebaiknya gunakan stroller saat pergi ke TPS. Hal ini bertujuan agar mengantisipasi Si Kecil tidur saat menunggu Moms antre mencoblos di TPS.

Baca Juga: Jangan Golput! Ini 4 Hal yang Wajib Diketahui Soal Pemilu 2019

6. Tidak Datang Sendirian

adult back view boy 1682497 (1)
Foto: adult back view boy 1682497 (1)

Foto: Pexels.xom

Alangkah baiknya jika Moms pergi ke TPS bareng dengan suami, guna membantu menjaga Si Kecil saat proses pencoblosan berlangsung.

Namun jika tidak bisa bersama dengan suami, sebaiknya ajak satu orang entah itu anak Moms yang lain, sanak saudara, atau pergi bareng tetangga yang dipercaya.

Sudah tahu kan Moms aturan bawa Si Kecil ke TPS saat pemilu? Yuk, jadi #IbuCerdasMemilih agar Indonesia bisa lebih maju lagi. Selamat memilih, Moms!

(IRN/AND)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb