Newborn

NEWBORN
18 Juli 2018

Bolehkah Tetap Menyusui Saat Hamil Lagi?

Harus mengonsumsi makanan bernutrisi agar produksi ASI tetap lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin masih menikmati proses menyusui Si Kecil yang masih bayi saat dokter menyatakan bahwa Moms hamil lagi. Hal semacam ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan sekaligus kekhawatiran bagi Moms.

Apakah aman menyusui saat hamil? Apakah menyusui bayi saat hamil akan memengaruhi perkembangan janin? Apakah kedepannya akan berpengaruh terhadap penyapihan si kecil? Bisakah Moms menyusui dua anak sekaligus setelah adik si kecil lahir?

Sebenarnya pertanyaan dan kekhawatiran Moms adalah sesuatu yang wajar. Sementara keputusan untuk menyusui atau tidak saat hamil bukan pilihan mudah.

Oleh karena itu, Moms sebaiknya memahami terlebih dahulu mengenai manfaat, risiko, dan seberapa siap Moms dan Si Kecil melakukannya. Jadi apakah boleh menyusui saat hamil?

Baca Juga: Langkah Sukses Menyusui di Tempat Umum

Apakah Menyusui Saat Hamil Aman?

ao nguc cho be bu kuku duckbill 5

Jan Barger, konsultan laktasi BabyCenter mengungkapkan bahwa tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan menyusui saat dalam kondisi hamil, jika memang Moms ingin melakukannya.

Banyak Moms yang bukan hanya melanjutkan menyusui selama kehamilan, namun juga melakukan perawatan tandem, yakni menyusui bayi baru lahir dan buah hati mereka yang lebih tua.

Moms mungkin khawatir tidak bisa memproduksi ASI yang cukup untuk menyusui saat hamil. Namun, tanpa disadari tubuh Moms sebenarnya tahu persis apa yang harus dilakukan.

Hal terpenting yang perlu Moms lakukan adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Selain itu, segeralah makan saat merasa lapar dan minum saat merasa haus untuk mencukupi kebutuhan tubuh selama memproduksi ASI.

Moms bisa memutuskan apakah ingin terus menyusui Si Kecil saat adiknya lahir atau tidak. Jika ingin tetap melanjutkan menyusui keduanya, pemberian tandem sangat bermanfaat mengurangi mastitis.

Bila Moms tidak nyaman dengan cara menyusui secara bersamaan, cobalah untuk menyapih Si Kecil saat Moms hamil lagi untuk menghindari perasaan cemburu atau perubahan besar yang biasa dialami saat adiknya lahir.

Baca Juga: Ini 9 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Apa yang Perlu Diperhatikan Jika Memilih Tetap Menyusui Saat Hamil?

can pregnant women eat that 1

Diet dan gaya hidup sehat untuk meningkatkan jumlah ASI karena menyusui saat hamil dapat meningkatkan risiko kelelahan.

Makanlah makanan sehat dan lebih banyak beristirahat sepanjang hari akan membantu mengurangi kelelahan. Selain itu, mengonsumsi sumber nutrisi yang cukup sangat penting untuk mempertahankan kesehatan kandungan dan jumlah produksi ASI.

Moms juga perlu melakukan perawatan puting karena kemungkinan akan terasa sakit saat menyusui di masa kehamilan. Jika puting Moms cukup sensitif, mungkin sebaiknya tidak menyusui.

Hindari penggunaan krim, lotion, atau sabun pada puting yang dapat meningkatkan kelembutan. Keringkan puting atau tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan handuk lembut untuk menghindari iritasi.

Cobalah untuk memastikan bibir Si Kecil menempel ke puting Moms dengan benar selama menyusu demi mencegah munculnya rasa sakit atau kulit puting pecah-pecah.

Jika kulit puting Moms pecah-pecah, lakukan perawatan tepat seperti mengoleskan ASI ke puting atau mengaplikasikan krim lanolin sesegera mungkin untuk memastikan iritasi tidak memburuk.

Itu dia Moms beberapa hal penting yang perlu dipahami terkait aktivitas menyusui saat hamil.

Tetap melanjutkan menyusui atau menyapih Si kecil, mana yang akan Moms pilih saat dinyatakan hamil lagi sementara buah hati usianya belum genap 1 tahun?

(RGW)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait