Jalan-jalan

JALAN-JALAN
10 Mei 2019

Bandara Baru Jogja di Kulon Progo Segera Diresmikan, Ini Dia Daftar Kuliner Enak di Kulon Progo

Banyak kuliner enak di Kulon Progo yang jarang diketahui orang!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Peresmian Bandara Kulon Progo, atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) masih belum diketahui kapan hendak dilakukan. Rencananya, peresmian bandara ini akan dilakukan pada 29 April dan 7 April 2019.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pembatalan peresmian bandara ini dikarenakan keterpaduan operasional bandara tampak belum sempurna.

"Kami ingin koordinasikan penerbangan lebih efektif dan continue, jadi kami lihat belum terlalu continue, jadi belum padu, masih ada stagnasi di beberapa tempat," jelasnya dikutip dari CNN Indonesia.com.

Kulon Progo sendiri merupakan salah satu daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti yang Moms ketahui, Jogja sendiri menjadi salah satu kota wisata yang ramai dikunjungi turis lokal hingga internasional.

Tak hanya kental akan budaya adat Jawa dan dijuluki sebagai kota pendidikan, Jogja juga dikenal akan kulinernya yang beragam.

Jika Moms menyempatkan diri berkunjung ke Kulon Progo, berikut kuliner Kulon Progo yang patut dicoba!

Baca Juga: Ini 10 Istilah Di Dunia Kopi yang Sering Didengar

1. Kopi Menoreh Pak Rohmat

kuliner kulon progo (1).jpg

Foto: instagram.com/agriaryoko

Merupakan daerah perbukitan membuat daerah Kulon Progo tidak hanya menghasilkan teh, tetapi juga kopi.

Daerah yang pernah menjadi tempat singgah Pangeran Diponegoro ini memiliki tempat minum kopi yang enak, yaitu Kopi Menoreh Pak Rohmat.

Kopi menoreh punya dua varian, Arabika dan Robusta. Kedai Kopi Pak Rohmat buka selama 24 jam. Harganya ppun juga sangat murah.

Satu paket menu seharga kisaran Rp12.000, terdiri dari 2 gelas kopi dan gula beserta 1 piring gorengan. Kopi Menoreh Pak Rohmat juga menyediakan kopi sebagai oleh-oleh yang sudah dikemas.

2. Dawet Sambel Kulon Progo

kuliner kulon progo (2).jpg

Foto: instagram.com/blusukanmakan

Banyak orang yang mengenal dawet sebagai makanan manis. Namun, tidak dengan Dawet Sambel khas Kulon Progo.

Dawet Sambel merupakan kombinasi dari minuman Dawet yang disajikan dengan taburan sambal, bawang goreng, dan tauge. Rasanya pun benar-benar unik.

Dawet Sambel bisa Moms beli di daerah Jatimulyo, sekitar Objek Wisata Taman Sungai Mudal. Untuk menikmati satu mangkok Dawet Sambel, Moms hanya perlu mengeluarkan Rp3.000.

3. Kuliner Pasar Kulon Progo

kuliner kulon progo (3).jpg

Foto: instagram.com/genikayu

Tak melulu kuliner berat, kuliner Kulon Progo juga ada yang merupakan jajanan tradisional. Seperti cenil, berbentuk bulat dan kecil dengan warna-warni dan kenyal saat dikunyah. Kisaran harga cenil sebesar Rp10.000 per bungkus.

Ada juga Cethot khas Kulon Progo, meski bukan kuliner khas namun banyak dijumpai di Kulon Progo. Cethot dibuat dari campuran tepung kanji, gula pasir dan air.

Jajanan tradisional lain adalah Gula Semut. Perbedaannya dengan gula pasir dan gula merah karena memiliki hamparan seperti semut.

Gula semut terbuat dari bahan yang sama dengan gula Jawa. Salah satu kawasan pembuat gula semut ada di Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Kisaran harga gula semut sekitar Rp10.000 per kemasan.

4. Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin

kuliner kulon progo (4).jpg

Foto: instagram.com/toniharida1234

Rumah Makan Ayam Bu Hartin terkenal karena rasa masakan ayamnya yang gurih, salah satu cabang restorannya berada di Jalan Nasional, Kabupaten Kulon Progo.

Buka dari pukul 08.00-23.00 WIB, rumah makan ini memiliki tempat yang cukup strategis dengan ruang makan yang lega. Sehingga cocok jika Moms pergi dengan keluarga besar.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Pring Petung Resto N Cafe

kuliner kulon progo (5).jpg

Foto: instagram.com/fitawerdi808

Bila bepergian dengan kereta api, Moms bisa menyempatkan diri mengunjungi Pring Petung Resto n Cafe yang lokasinya tepat di belakang Stasiun KA Wates, Kulon Progo.

Buka dari jam 08.00-02.00 WIB. Aneka menu yang ada antara lain, masakan ikan dan ayam, sop dan macam-macam minuman segar seperti es durian dan es teler.

6. Dapur Semar Resto

kuliner kulon progo (6).jpg

Foto: instagram.com/nuring_krisna

Kuliner Kulon Progo yang terakhir yaitu Dapur Semar Resto yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Wates, tepatnya Jalan Tentara Pelajar, sebelum RSUD Wates.

Dapur Semar memiliki suasana khas pedesaan, karena terletak di area persawahan dan adanya pohon rindang yang menyejukkan suasana.

Menu Dapur Semar Resto merupakan aneka menu olahan ikan dan ayam. Restoran ini buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Nah, itu dia Moms kuliner Kulon Progo yang enak dan bisa menjadi referensi jika Moms berkunjung ke sana. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait