07 Januari 2018

Perkembangan Batita Bulan Ke-13

Seperti ini cara Si Kecil 'berbicara' pada orang di sekitarnya

Perkembangan Anak:

Si Kecil baru menguasai beberapa patah kata yang bisa dimengerti orang di sekitarnya? Eits! Bukan berarti dia tidak menemukan cara lain untuk ‘bicara’ lo, Moms.

Coba perhatikan bahasa tubuhnya. Menggeleng, menutup mulut, telinga atau mukanya, melambai sampai menunjuk pada hal-hal yang ia inginkan atau ia ingin orangtuanya lihat.

Ini juga merupakan keterampilan yang penting dari perkembangan kemampuan sosial dan bahasanya.

Catatan untuk Orang Tua:

Bersabarlah dan jadi pendengar yang baik untuk Si Kecil yang sedang mengalami perubahan dari seorang bayi menjadi balita.

Persis seperti saat kita berubah dari anak menjadi remaja, atau remaja menjadi dewasa. Ia perlu banyak didengar dan butuh waktu untuk mengenali dirinya sendiri.

Tips Bulan Ini:

Untuk dapat menstimulasi kemampuan bahasa, sebut benda yang anak minta kemudian minta anak untuk mengulangi nama benda yang dimaksud agar ia terdorong untuk bicara.

Selain itu, Moms juga bisa berperan layaknya komentator bola yang memberikan deskripsi tentang apa yang terjadi di lapangan, namun kali ini deskripsi apa yang sedang dilakukan oleh anak ketika ia bermain.

Tak perlu susah, pilih saja kata yang sederhana dan singkat. Misalnya: saat anak menumpuk stacking ring katakan “Di atas!” setiap kali anak menumpuk ring. Atau saat anak seru berlarian di halaman rumah, katakan “Lari, lari, lari!” atau “Cepat,cepat,cepat!”.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

<AK>

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb