Di atas 5 tahun

22 Februari 2019

Trik Makan Mie Instan Lebih Sehat

Cara jitu supaya ada kandungan sehat di dalam mie yang akan disantap
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Ketika lapar menyerang, mie instan menjadi salah satu pilihan yang sangat menggoda. Selain mudah dibuat, rasanya juga sangat lezat. Sayangnya, mie instan bukanlah makanan yang sehat. Namun jangan khawatir, ada beberapa trik makan mie instan yang lebih sehat, mau tahu, simak ya:

Menyantapnya dengan Sayur

chicken ramen noodle bowl 3

Moms tentu tahu bahwa sayur merupakan makanan yang sangat sehat. Karenanya cobalah untuk menambahkan sayuran ke dalam mie instan. Tenang saja karena menambahkan sayuran dalam mie instan tidak akan menghilangkan rasanya, justru akan membuatnya menjadi lebih baik. Vitamin yang terkandung di dalam sayuran tidak akan hilang, dengan demikian Moms bisa mengimbangi asupan antara kedua makanan tersebut.

Baca Juga: Bahaya Kesehatan Bagi Si Penggemar Mie Instan

Menyingkirkan Bumbu Mi Instan

dsc 0579

Letak kenikmatan mie Instan memang terletak pada bumbunya, hanya saja ini yang menjadi penyebab terbesar mi instan menjadi tidak sehat. Bumbu mi instan mengandung 60 persen dari garam yang biasa Moms konsumsi selama satu hari. Karenanya, cobalah untuk mengganti bumbu mie instan dengan sesuatu yang lebih sehat dan aman. Moms bisa menggantinya dengan kecap yang memiliki rasa, ditambahkan cabai segar atau mungkin tetap menggunakan bumbu namun dengan jumlah yang sangat sedikit.

Meski Rendah Kalori, Mi Instan Tak Cocok Untuk Diet

diabetes diet instant noodles pasta maggi

Salah satu alasan Moms mencintai mie instan adalah karena kalorinya yang rendah serta membantu menurunkan berat badan. Dengan 188 kalori per sajian, mie instan lebih rendah kalori daripada beberapa jenis pasta lainnya. Satu porsi lasagna yang sudah dikemas, misalnya, mengandung 377 kalori, sedangkan satu porsi spaghetti dan bakso kalengan memiliki 257 kalori.

Namun penting juga untuk dicatat bahwa mie instan rendah serat dan protein, yang mungkin tidak menjadikannya pilihan terbaik dalam hal penurunan berat badan. Padahal, protein telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar, menjadikannya makanan yang berguna dalam pengelolaan berat badan.

Baca Juga: Bahayakah Jika Batita Makan Mie Instan?

Sedangkan serat, memang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, membantu meningkatkan perasaan kenyang sekaligus meningkatkan penurunan berat badan. Dengan hanya 4 gram protein dan 1 gram serat per sajian, satu porsi mie instan kemungkinan tidak akan banyak mengurangi tingkat rasa lapar atau kenyang. Jadi, meskipun rendah kalori, mi instan mungkin tidak menguntungkan Moms yang sedang diet.

Bagi pecinta mie instan, memang tentu akan sulit untuk mengurangi intesitas mengonsumsinya. Karena itu, tidak ada yang lebih baik selain mengetahui cara memilih mi instan yang sehat.  Memilih mie instan yang terbuat dari biji-bijian utuh misalnya, dapat meningkatkan kandungan serat dan meningkatkan perasaan kenyang. Tak hanya itu, mie instan rendah sodium juga tersedia dan dapat membantu menurunkan asupan natrium Moms dalam sehari.

 (MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait