Di atas 5 tahun

1 Juli 2021

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Remaja, Orang Tua Wajib Tahu!

Kecanduan gadget pada remaja bisa menyebabkan masalah fisik dan mental
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms perlu tahu cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Hal ini karena perkembangan teknologi memungkinkan remaja lebih mudah dalam mengakses informasi di internet sehingga meningkatkan risiko adiksi.

Kecanduan teknologi itu nyata lho, Moms. Sejumlah penelitian selama beberapa dekade terakhir yang dikutip dari Newport Academy telah menunjukkan bahwa ketergantungan terhadap teknologi memiliki efek yang sama pada otak, seperti kecanduan narkoba.

Ini adalah berita buruk di negara-negara dunia, di mana lebih dari 90 persen remaja menggunakan media sosial dan bermain video game, dua bentuk teknologi yang paling berpotensi membuat penggunanya ketagihan.

Baca Juga: 3 Tips Cegah Anak Kecanduan Gadget Selama PJJ dari IDAI

Kecanduan Gadget pada Remaja

cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja - 1.jpg

Foto: Pexels/Julia M Cameron

Kecanduan gadget atau teknologi juga dikenal sebagai Internet Addiction Disorder, Compulsive Internet Use, Problematic Internet Use, dan iDisorder.

Meskipun tidak dikenali sebagai gangguan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, tetapi gangguan ini menjadi semakin umum pada masyarakat modern.

Menurut penelitian yang berkembang, penggunaan teknologi memicu jalur di otak dengan cara langsung dan intens yang sama seperti zat tertentu memengaruhi otak pecandu narkoba.

Secara khusus, penggunaan teknologi, terutama game dan media sosial dapat meningkatkan pelepasan endorfin dan dopamin yang memicu keinginan untuk terburu-buru lagi pada seseorang.

Selain itu, stimulasi berlebihan yang terus-menerus ini mengubah sistem saraf ke mode melawan-atau-lari, yang mengganggu sistem biologis dan hormonal sehingga mengakibatkan gangguan suasana hati dan kesehatan mental.

Akibatnya, pada 2018 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan gangguan permainan sebagai kondisi kesehatan mental dan efek teknologi pada kesehatan mental tidak hanya mencakup kecanduan, tetapi juga depresi dan kecemasan remaja.

Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa remaja dengan kecanduan internet juga rentan terhadap penyalahgunaan zat dan gangguan makan.

Dengan kata lain, kecenderungan kecanduan dapat mencakup berbagai bentuk perilaku dan zat adiktif.

Baca Juga: Perlu Moms Tahu! Ini Batasan Screen Time Sesuai Umur Anak

Tanda Kecanduan Gadget pada Remaja

tanda kecanduan gadget

Foto: Pexels/Julia M Cameron

Berikut beberapa tanda dan gejala umum gangguan kecanduan internet atau penggunaan gadget yang bisa dialami oleh remaja:

  • Asyik atau terobsesi dengan internet sehingga sering membicarakan atau memikirkan tema yang berkaitan dengan situs web favorit, dll.
  • Penggunaan yang berlebihan atau bermasalah (berjam-jam dihabiskan di internet setiap hari). Sering memeriksa situs favorit di pagi hari, sepanjang hari, dan terakhir sebelum tidur.
  • Kecemasan, depresi, atau mudah tersinggung saat akses ke smartphone, tablet, atau laptop diambil orang tua.
  • Masalah akademis, seperti nilai kurang bagus, tugas hilang, terputus atau tertidur di kelas saat jam belajar.
  • Tidak tertarik pada hiburan atau aktivitas lain yang biasa mereka nikmati dan memilih menghabiskan waktu di internet daripada dengan teman, olahraga, dan hobi.
  • Menutupi atau berbohong tentang jumlah waktu yang dihabiskan di internet.
  • Isolasi diri dari kelompok atau teman sebaya.
  • Menggunakan internet dan/atau media sosial secara berlebihan sebagai penopang atau pelarian dari emosi negatif.
  • Menghindari tanggung jawab, seperti tugas sekolah, pekerjaan rumah, atau pekerjaan setelah sekolah demi menghabiskan waktu di internet.
  • Mengabaikan kebersihan pribadi.
  • Perubahan pola makan dan/atau tidur yang signifikan.

Perlu Moms ketahui bahwa menghabiskan waktu yang lama di depan layar laptop, tablet, atau smartphone dari waktu ke waktu dapat memiliki efek besar pada pikiran dan tubuh remaja sehingga orang tua tidak boleh meremehkannya.

Remaja yang kecanduan gadget seringkali mengalami pola makan yang tidak teratur, migrain, hingga gangguan tidur.

Tak hanya sampai di situ, kecanduan gadget pada remaja juga dapat berdampak negatif pada bagian otak yang bertanggung jawab atas pemrosesan emosi, perhatian eksekutif, pengambilan keputusan, hingga kontrol kognitif.

Baca Juga: 5+ Fungsi Fitur Parental Control untuk Si Kecil yang Hobi Main Gadget, Catat!

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Remaja

cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja - 2

Foto: Pexels/Julia M Cameron

Berikut cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja yang dapat orang tua lakukan berdasarkan rekomendasi dari The Canadian Paediatric Society’s 2019.

1. Kelola Waktu Penggunaan Layar

Salah satu cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja, yaitu dengan membuat rencana penggunaan gadget keluarga dengan waktu dan batas konten individual yang disepakati.

Selain itu, orang tua juga perlu mempelajari tentang kontrol orang tua dan pengaturan privasi pada gadget.

Cara lainnya, termasuk menonton bersama dan berbicara tentang konten dengan anak Moms, mencegah penggunaan beberapa perangkat sekaligus, mendapatkan semua kata sandi dan informasi masuk perangkat yang digunakan anak, serta mendiskusikan perilaku online yang sesuai.

2. Dorong Penggunaan Gadget yang Bermanfaat

Cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja ini melibatkan memprioritaskan rutinitas harian (non-layar) daripada penggunaan layar dan membantu anak-anak dan remaja dalam memilih konten yang sesuai dengan usia dan untuk mengenali konten atau perilaku yang bermasalah.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Menjauhi Gadget Sebelum Tidur

3. Berikan Contoh yang Baik pada Remaja

Cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh yang baik bagi mereka, Moms.

Jadi, tidak hanya sekedar melarang atau memerintah, orang tua sebaiknya melakukan hal yang sama sebagai contoh yang baik.

Misalnya, dengan meninjau kebiasaan Moms sendiri dan rencanakan waktu untuk permainan dan aktivitas alternatif.

Dorong waktu "tanpa layar" setiap harinya sebisa mungkin. Matikan layar gadget Moma sendiri saat tidak digunakan.

Hindari layar atau penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum waktu tidur dan hindari penggunaan layar di kamar tidur.

Dengan demikian, remaja bisa meniru kebiasaan baik ini dan mengurangi kecanduan gadget dalam diri mereka.

Baca Juga: Nomophobia, Rasa Takut Berlebihan Ketika Jauh dari Ponsel

Apabila cara-cara di atas tidak juga membantu dan gejala kecanduan gadget semakin parah, Moms harus segera mendatangi dokter anak, ahli kesehatan mental, atau konsultan pendidikan sehingga dapat ditangani dengan baik.

  • https://www.newportacademy.com/resources/mental-health/technology-dependence/
  • https://theconversation.com/is-your-child-addicted-to-screens-heres-what-you-can-do-about-it-118316
  • https://www.cps.ca/en/documents/position/screen-time-and-young-children
  • https://www.outbacktreatment.com/symptoms-of-teens-internet-addiction-disorder/
  • https://www.who.int/classifications/classification-of-diseases
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait