Kesehatan

KESEHATAN
10 Juni 2019

Ayah Dewi Perssik Meninggal Akibat Komplikasi, Yuk Ubah Gaya Hidup dengan 5 Cara Ini!

Mudah dan sederhana, bisa Moms terapkan untuk sehari-hari
placeholder

Foto: instagram.com/dewiperssikreal

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kabar duka datang dari penyanyi dangdut Dewi Perssik. Sang ayah, Mochammad Aidil, meninggal dunia pada Minggu, 9 Juni 2019 di Rumah Sakit Siloam, Jakarta.

Sebelumnya Dewi Perssik telah memberitahukan kondisi ayahnya yang tidak sadarkan diri melalui akun Instagram-nya. Dewi Perssik memposting foto dirinya sedang mencium sang ayah yang tidak sadarkan diri.

Mengutip dari Liputan6, ayah Dewi Perssik diketahui mengidap penyakit komplikasi, seperti ginjal, kencing manis, dan paru-paru. Meninggalnya sang ayah tentu menjadi pukulan berat bagi Dewi Perssik dan keluarga besar.

Berkaca dari kasus ini, menjadi PR bagi kita untuk menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Apa saja gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan? Yuk lihat penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Sedentary Lifestyle, Gaya Hidup Malas yang Berbahaya untuk Kesehatan

1. Rajin Menimbang

hidup sehat

Menurut Susan Roberts, profesor nutrisi di Tufts University dan salah satu pendiri program manajemen berat badan iDiet, tidak ada yang lebih berbahaya bagi kesehatan jangka panjang selain kelebihan berat badan. Hal ini cenderung terjadi di usia 20-an.

Maka dari itu, belilah sebuah timbangan sederhana atau boleh juga timbangan digital, lalu letakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh mata.

Jika kita mengawasi berat badan sesering mungkin, maka kita sudah maju satu langkah untuk memulai gaya hidup sehat.

2. Kurangi Gula

Ayah Dewi Perssik Meninggal Akibat Komplikasi

Hindari gula dengan mengurangi, minuman ringan yang memiliki kandungan gula banyak, sarapan sereal dengan tambahan gula, atau menambahkan banyak gula pada makanan, serta konsumsi makanan manis.

Menurut Steven E. Nissen, ketua kedokteran kardiovaskular di Cleveland Clinic Foundation, gula yang berlebihan erat kaitannya dengan obesitas dan diabetes, yang keduanya berkontribusi pada penyakit jantung.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

3. Jalani Hidup Aktif

hidup sehat

Jika masih banyak yang bingung, gaya hidup sehat seperti apa yang harus kita jalani? Jawabannya hidup aktif! Hidup aktif di sini berarti banyak bergerak dan melakukan olahraga.

Walter Willett, ketua departemen nutrisi di Harvard School for Public Health, mengajak kita untuk membangun aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari kita. Seperti sempatkan olahraga 20-30 menit per hari, bisa dengan bersepeda atau jalan kaki ke kantor.

4. Makan Sayuran

Ayah Dewi Perssik Meninggal Akibat Komplikasi

Marion Nestle, profesor nutrisi, studi makanan dan kesehatan masyarakat di New York University, mengatakan bahwa menjalani gaya hidup sehat tidak susah.

Pada dasarnya kita harus banyak makan sayur-sayuran, menghindari makanan cepat saji, dan tetap aktif. Kuncinya nikmati makanan yang tersedia, namun ingat jangan terlalu banyak atau sering.

Baca Juga: Ini 5 Akibat Buruk Jika Malas Berolahraga

5. Rutin Berolahraga

Ayah Dewi Perssik Meninggal Akibat Komplikasi

Jika Moms termasuk orang yang senang minum dan ngemil makanan ringan, sudah sepatutnya dibarengi juga dengan olahraga rutin untuk menyeimbangkan hidup sehat.

Apalagi di waktu-waktu weekend seperti hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, asupan kalori yang masuk ke tubuh akan lebih banyak dari hari biasanya.

Makanya Barry Popkin, profesor nutrisi global di University of North Carolina di Chapel Hill, menyarankan untuk mengimbangi kalori ekstra yang didapat dengan berolahraga.

Moms itu dia beberapa cara sederhana yang dapat Moms lakukan untuk memiliki pola hidup sehat. Ingat untuk tetap mengimbangi berbagai asupan makanan yang masuk ke tubuh dengan cara yang tepat ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait