2-3 tahun

28 April 2019

Jaga Kesehatan Balita, Ini 5 Buah yang Bermanfaat untuk Si Kecil

Buah-buah ini kaya vitamin dan mineral lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Asupan nutrisi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan Si Kecil. Oleh sebab itu, Moms pasti sangat memerhatikan makanan-makanan yang ia konsumsi bukan?

Para ahli di Harvard T.H. Chan School of Public Health, menyarankan agar anak makan berbagai macam buah berwarna-warni, dan hindari mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Sebab, biasanya terdapat gula tambahan di dalam jus, makanya buah segar tentunya lebih baik bagi tubuh.

Supaya Si Kecil selalu sehat, berikut ini beberapa buah yang bermanfaat untuk balita!

Baca Juga: Pergi Liburan? Jangan Lupa Bawa 5 Camilan Sehat Untuk Balita Saat Traveling!

1. Apel

apple a day 1548418314

Konon, apel bisa membuat kita menjauh dari dokter. Tapi memang benar lho, Moms!

Apel mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk membuat Si Kecil tetap sehat. Apel kaya dengan vitamin A, B1, B2, dan C, serta mengandung potasium dan kalsium.

Tidak hanya itu, apel juga kaya antioksidan yang mampu menyembuhkan konstipasi, diare, dan masalah gigi.

Ternyata, apel memiliki kandungan serat yang sama dengan semangkuk sereal! Apel berukuran sedang mengandung 90-91 kalori cocok sekali untuk camilan Si Kecil.

2. Beri

landscape 1512665578 citrus mint berries

Saat mencari buah kaya manfaat untuk balita, buah beri selalu ada di urutan teratas. Beri, termasuk stroberi, blueberry, ceri, dan blackberry punya kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K yang membantu tubuh untuk melawan kanker dan penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian National Center for Biotechnology Information, buah beri terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (CVD), yakni penyakit yang berkaitan dengan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Jika Moms ingin meningkatkan kemampuan otak Si Kecil, berikan saja buah beri. Moms bisa memberikannya dalam bentuk utuh, smoothies, atau salad. Si Kecil pasti suka karena rasanya pun enak.

Baca Juga: Berapa Banyak Takaran Garam dan Gula yang Dianjurkan untuk Balita?

3. Pisang

couv bananes

Sehat tidak harus mahal. Pisang yang dikenal sebagai buah dengan harga murah juga ternyata sangat baik untuk kesehatan balita.

Pisang mengandung banyak nutrisi yang bisa meredakan nyeri perut, mengontrol diare, menyembuhkan konstipasi, membantu mengurangi peradangan kulit, serta memperbaiki gangguan saluran kencing.

4. Semangka

watermelons

Buah lain yang bermanfaat untuk balita adalah semangka. Buah ini kaya air, sehingga menyegarkan dan menghidrasi Si Kecil .

Semangka mengandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh balita, vitamin A untuk meningkatkan kemampuan penglihatan, vitamin B6 yang akan membantu melawan infeksi, dan vitamin B1 untuk metabolisme tubuh.

Baca Juga: 7 Camilan Terbaik Untuk Dimakan Sebelum Balita Berenang

5. Anggur

grapes header

Anggur kaya akan vitamin dan mineral. Berikan Si Kecil beberapa jenis anggur setiap harinya, seperti anggur merah dan hijau. Warna-warni itu pasti akan membuatnya tertarik.

Moms sebaiknya tidak memberikan Si Kecil anggur bulat utuh karena rawan membuat tersedak.

Itulah lima buah terbaik untuk balita. Apakah hari ini Si Kecil sudah makan buah-buahan?

(AND/INT)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait