Bayi

BAYI
28 Juni 2020

Bayi 1 Bulan Tengkurap, Amankah?

Apa tidak terlalu dini membiarkan bayi 1 bulan dalam posisi tengkurap?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seorang ibu di Bogor, Jawa Barat, sebut saja namanya Ratu, mengunggah foto momen menjemur bayinya di bawah sinar matahari pagi. Bayi diletakkan di kasur kecil, di atas meja, dalam posisi tengkurap. Dokumentasi itu ia bagi untuk dilihat para pengikutnya di media sosial.

Setelahnya, Ratu memperoleh banyak pertanyaan, sebab Si Kecil baru akan berusia 1 bulan minggu ini.

Netizen mempertanyakan apa boleh dan aman bayi 1 bulan tengkurap? Apa harus menunggu bayi mampu membalikkan badannya sendiri di bulan ketiga dan seterusnya, untuk menaruh bayi 1 bulan tengkurap di kasur?

Baca Juga: 4 Penyebab Bayi Tidak Suka Tummy Time, Sudah Tahu?

Kata Ahli Soal Bayi 1 Bulan Tengkurap

Bayi 1 Bulan Tengkurap, Amankah?

Foto: Orami Photo Stock

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bayi mulai diperkenalkan dengan posisi tengkurap (tummy time) sejak awal kelahiran.

Namun, tidak untuk dibiarkan tidur tengkurap tanpa pengawasan. Pada tahun 1992, American Academy of Pediatrics (AAP) menerbitkan hasil studinya bahwa posisi telentang saat tidur sangat mengurangi angka kematian bayi akibat Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

Termasuk juga, orang tua dan pengasuh wajib mengawasi perubahan posisi ketika anak tidur, kendati saat memulai terlelap ia dalam kondisi telentang.

Setidaknya, dalam jurnal AAP disebutkan, sampai usianya enam bulan tidak disarankan bayi tidur dalam posisi tengkurap.

Sementara tummy time yang direkomendasikan berlangsung saat ia terjaga, dan Moms perlu menstimulasinya dengan mengajak bicara, bermain, dan terus mengawasi agar kepalanya tidak terantuk.

Mulailah Tengkurap Kapan Saja

Bayi 1 Bulan Tengkurap, Amankah?

Foto: Orami Photo Stock

AAP menyatakan, tummy time bermanfaat membangun kekuatan dan mengembangkan kendali atas kepala dan tubuhnya.

Bayi akan belajar mengendalikan kepala mereka terlebih dahulu, lalu bahu mereka, dan kemudian sampai ke jari-jari kaki mereka dengan posisi ini.

Waktu perut memberi bayi Anda kesempatan untuk menguatkan otot-otot yang ia butuhkan untuk mempersiapkannya berguling, merangkak, dan berjalan.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Tummy Time?

Saat terjaga, bayi dapat mulai tengkurap kapan saja. Moms bisa memulainya dengan membawa bayi 1 bulan tengkurap di atas dada Moms ketika Anda sedang berbaring.

Sehingga ketika ia coba menggerakkan kepala, atau mengangkatnya, matanya akan menatap Moms.

Tidak sedikit bayi yang menangis saat mencoba tummy time pertama kali, maka tips dari laman Belly Belly, Moms perlu mengajaknya tengkurap di saat mood-nya sedang baik dan tidak dalam keadaan lapar. Jika dilakukan setelah menyusu, pastikan bayi sendawa lebih dulu.

Jika menangis, cobalah lagi di lain hari. Sebab bagi bayi 1 bulan, tengkurap merupakan kerja keras yang melibatkan semua otot, dan membuatnya lelah.

Setelahnya, jika sudah terbiasa, buatlah tummy time menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, dengan durasi 10-15 menit.

Tips Melatih Tengkurap setelah 1 Bulan

Bayi 1 Bulan Tengkurap, Amankah?

Foto: Orami Photo Stock

Setelah usia 1 bulan, bayi akan semakin kuat, dan Moms bisa mulai sering memberinya tummy time di kasur.

Seiring pertumbuhan usianya, Moms juga bisa mengenalkannya pada lantai yang telah diberi alas seperti selimut atau karpet khusus. Letakkan perlahan bayi di atasnya.

Meletakkan cermin di depan bayi yang sedang tengkurap juga cukup direkomendasikan, karena bayi biasanya akan tertarik mempertahankan angkatan kepalanya, demi menatap bayangannya di cermin.

Selain tentunya mainan yang digoyang-goyangkan untuk menarik perhatiannya. Moms juga dapat membawanya dalam posisi terbang bak Superman.

Baca Juga: Jangan Biasakan Bayi Tidur Tengkurap, Ini Alasannya!

Caranya, berbaring di sofa atau kasur, dan membawa bayi perlahan ke lipatan kaki Moms, ketika ia sudah 4 bulan. Tengkurap di atas lutut ini akan memberinya sensasi bertualang, dan ia mengetahui banyak benda yang bisa dia lihat dari atas, termasuk ibunya.

Di usia 3 bulan, mulailah ajak bayi tengkurap membalikkan badannya sendiri dengan menggenggam salah satu tangannya ketika telentang. Dorong pelan punggungnya sampai miring.

Jika bayi sudah sanggup, ia akan mencapai posisi tengkurap dengan kepala menghadap ke depan. Jika belum, Moms perlu membantunya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait