Pernikahan & Seks

16 Maret 2021

Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Miss V Bengkak Setelah Berhubungan

Duduk di air hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi miss v bengkak setelah berhubungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Seperti apa cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan?

Keintiman dan hubungan seksual adalah bagian normal dari gaya hidup sehat dan aktif. Tapi terkadang mereka membuat komplikasi fisik atau medis yang mungkin menjadi sumber kekhawatiran, seperti labia bengkak setelah berhubungan seks.

Sehingga, Moms pun mencari cara mengatasi miss v bengkak setelah berhubungan. Ada kasus di mana vagina bengkak setelah berhubungan seks benar-benar normal.

Pembengkakan adalah fungsi penting tubuh yang mengantarkan darah dan cairan ke suatu area saat dibutuhkan.

Baik seks maupun masturbasi dapat menyebabkan pembengkakan ringan akibat gesekan. Jika vagina Moms terasa bengkak setelah berhubungan seks dan sangat tidak nyaman atau berlangsung lebih lama dari beberapa jam, sebaiknya cari bantuan medis.

Baca Juga: 11+ Penyebab Vagina Gatal, Bikin Enggak Nyaman!

Penyebab dan Cara Mengatasi Miss V bengkak Setelah Berhubungan

Berikut ini penyebab serta cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan yang bisa Moms ketahui:

1. Seks yang Kasar

cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan-1

Foto: Orami Photo Stock

Setiap kali Moms berhubungan, vulva dan vagina mulai membengkak karena semua aliran darah yang meningkat di sana, menurut Cleveland Clinic.

Tetapi jika Moms melihat gejala lain, seperti luka tipis di sekitar lubang vagina, itu mungkin berarti pembengkakan et. Al. sebenarnya karena hubungan seks yang lebih kasar dari biasanya.

Jika ini masalahnya, Moms mungkin juga mengalami sedikit pendarahan dan menemukan bahwa area tersebut sedikit hitam dan biru, jelas Alyssa Dweck, MD, ob-gyn di Westchester, New York, dan rekan penulis "V Is for Vagina."

Mungkin Moms tidak ingin berhenti jika seks yang kasar adalah kesukaan Moms, tetapi tentunya hal ini bisa memberikan dampak buruk yang menyebabkan vagina tidak bahagia.

Untuk meredakan nyeri yang membengkak, minumlah pereda nyeri dengan beli di apotik, atau rendam area genital Moms dalam sitz bath (bak mandi dangkal di atas toilet yang dibuat untuk mengobati masalah vagina).

Atau duduk di bak mandi biasa yang diisi dengan air hangat selama sekitar 15 hingga 20 menit juga bisa menjadi cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan yang lainnya.

2. Reaksi Alergi

Selain itu, vagina bengkak setelah berhubungan yang disertai ruam bisa jadi kemungkinan Moms mendapati reaksi alergi atau memiliki kepekaan terhadap produk, seperti kondom lateks, atau bahkan sperma Dads.

Namun, alergi air mani alias hipersensitivitas plasma mani, adalah reaksi alergi langka terhadap protein yang ditemukan dalam air mani yang dapat sebabkan kemerahan bengkak, nyeri, gatal, dan rasa terbakar di daerah genital, menurut International Society for Sexual Medicine.

Tetapi, pembengkakan setelah berhubungan seks lebih sering terjadi karena hasil dari kepekaan atau alergi tubuh terhadap iritasi umum, seperti produk dengan spermisida (nonoxynol 9), wewangian, lateks, dan obat-obatan vagina.

Untuk mencari tahu apa yang terjadi, cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan adalah menghilangkan salah satu hal yang Moms gunakan dan amati bagaimana tubuh memberikan respon.

Baca Juga: 6 Jenis Umum Infeksi Vagina

3. Infeksi Jamur

cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan-2

Foto: Orami Photo Stock

Infeksi jamur merupakan hal yang ditakutkan oleh beberapa Moms. Biasanya disebabkan oleh berlebihnya jamur candida yang secara alami ditemukan di vagina Moms.

Infeksi jamur vagina ini paling dikenal karena gejala umum seperti rasa gatal yang ekstrim.

Gejala lainnya termasuk nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks, ada sensasi terbakar, kemerahan dan pembengkakan yang membuat vagina terlihat gemuk, meradang, melepuh, ruam kecil, hingga keputihan yang kental dan berwarna putih tanpa bau busuk.

Jika Moms curiga ini adalah pertama kalinya mengalami infeksi jamur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, yang dapat membantu untuk masalah lain untuk memastikan.

Jika itu benar-benar infeksi jamur, dokter dapat meresepkan obat antijamur yang kuat dan bekerja cepat sebagai cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan.

Tetapi, jika Moms pernah mengalami ini sebelumnya dan tahu pembengkakan vagina ini terjadi karena infeksi jamur lagi, maka cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan adalah perawatan obat apotik anti jamur seperti Monistat.

4. Bakteri Vaginosis

Kondisi ini terjadi ketika ada terlalu banyak bakteri tertentu di vagina, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Walaupun serupa dengan gejala infeksi jamur (nyeri, gatal, terbakar, dan peradangan dan pembengkakan), bakteri vaginosis (BV) biasanya menyebabkan keluarnya cairan berwarna abu-abu, tipis, dan berbau amis.

Meski begitu, BV juga bisa asimtomatik, artinya tidak menimbulkan gejala apa pun (selain pembengkakan yang sudah Moms sadari).

Bakteri vaginosis secara teknis dapat hilang tanpa pengobatan apa pun, sesuai CDC.

Tetapi jika Moms mengalami salah satu gejala di atas, periksakan ke dokter, yang dapat meresepkan antibiotik sebagai cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Ciri Vagina Kering dan Pengobatannya

5. Kekeringan atau Atrofi Vagina

cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan-3

Foto: Orami Photo Stock

Berhubungan seks saat Moms menghadapi situasi di mana vagina kering dapat membuat Miss V merah dan bengkak menyakitkan.

Masalahnya bisa jadi akibat pemanasan yang tidak cukup, tetapi kadar estrogen yang rendah karena menopause, perimenopause, menyusui, atau sedang dalam program KB juga dapat menyebabkan kekeringan dan atrofi vagina yaitu penipisan, pengeringan, dan radang pada dinding vagina.

Jika yang terakhir adalah yang terjadi, vagina Moms mungkin juga terasa agak kurus, terkelupas, dan tidak elastis.

Cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan karena kering, mulailah dengan membawa pelumas ke kamar tidur, untuk meningkatkan kelembapan dan mengurangi gesekan penyebab pembengkakan.

Jika itu tidak membantu, pertimbangkan untuk mengunjungi dokter jika kadar estrogen rendah benar-benar penyebabnya, dokter mungkin merekomendasikan pengobatan, seperti mengambil estrogen tambahan.

6. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Infeksi menular seksual menyebabkan "peradangan jaringan" seperti klamidia dan trikomoniasis dapat menyebabkan pembengkakan pada vagina.

Sementara klamidia sering tidak menimbulkan gejala, trikomoniasis adalah penyebab umum dari vulva yang memerah dan bengkak yang juga dapat menyebabkan pendarahan setelah berhubungan seks, iritasi, bau.

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), cairan warna kuning, abu-abu, atau hijau yang mungkin juga berbau amis.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Penyakit Menular Seksual

7. Selulitis

cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan-4

Foto: Orami Photo Stock

Selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawahnya yang dapat menyebabkan kulit menjadi bengkak, merah, dan lunak, menurut U.S. National Library of Medicine (NLM).

Selulitis dapat terjadi ketika bakteri normal yang hidup di kulit masuk melalui luka atau kerusakan pada lapisan dermis Moms, sehingga menyebabkan infeksi kulit.

Jadi meskipun seks tidak menyebabkan pembengkakan ini, sering bergerak tentu dapat memperburuk kondisinya, terutama jika pembengkakan terus meningkat artinya infeksi menyebar.

Tanda-tanda selulitis lainnya? Demam, mual, muntah, dan kulit terasa hangat saat disentuh, kencang, berkilau, atau meregang. Cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan ini termasuk penggunaan antibiotik serta kompres hangat.

Setelah mengetahui beberapa penyebab serta cara mengatasi Miss V bengkak setelah berhubungan, apabila keluhan ini masih mengganggu maka Moms sebaiknya segera menemui dokter untuk kepastian pengobatan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait