30 Juli 2023

Bikin Deras, Ini 14 Makanan Pelancar ASI yang Harus Dicoba

Coba makan pepaya atau labu, Moms!

Makanan pelancar ASI perlu untuk dikonsumsi ketika Moms sedang masa menyusui.

Hal ini penting agar Si Kecil terpenuhi nutrisinya terlebih ketika Moms berencana memberikan ASI eksklusif untuk buah hati.

Sebab, American Academy of Pediatrics (AAP) telah merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan hingga minimal 1 tahun.

Nah, agar ASI eksklusif berjalan dengan lancar, ada baiknya Moms mengetahui berbagai makanan pelancar ASI.

Jangan sampai rencana menyusui berhenti di tengah jalan karena ASI yang tidak mengalir dengan deras dan malah menimbulkan masalah lainnya.

Untuk itu, Moms perlu menyimak artikel ini hingga akhir untuk menemukan rekomendasi makanan pelancar ASI, ya!

Baca Juga: 11 Penyebab ASI Seret dan Cara Memperbanyak ASI yang Perlu Diketahui Ibu Menyusui

Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui

Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui
Foto: Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui (Orami Photo Stock)

Ibu menyusui hendaknya bijaksana dalam memilih makanan yang dikonsumsinya.

Sebab, bukan hanya berusaha mengembalikan kondisi setelah melahirkan, tapi pilihan makanan juga berpengaruh pada bayi.

Menurut konsep Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang dipopulerkan oleh dr. Nila Amarila Sp.KK, ibu menyusui membutuhkan nutrisi sekitar 2500 kalori.

Asupan kalori tersebut diperoleh dari makanan yang salah satunya terdiri dari karbohidrat sebagai sumber tenaga.

Kemudian protein dan lemak yang bisa diperoleh dari ikan, daging atau produk susu, sayur dan buah-buahan, serta kalsium dan zat besi.

Ibu menyusui umumnya membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya selama menyusui.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asupan tambahan 450-550 kkal dibutuhkan untuk ibu menyusui.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil sebelumnya.

Jumlah kalori tambahan yang dibutuhkan untuk ibu menyusui juga dipengaruhi indeks massa tubuh, kegiatan olahraga, dan jenis susu formula atau ASI.

Meskipun sudah mengonsumsi makanan bernutrisi, tidak sedikit ibu menyusui yang mengeluh tidak bisa memberikan cukup ASI kepada buah hatinya.

Baik jumlah ASI yang terlalu sedikit atau malah tidak lancar menyusui.

Padahal, perlu diingat bahwa menyusui sangat penting untuk perkembangan Si Kecil.

Untuk mendukung mendapatkan ASi yang baik, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan pelancar ASI agar Si Kecil bisa mendapatkan gizi yang berkualitas.

Baca Juga: 13+ Makanan Penghambat ASI, Pantang Dikonsumsi Ibu Menyusui!

Jenis Makanan Pelancar ASI

Biasanya, daun katuk dipilih sebagai makanan pelancar ASI atau ASI booster oleh ibu menyusui.

Namun, bagaimana jika sulit menemukan daun katuk di sekitar tempat tinggal?

Moms boleh menggantinya dengan pilihan makanan pelancar ASI berikut ini.

1. Edamame atau Kedelai Jepang

Edamame
Foto: Edamame (Orami Photo Stocks)

Makanan pelancar ASI yang pertama adalah edamame. Edamame atau kedelai Jepang kaya kandungan protein nabati.

Edamame juga mengandung zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor.

Saat Moms sedang bosan mengonsumsi ikan, daging atau unggas sebagai sumber protein, tentunya Moms bisa mengonsumsi edamame.

Takaran yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah 65 gr setiap hari.

2. Bunga Pepaya

Bunga Pepaya
Foto: Bunga Pepaya (Pinterest.com)

Nah, kalau makanan pelancar ASI yang satu ini biasanya disukai para ibu rumah tangga.

Hal tersebut karena bahan ini sering dijadikan olahan hidangan makanan di berbagai daerah di Indonesia.

Bunga pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium.

Selain itu, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein.

Enzim papain mampu memecah protein yang Moms makan, terutama saat menyusui dibutuhkan sekitar 2 kali lipat protein dibandingkan kebutuhan normal.

Bahkan, bunga yang berwarna kuning pucat ini mampu merangsang nafsu makan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cooler Bag ASI yang Travel Friendly untuk Jaga Kualitas ASI

Makanan pelancar ASI yang ketiga ini tentunya banyak ditemukan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb