Pasca Melahirkan

20 Juni 2021

Bolehkah Mencuci Baju Pasca Operasi Caesar? Ini Jawabannya!

Yuk simak apa kata ahli!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah hampir 2,5 minggu sejak operasi Caesar Moms melakukan pekerjaan rumah dan merawat bayi yang baru lahir. Namun, sejauh ini pekerjaan rumah hanya seperti, mencuci piring, dan memasak makan. Tapi, bolehkah mencuci baju pasca operasi Caesar?

Apakah Moms berlebihan dengan pertanyaan bolehkah mencuci baju pasca operasi Caesar? Kecemasan ini wajar adanya karena menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, operasi Caesar adalah persalinan bayi melalui sayatan yang dibuat di perut dan rahim Moms. Seperti halnya operasi apa pun, ada juga pantangan serta risiko dengan operasi Caesar.

Saat Moms telah pemulihan operasi Caesar pun kerap terjadi kram ringan, terutama jika Moms sedang menyusui, pendarahan atau keluarnya cairan selama 4-6 minggu, pendarahan disertai gumpalan dank ram serta yang kerap dikeluhkan serta harus diantipasi adalah nyeri di sayatan operasi Caesar.

Bolehkah Mencuci Baju Pasca Operasi Caesar?

Bolehkah mencuci baju pasca operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Perubahan terbesar selain memiliki bayi yang baru lahir adalah mengubah aktivitas fisik Moms hingga sembuh pasca operasi Caesar, lalu bolehkah mencuci baju pasca operasi Caesar?

Semisal, Moms baru dua minggu setelah menjalani operasi Caesar, Moms pasti jauh merasa lebih baik pada tahap ini. Namun, perlu diingat bahwa Moms akan merasakan nyeri dan kram pasca operasi Caesar selama beberapa minggu.

“Apakah Anda melahirkan melalui vagina atau dengan operasi caesar, dibutuhkan enam minggu untuk rahim berkontraksi ke ukuran normalnya," kata Rajiv B. Gala, M.D., dokter muda American College of Obstetricians dan Gynecologists.

Lalu, biasanya dokter kandungan akan meminta proses pemulihan pasca operasi Caesar. Dilansir dari Healthline, Operasi caesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi lainnya, tubuh Moms membutuhkan waktu untuk pulih setelahnya.

Berharap untuk tinggal di rumah sakit selama tiga sampai empat hari setelah Moms melahirkan (lebih lama jika ada komplikasi), dan berikan tubuh pasca operasi Caesar waktu hingga enam minggu untuk pulih sepenuhnya.

Selain itu, ada juga pantangan yang diberikan pasca operasi Caesar, mulai dari tidak mengangkat apapun yang lebih berat dari bayi Moms, menggunakan tampon atau douche, mandi sampai sayatan sembuh, berhubungan seks hingga dokter kandungan mengatakan Moms boleh melakukannya, naik turun tangga berulang kali, berendam di kolam air panas atau kolam renang, hingga berpartisipasi dalam aktivitas berat atau olahraga otot.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Menurut dokter kandungan, Dr. Sabiha Anjum, waktu pemulihan paling minimal itu 8 minggu bahkan selepas itu Moms tidak boleh membungkuk di area perut hingga 6 bulan. Jadi, bolehkah mencuci baju pasca operasi Caesar? Dr. Sabiha menganjurkan jika ingin mencuci baju pasca operasi Caesar pastikan jika tinggi meja atau alat bantu mencuci lebih dari tinggi perut dan jangan memberikan tekanan apapun di bagian sayatan operasi Caesar. Jangan juga takut meminta bantuan untuk menggantikan pekerjaan harian yang biasanya Moms lakukan seperti mencuci pakaian.

Walaupun Moms mengalami masa pemulihan pasca operasi Caesar yang baik serta memiliki toleransi nyeri yang tinggi. Mengenai bolehkah mencuci baju pasca operasi Caesar? Baiknya tidak dalam keadaan membungkuk dan turun ke lantai.

Seorang Moms membagikan pengalamannya saat mencuci baju pasca operasi Caesar. ”Saya tidak bisa membungkuk bukan karena hanya menyakitkan, tetapi juga karena otot benar-benar bekerja dengan sebagaimana mestinya,” ujarnya. Saat operasi Caesar, otot dipotong menjadi dua bagian sehingga sampai sembuh, mereka benar-benar tidak bekerja sebagaimana seharusnya.

Bahkan, hal ini juga diperkuat fakta bahwa Moms mungkin tidak boleh mencuci baju pasca operasi Caesar saat dalam masa penyembuhan. Bila masih merasa kurang, tak ada salahnya kembali berkonsultasi dengan dokter kandungan karena dia akan lebih baik dalam menjabarkan hal yang tidak boleh dilakukan pasca operasi Caesar.

Baca Juga: 11+ Efek Operasi Caesar untuk Moms dan Si Kecil, Wajib Tahu!

Bila ada pilihan lain Moms bisa mencuci menggunakan mesin cuci, namun ketika mengangkat cucian baiknya meminta bantuan orang lain sebagai upaya menghindari mengangkat berat saat pemulihan operasi Caesar.

Namun, Moms boleh untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, akan membantu Moms pulih dari operasi caesar. Tetapi hindari apa pun yang lebih aktif sampai tidak merasakan sakit dan merasa siap.

Dilansir dari Tommys.org, Mungkin diperlukan waktu sekitar enam minggu untuk pulih dari operasi caesar. Jika Anda mengalami masalah selama atau setelah operasi caesar, atau jika Anda merawat anak-anak lain di rumah, atau bolehkah mencuci baju pasca operasi caesar, Moms mungkin perlu merasa lebih banyak waktu untuk pemulihan.

Baca Juga: Operasi Caesar Membuat Tubuh Ibu Lemah, Mitos atau Fakta?

Intinya, segala aktivitas yang melibatkan fisik ada baiknya Moms berkonsultasikan terlebih dulu dengna dokter kandungan. Jika sudah melewati masa pemulihan namun Moms tetap merasakan sakit atau tidak merasa pulih setelah enam minggu segera kunjungi dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • https://www.huggies.com.au/forum/3-newborn/52-looking-after-yourself-with-a-newborn/2698627
  • https://parenting.firstcry.com/qna/q/when-can-i-sit-down-to-wash-clothes-after-c-section-10questionidb9310e381d03392
  • https://healofy.com/en/qa/after-how-many-days-of-c-section-can-i-start-household-works-like-washing-clothes-by-hands-etc-washing-5897054304337920
  • https://community.babycenter.com/post/a67301431/hand-washing-after-c-section
  • https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/03/the-dos-and-donts-of-healing-from-a-csection/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/bath-after-c-section#tips
  • https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/03/the-dos-and-donts-of-healing-from-a-csection/
  • https://www.romper.com/p/12-rules-every-mom-should-follow-when-recovering-from-a-c-section-21211
  • https://www.womens-health-center.org/obstetrics/labor-delivery/going-home-after-a-c-section/
  • https://www.tommys.org/pregnancy-information/giving-birth/caesarean-section/recovering-home-after-c-section
  • https://www.bellybootcamp.ca/bb-blog/when-to-lift-bend-exercise-after-csection
  • https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/recovery/
  • https://www.verywellfamily.com/tips-for-a-safer-c-section-2758499
  • https://community.whattoexpect.com/forums/march-2018-babies/topic/household-chores-after-csection-65768881.html
  • https://www.acog.org/womens-health/faqs/cesarean-birth#:~:text=Cesarean%20birth%20is%20the%20delivery,the%20mother's%20abdomen%20and%20uterus.
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/c-section-recovery/art-20047310
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-tips-for-fast-recovery#rest
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait