Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Balita | Mar 26, 2018

Benarkah Balita Tidak Boleh Sembarangan Minum Susu? Ini 3 Faktanya!

Bagikan


Benarkah Balita Tidak Boleh Sembarangan Minum Susu? Ini 3 Faktanya!

Moms pasti sudah tahu kalau ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat balita minum susu, tapi apa Moms tahu kalau ternyata tidak semua jenis susu cocok untuk balita?

Ya, ternyata ada beberapa jenis susu yang tidak dianjurkan atau bahkan dilarang dikonsumsi oleh balita karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan pencernaan.

Hal ini disebabkan karena setiap jenis susu memiliki kandungan yang berbeda, baik dilihat dari kadar lemak maupun nutrisi di dalamnya. Supaya lebih jelas, lebih baik baca 3 fakta berikut ini dulu ya, Moms.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Menakjubkan Air Kelapa Untuk Balita

Beda Umur, Beda Jenis Susu

Pada dasarnya, balita sudah boleh minum susu selain ASI pada saat sudah berumur 1 tahun ke atas. Walaupun diperbolehkan, ternyata tidak semua jenis susu cocok dengan kondisi sistem pencernaan balita yang masih berkembang.

Saat Si Kecil baru berumur 1 tahun, Moms bisa memberikan susu jenis whole milk karena nutrisi didalamnya baik untuk perkembangan otak dan syaraf. Tapi ingat, berikan dengan porsi secukupnya dan jangan sampai berlebihan, karena kadar kalori dan kandungan gula harus ikut diperhatikan, apalagi kalau Moms atau kakek dan nenek punya riwayat menderita diabetes.

Setelah balita berumur sekitar 2 tahun, Moms bisa ganti susu whole milk dengan susu lowfat atau susu rendah lemak. Dengan begitu, kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh balita tetap terjaga sehingga ia terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

Lihat Kandungan Kalori dan Gula

Selain jumlah kandungan lemak yang ada di dalam susu untuk balita, jumlah kalori dan gula juga harus betul-betul diperhatikan. Jika balita diberikan susu tinggi kalori dan gula, maka peluangnya terkena penyakit kencing manis, obesitas hingga diabetes akan lebih tinggi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Moms selalu melihat label susu sebelum membeli. Pilihlah produk dengan kandungan gula tambahan paling sedikit, tidak menggunakan pengawet, dan tidak ada tambahan bahan kimia sebagai perasa.

Baca juga: Minum Susu dari Botol Sebabkan Bayi Obesitas?

Hati-hati Terhadap Alergi

Menurut riset yang dilakukan oleh Nemours Kids Health Organization, 2% balita di dunia memiliki alergi susu atau sering disebut sebagai lactose intolerant. Kondisi ini mengakibatkan sistem imun tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein dalam susu.

Akibatnya, susu yang masuk kedalam tubuh akan ditolak masuk oleh sistem imun dan berpotensi merusak sistem kerja organ dalam. Jika Moms tidak yakin apakah Si Kecil termasuk balita yang memiliki alergi susu, segera konsultasikan ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan solusinya.

Pada intinya, balita boleh diberikan susu apapun asalkan Moms tahu betul bagaimana kondisi pencernaan dan tubuh balita. Selain susu yang berasal dari hewan, Moms juga bisa mencoba susu nabati seperti susu almond, susu kedelai, atau susu hazelnut. Apakah Moms punya trik khusus agar balita tidak susah minum susu?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.