Trimester 2

TRIMESTER 2
9 Februari 2020

4 Cara Alami Mencegah Obesitas pada Ibu Hamil

Simak cara alami hindari obesitas pada ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, saat hamil penting untuk makan yang cukup guna memberi Si Kecil dalam kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kuat.

Sebagian besar dokter akan mendorong ibu hamil menambah sedikit berat badan selama kehamilan, tetapi apa yang harus Anda lakukan jika sudah mengalami obesitas?

The American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan ibu hamil yang mengalami obesitas memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih besar seperti preeclampsia dan diabetes gestasional.

Tak hanya itu, Si Kecil dalam kandungan pun akan memiliki risiko lebih tinggi untuk kelahiran premature dan cacat lahir tertentu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa wanita gemuk yang ditawari konseling diet dan olahraga selama kehamilan mereka memiliki hasil yang lebih baik untuk ibu dan bayi.

Studi ini menemukan bahwa intervensi ini, terutama perubahan pola makan, dikaitkan dengan penurunan risiko preeklampsia 33 persen dan penurunan risiko diabetes gestasional 61 persen.

Makan secara sehat juga mengurangi risiko hipertensi kehamilan dan kelahiran prematur.

Baca Juga: Penuhi Gizi Ibu Hamil Agar Tak Alami Obesitas

Mencegah Obesitas pada Ibu Hamil

Jika Moms mengalami obesitas dan hamil, kehamilan Anda bisa menjadi kesempatan sempurna untuk mulai segar dengan gaya hidup sehat. Berikut ini cara alami menghindari obesitas pda ibu hamil:

1. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter kandungan

Moms, sebelum memulai program olahraga saat hamil ada baiknya berbicara dengan dokter. Mereka akan membantu membuat rutinitas dan menjawab pertanyaan yang mungkin Moms miliki.

Dokter juga dapat merujuk Moms ke ahli gizi dan saran pribadi tentang makan sehat, dan berolahraga yang merupakan cara alami menghindari obesitas pada ibu hamil.

2. Kehamilan Sebagai Peluang Perubahan

Ibu hamil

Kehamilan bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulai program olahraga serta mengubah diet Moms .

Ibu hamil akan lebih mengunjungi dokter secara teratur dan mengajukan banyak pertanyaan sehingga sangat termotivasi mengubah gaya hidup mereka agar Si Kecil dalam kandungan tetap sehat.

Menemukan keseimbangan antara makanan sehat serta menjaga berat badan merupakan hal yang penting bagi ibu hamil dan kesehatan Si Kecil.

Bantuan juga dapat ditemukan di situs Choose My Plate, yang memiliki bagian khusus untuk wanita yang sedang hamil serta menyusui.

3. Hindari Kalori Kosong

Junkfood

Selama kehamilan, hindari makan dan minum berikut ini:

  • Makanan cepat saji
  • Gorengan
  • Makan malam yang dibuat dengan microwave
  • Soda
  • Kue kering
  • Permen

Dalam satu studi juga oleh British Medical Journal, peneliti menemukan bahwa perubahan dalam diet lebih efektif daripada olahraga saja.

Para wanita makan makanan seimbang dengan campuran karbohidrat, protein, dan lemak, dan membuat buku harian makanan untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang tepat.

Baca Juga: Ini Kenaikan Berat Badan Normal pada Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Di bawah ini adalah beberapa tips makan sehat untuk membantu Anda memulai dilansir dari U.S. National Library of Medicine:

  • Buah-buahan dan sayuran segar merupakan makanan ringan yang enak. Mereka penuh dengan vitamin dan rendah kalori dan lemak.
  • Makanlah roti, keripik buah, dan sereal yang dibuat dari biji-bijian utuh.
  • Pilih produk susu rendah lemak. Anda membutuhkan setidaknya 4 porsi produk susu setiap hari. Namun, menggunakan susu skim, susu 1%, atau 2% akan sangat mengurangi jumlah kalori dan lemak yang Anda makan. Juga pilih keju atau yogurt rendah lemak atau bebas lemak.

4. Jangan Berolahraga Berlebihan

ibu hamil olahraga

Aktivitas fisik intensitas sedang tidak akan membahayakan janin. Tetapi olahraga berat bisa berbahaya selama kehamilan.

Aturan praktis yang baik adalah Moms harus bisa bercakap-cakap dengan teman dengan nyaman saat berolahraga.

Jika Moms bernapas terlalu berat untuk berbicara, maka itu adalah tanda olahraga yang terlalu keras. Dengarkan tubuh Anda, ya.

Jika ada yang sakit, berhentilah berolahraga dan istirahatlah. Hindari segala jenis olahraga kontak atau kegiatan yang dapat membuat Anda tidak seimbang dan membuat terjatuh, seperti bermain ski, menunggang kuda, atau bersepeda gunung.

Jika Anda ingin bersepeda, sepeda statis lebih aman daripada sepeda biasa.

Baca Juga: 5 Risiko Berat Badan Berlebih Saat Hamil, Berbahaya!

Tentunya, obesitas selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi bagi Moms dan bayi.

Untuk meredakan kecemasan, bekerjasama dengan dokter atau tenaga medis yang biasa Moms kunjungi.

Mereka dapat membantu menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan, mengelola kondisi medis apa pun, dan memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait