2-3 tahun

19 Januari 2018

Perkembangan Batita Bulan Ke-25

Anak mulai menunjukkan preferensinya terhadap pengasuh maupun makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Anak:

Salah satu yang umumnya paling tampak pada perkembangan mental dan emosi anak usia 2 tahun adalah bagaimana ia mulai menunjukkan preferensi yang kuat pada satu orang tua atau pengasuhnya saja. Misalnya, hanya mau dimandikan oleh Moms atau menolak disuapi oleh pengasuh yang baru saat pengasuhnya yang lama pulang kampung.

Ini memang bisa jadi satu tantangan baru untuk Moms, tapi cobalah melihatnya sebagai pertanda baik. Si kecil sedang belajar membuat pilihan dan memiliki kontrol atas hidupnya!

Tip untuk Moms:

Ketika anak mengungkapkan preferensinya, dengarkanlah ia dengan seksama agar ia tahu kalau Moms peduli dengan pilihannya. Ini akan membangun kepercayaan dirinya. Agar keterampilan berkomunikasinya semakin terasah, Moms juga bisa menanyakan alasan di balik preferensinya. Misal, “Apa, sih, asyiknya mandi sama Mama?”

Catatan Bulan Ini:

Selain preferensi terhadap orang-orang di sekitarnya, pada usia ini, anak juga mulai lebih kuat menunjukkan preferensinya terhadap makanan. Ia sudah mengenali mana sayuran yang disukai dan tidak disukainya.

Baca juga: 5 Alasan Balita Tak Mau Buka Mulut untuk Makan

Agar anak tetap memperoleh berbagai nutrisi yang dibutuhkannya, jangan terlena dengan hanya memberikan makanan yang disukainya, ya, Moms. Siasati dengan memberikan menu yang beragam secara perlahan.

(AK/EMA)

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Foto: Shutterstock

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait