Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
25 Maret 2018

Bukan Hanya Karena Bentuk yang Lucu, Ini Cara yang Tepat Memilihkan Tas Sekolah Anak

Moms harus memastikan bahwa tas yang dipakai buah hati sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan badannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Memilih tas anak yang tepat untuk si Kecil adalah hal penting. Sebab, Moms harus memastikan bahwa tas yang dipakai buah hati sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan badannya. Anak playgroup misalnya, lebih baik memakai tas punggung berukuran kecil sedangkan buah hati yang sudah SD bisa mengenakan tas anak berbentuk troli.

Meski tampak tak memiliki pengaruh signifikan bagi kesehatan, tas yang tidak sesuai berpotensi melukai punggung dan juga tulang belakang buah hati. Maka dari itu, sangat penting bagi Moms untuk memilihkan tas anak yang sesuai dengan tubuh si Kecil tersayang. Nah, agar Moms lebih mudah melakukan hal ini, yuk simak informasi berikut:

Tas anak usia playgroup dan TK

Jika si Kecil adalah siswa playgroup atau Taman Kanak-kanak, tas punggung kecil adalah jenis yang paling cocok untuk dipakai. Gunakan tas dengan ukuran 25 hingga 35 cm dan dasar selebar 12 cm yang cukup untuk mengemas buku kecil, kotak makan, dan juga botol minum.

Ada baiknya juga Moms memilih tas anak dengan warna menarik yang dilengkapi gambar karakter kartun favorit buah hati. Dengan tas anak semacam ini, si Kecil akan lebih ceria beraktivitas tanpa merasakan beban pada pundak dan punggungnya.

Baca Juga : A-Z Persiapan Hari Pertama Anak Sekolah

Tas anak SD

Buah hati yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar membutuhkan tas yang lebih besar karena perlu membawa lebih banyak buku. Tas ransel ataupun tas berbentuk troli bisa dijadikan pilihan yang sempurna. Untuk tas ransel, pilihlah yang memiliki penampang pundak lebar sehingga tidak membuat si Kecil kesakitan saat membawa barang yang berat.

Sedangkan untuk tas anak berbentuk troli, pilih yang rodanya bisa berjalan dengan lancar serta dilengkapi pegangan yang kokoh. Sama halnya dengan tas untuk anak playgroup atau TK, Moms bisa memilihkan warna dan corak yang sesuai dengan kesukaan buah hati tersayang.

Pada dasarnya, beban pada tas anak tak boleh melebihi 10% dari bobot tubuh buah hati. Misalnya, jika berat badan si kecil 20 kg, maka ia tidak boleh membawa tas yang beratnya lebih dari 2 kg.

Sebab, beban pada tas yang tidak sesuai dengan kemampuan berisiko menimbulkan cedera dan nyeri pada punggung serta pundak. Maka dari itu, pilih tas anak yang tepat ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait