Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
24 September 2020

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan? Simak Jawabannya Di Sini!

Saat Si Kecil tidur, Moms ingin makan mie instan sebagai kudapan. Namun, bolehkah ibu menyusui makan mie instan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat senggang, Moms yang tengah menikmati waktu ketika Si Kecil tertidur atau bahkan belum menyiapkan makan untuk diri sendiri. Maka, mi instan menjadi salah satu alternatifnya.

Mi instan yang merupakan jenis makanan cepat saji, sangat nyaman, cepat dan mudah disajikan karena Moms hanya perlu air panas tentu akan menenangkan perut. Jadi, mengapa tidak? Terutama bila ditambahkan cabai atau telur.

Tapi, yang perlu diingat Ibu menyusui perlu memantau menu harian dan memerhatikan perubahan perilaku Si Kecil. Karena, ibu menyusui akan membutuhkan banyak energi, kekuatan, dan stamina, kewaspadaan, daya tahan hingga beberapa bulan mendatang.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Stock Photos

Satu porsi mi instan bukanlah santapan yang seimbang. Karena, yang dikandungnya hanyalah pati, banyak garam, dan monosodium glutamate (MSG), lalu bolehkah ibu menyusui makan mie instan sebagai sajian?

Ya, ibu menyusui makan mie instan aman untuk dilakukan, tapi tidak bernutrisi. Coba untuk membatasi makan mi instan dan siapkan diet makan yang seimbang. Nah, jika mi instan menjadi salah satu alternative maka buatlah menjadi lebih sehat.

Dilansir dari Babycentre, mi instan sebaiknya tidak menjadi santapan tersendiri karena kekurangan protein, vitamin, mineral, sayur dan serat. Singkatnya, ia kekurangan semua nutrisi penting yang Moms butuhkan saat menyusui. Ini juga sangat asin dan mungkin dapat menyebabkan hipertensi jika Moms makan ini setiap hari.

Fakta Nutrisi Mi Instan

Meskipun ada banyak variasi antara merek dan rasa mi instan yang berbeda, sebagian besar jenis mi instan memiliki kesamaan nutrisi. Menurut Healthline, Satu porsi mi instan mengandung nutrisi berikut :

  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Total lemak: 7 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Natrium: 861 mg
  • Tiamin: 43% dari RDI
  • Folat: 12% dari RDI
  • Mangan: 11% dari RDI
  • Besi: 10% dari RDI
  • Niacin: 9% dari RDI
  • Riboflavin: 7% dari RDI

Perlu dicatat juga bahwa ada beberapa varietas khusus yang tersedia yang dipasarkan sebagai pilihan yang lebih sehat. Ini dapat dibuat menggunakan biji-bijian atau memiliki jumlah natrium atau lemak yang lebih rendah.

Bahaya Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Walaupun termasuk aman, ada juga bahaya ibu menyusui makan mi instan bila dilakukan setiap waktu, yaitu:

1. Tidak Bernutrisi

Mi dikelompokkan dalam junk food karena mengandung karbohidrat dan lemak tingkat tinggi. Nah bila ibu menyusui makan mie Instan,mereka sangat rendah vitamin, protein, serat dan mineral. Sehingga, jika dikonsumsi setiap hari maka tidak ada kandungan nutrisi untuk ibu menyusui.

2. Kandungan Natrium

Salah satu perhatian terbesar mi adalah kandungan natrium di dalamnya. Tunjangan diet yang direkomendasikan A.S. saat ini untuk orang dewasa dan anak di atas 4 tahun adalah 1.500 mg / hari. Mi instan jenis cup biasanya mengandung 2700 mg sodium (per 100 g porsi yang bisa dimakan).

3. Mengandung Aditif

Mi instan termasuk dalam kategori makanan olahan cepat juga mengandung bahan pengawet yang bersifat racun bagi Si Kecil. Bahkan, aditif pun bisa menyebabkan kolik pada Si Kecil dan alergi. Tentu, ini membuat buah hati Moms dan Dads bisa menjadi rewel.

4. Risiko Sindrom Metabolik

Laporan yang dipublikasikan The Washington Post pada 2016, mengungkap walaupun praktis, mi instan bisa meningkatkan risiko sindrom metabolic mengingat tinggi sodium dan minim gizi.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa Moms yang makan mi instan dua kali seminggu atau lebih dalam seminggu berisiko lebih tinggi untuk mengalami sindrom metabolik dibandingkan yang hanya makan sedikit atau tidak makan mi instan sama sekali.

5. Komplikasi Kesehatan

Asupan kalori seperti nasi, gandum, buah segar dan sayuran, daging, telur dan ikan lebih dianjurkan untuk ibu yang sedang memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya.

Sedangkan, ibu menyusui makan mie instan dalam jumlah banyak turut berkontribusi memicu obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan isu kesehatan berbahaya lainnya.

Baca Juga: 6 Bahan Mi Instan yang Berbahaya untuk Janin

Tips Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Stock Photos

Namun secara umum, mi instan aman dikonsumsi dalam jumlah sedang. Jika Moms ingin makan mi instan, perhatikan tips berikut ini:

1. Setengah Bumbu Penyedap

Tambahkan hanya setengah atau kurang dari setengah penyedap yang ada di kantong untuk mengurangi asupan garam.

2. Tambahkan Sayur

Tambahkan bahan lain seperti telur rebus, ayam masak, udang, bakso ikan, kepiting, sayuran berdaun hijau seperti choy sum, bayam (bayam) atau siew pak choy, atau sayuran lainnya seperti wortel.

3. Buang Air Rebusan

Saat memasak mi instan berkuah, jangan gunakan air rebusan mi sebagai kuah. Resus air baru atau tuangkan air panas sebagai kuah tambahan.

Ide Menu Sehat Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Stock Photos

Setelah mengetahui tips ibu menyusui makan mie instan, nah berikut ini juga bisa menjadi ide menu sehat ketika Moms menyusui makan mi instan, yaitu:

1. Telur Rebus dengan Brokoli

Penggemar mi instan tahu segalanya lebih baik dengan telur di atasnya. Moms bisa memasaknya segar atau merendam telur dalam mi instan untuk menambahkan bumbu yang lebih berbumbu.

Bagaimanapun, Moms bisa mendapatkan campuran bergizi vitamin B dari telur, yang sangat penting untuk sistem saraf. Merasa stres? Vitamin C brokoli sebenarnya membantu kita mengatasinya, terutama dengan kecemasan.

Penyajian: Didihkan sepanci air dan tambahkan telur. Untuk dua butir telur, harus mendidih selama lima menit. Mengaduk kuning telur juga menambah tubuh pada kaldu.

Tips: Moms bisa mengolah telur rebus tidak hanya untuk mi instan, tapi untuk ngemil sepanjang minggu. Mereka disimpan dengan baik dalam wadah kedap udara selama dua hingga empat hari.

2. Kimchi dan Tahu

Kimchi, lauk Korea yang difermentasi, membantu memberi makan bakteri menguntungkan di usus untuk pencernaan yang lebih baik. Biasanya dibuat dengan kubis, serta vitamin C dan karoten yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Penyajian: Potong tahu menjadi kubus kecil dan aduk ke dalam sup. Jika lebih suka rasa yang lebih enak, rendam potongan tahu yang sudah dipotong dadu dengan campuran tamari, bawang putih, dan minyak wijen di pagi hari.

Moms akan berterima kasih pada diri sendiri nanti malam saat memasukkannya ke dalam kaldu. Moms juga bisa menuangkan jus kimchi ke dalam ramen untuk menambah rasa pedas.

Tips: Tunggu hingga mi selesai dimasak dan dinginkan sebentar sebelum diaduk dengan kimchi atau jus kimchi. Makanan probiotik bersifat "hidup", dan kaldu mendidih akan membunuh bakteri ramah usus kimchi.

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Makan Mi Instan?

Bergantung pada bahannya, merek mi akan berbeda nutrisi. Nah, walaupun ibu menyusui makan mie instan boleh dilakukan namun ada baiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan mengingat minim nutrisi yang dikandungnya.

Atau buat ide mi instan yang dikemas menjadi cukup sehat untuk Moms konsumsi jika Moms mau. Untuk membuat seluruh hidangan menjadi lebih sehat, tukar bihun goreng dengan bihun merah. Ini memasak dengan cepat sambil memberi tekstur yang sama seperti mi gandum.

Selain itu, menjaga dapur Moms penuh dengan berbagai jenis kaldu, rempah-rempah, dan bumbu cair seperti tamari dan sriracha sehingga Moms bisa dapat membuang MSG dari mi instan.

Bahkan, buat saja kaldu tulang yang kaya rasa yang bisa dibekukan dan keluarkan kapan pun jika Moms membutuhkan makanan yang menenangkan serta cepat dan mudah.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait