Scroll untuk melanjutkan membaca

KARIER & KEUANGAN
29 Juli 2022

9 Cara Menabung 50 juta dalam Setahun, Yakin Bisa!

Memiliki pekerjaan sampingan merupakan salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun
9 Cara Menabung 50 juta dalam Setahun, Yakin Bisa!

Moms dan Dads ada banyak tips cara menabung 50 juta dalam setahun, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan hingga cara menabung unik lainnya.

Pentingnya menabung sendiri untuk keadaan darurat, pendidikan, peristiwa besar dalam hidup, hingga harapan hidup ketika memasuki usia pensiun menurut intrustbank. Namun, percuma rasanya bila mengetahui tips menabung cepat tanpa mengetahui tujuan menabung.

Baik tips menabung harian, bulanan, tahunan, semua tips yang akan didapatkan pasti merekomendasikan untuk menentukan tujuan menabung yang lebih spesifik.

Semisal saat menabung untuk menyimpan sisa dana bulanan, menabung untuk membeli barang tertentu, menabung sebagai sumber dana darurat, atau saja menabung sebagai alat investasi jangka panjang.

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

Miliki Tabungan Lebih dari Satu (www.cekindo.com).jpg

Foto: Miliki Tabungan Lebih dari Satu (www.cekindo.com).jpg (www.cekindo.com)

Foto ilustrasi menabung (Sumber: Orami Photo Stock)

Tentunya cara menabung 50 juta dalam setahun tidaklah semudah itu karena membutuhkan kerja keras serta keberuntungan. Namun tetap bisa diusahakan dengan tips menabung 50 juta dalam setahun di bawah ini:

1. Gunakan Rumus Menabung 50/20/30

Metode ini diperkenalkan oleh Senator Elizabeth Warren melalui buku yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Cara kerja cukup simpel. Dari seluruh pemasukan yang kamu terima, bagi menjadi 3 bagian besar yaitu 50 persen untuk kebutuhan harian dan tagihan wajib, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi.

Mari kita coba lakukan hitung-hitungan menggunakan rumus 50/20/30 untuk pendapatan 10 juta.

  • Penghasilan bulanan: 25.000.000
  • Kebutuhan harian dan tagihan wajib: 50% x 25.000.000 = 12.500.000
  • Hiburan: 30% x 25.000.000 = 7.500.000
  • Tabungan atau investasi: 20% x 25.000.000 = 5.000.000
  • Jumlah tabungan dalam setahun: 5.000.000 x 12 (bulan) = 60.000.000

Berdasarkan hitung-hitungan di atas, berarti kamu bisa mengumpulkan 50 juta dalam setahun. Dengan catatan, penghasilan bulanan kamu mencapai Rp25 juta untuk bisa mencapai target menggunakan metode 50/20/30 sebagai cara menabung 50 juta dalam setahun.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung

2. Tekan Pengeluaran

Moms dan Dads, kalau mengacu pada rumus di atas, penghasilan bulanan kamu setidaknya sebesar Rp25 juta. Padahal mungkin penghasilan Moms dan Dads tidak sebesar itu. Sedangkan ada target mengumpulkan uang 50 juta dalam setahun. Tapi, jangan menyerah dulu, coba kurangi pengeluaran yang dirasa kurang perlu. Lakukan penghematan ekstra.

Kurangi jajan dan nongkrong. Biasanya kamu nongkrong bisa seminggu 2 kali dengan estimasi biaya yang dikeluarkan buat beli makanan dan minuman di café sebesar Rp400 ribu. Jadikan kegiatan nongkrong cuma 1 kali seminggu dengan biaya Rp200 ribu. Maka, kamu menghemat Rp800 ribu.

Membawa bekal dari rumah juga sangat efektif untuk menghemat pengeluaran makan siang. Rata-rata biaya makan siang karyawan selama sebulan sekitar Rp1 juta. Dengan bawa bekal sendiri, paling sedikit, kamu bisa hemat sampai dengan setengah jatah uang makan siang bulanan.

3. Kerja Sampingan

Moms dan Dads sudah mencoba menghemat sebanyak mungkin dalam cara menabung 50 juta setahun tapi belum juga mencapai target? Berarti tidak hanya mengandalkan gaji bulanan sebagai sumber utama. Cari kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, jadi penulis online, buka online shop, jadi dropshipper, dan lain sebagainya.

4.  Garage Sale

Tak ada salahnya Moms dan Dads menjual barang-barang yang masih layak tapi tidak digunakan. Daripada mengendap di rumah, lebih baik kamu jual yang menghasilkan uang. Saat ini barang preloved juga banyak peminatnya. Jangan takut tidak ada yang beli karena pasarnya sudah ada. Kamu tinggal mulai aja sebagai salah satu tips menabung 50 juta setahun.

Baca Juga: 7+ Challenge Menabung dan Tips Suksesnya, Yuk Lakukan!

5. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Fokus mengumpulkan uang untuk mencapai target jangan sampai jadi buat keuangan berantakan. Pakai aplikasi pengatur keuangan di ponsel. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian, catatan keuangan terekam rapi dan terorganisir.

6. Gunakan Tabel Menabung 50 Juta dalam Setahun

Moms dan Dads juga bisa berkreasi dengan membuat tabel tabungan yang bentuknya semacam permainan Bingo. Tulis nominal uang dalam tabel. Kemudian kalau kamu menabung, misalnya kamu menyisihkan Rp20 ribu, maka coret angka 20 dalam tabel tersebut.

Kegiatan ini menjadi cara menabung 50 juta setahun yang unik dan bikin semangat.

7. Cari Bank yang Memberikan Bunga Tabungan Tinggi

Rata-rata, bank memberikan bunga tabungan sebesar 0,25% hingga 2% saja per tahun. Meskipun bunga tabungan dikenal kecil, tapi ada bank yang menawarkan bunga tabungan di atas rata-rata. jadi, kamu gak hanya mengandalkan setoran uang tabungan saja. Kamu bisa menikmati lebih banyak uang dari bunga yang besar sebagai cara menabung 50 juta dalam setahun.

8. Menetapkan Batas Maksimal Belanja Online

Tips menabung harian selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan belanja online. Kemudahan berbelanja secara online dari rumah ini yang meningkatkan sifat impulsif dan konsumtif.

Mulai dari belanja sekunder seperti pakaian hingga kebutuhan primer seperti sayur-mayur sudah bisa dilakukan secara online.

Bedakan mana belanja online yang memang dibutuhkan dan memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan mana yang hanya sekadar belanja untuk melegakan sifat konsumtif.

Dengan begitu, bisa membuat batasan diri saat berbelanja online dan terhindar dari sikap kalap saat berbelanja online.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Buku Cerita Inspiratif Bertema Perjuangan, Ibu, dan Menabung

9. Manfaatkan Promo dan Diskon

Tak dipungkiri setelah seharian beraktivitas, perlu healing untuk melepas penat dan mendapatkan dorongan semangat baru untuk memulai aktivitas di hari berikutnya. Biasanya, hal ini bisa dilakukan dengan berbelanja, makan di restoran, hang out di coffee shop, ataupun nonton bersama pasangan, keluarga atau teman dekat.

Sesekali tidak masalah untuk menjernihkan pikiran. Untuk menyiasatinya, bisa manfaatkan berbagai promo dan diskon yang disediakan baik oleh merchant, marketplace atau e-commerce.

Saat berbelanja offline biasakan bertanya diskon atau promo apa yang sedang berlaku. Hal tersebut juga berlaku saat berbelanja secara online, cari terlebih dahulu diskon dan promo apa yang sedang ditawarkan.

Beberapa cara menabung 50 juta dalam setahun di atas bisa diterapkan oleh siapa saja. Selamat mencoba!

  • https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2022/06/14/03/14/tips-menabung-harian-bulanan-dan-jangka-panjang
  • https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/031215/why-saving-money-important.asp
  • https://www.intrustbank.com/article/the-benefits-of-saving-money-set-goals-spend-less-and-save-more
  • https://blog.bankneocommerce.co.id/artikel/cara-menabung-50-juta-dalam-setahun/