Fashion & Beauty

2 April 2021

7 Cara Merawat Rambut, Dari yang Ikal Hingga Ketombean

Bagaimana cara merawat rambut dengan tepat? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Adeline Wahyu

Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga kesehatannya. Cara merawat rambut sangat bergantung pada setiap kebiasaan yang Moms lakukan.

Perlu dipahami, setiap wanita memiliki jenis rambut yang berbeda-beda.

Ada yang berambut keriting, lurus, dan ikal bergelombang. Masalah rambut yang dihadapi pun akan berbeda pula. Ada yang bermasalah dengan ketombe, kerontokan rambut, kulit kepala berminyak, atau justru rambut yang kering dan bercabang.

Namun, tenang saja, Moms. Setiap permasalahan rambut pasti mempunyai solusinya masing-masing.

Kali ini, Orami akan membahas secara lengkap cara merawat rambut yang sering bermasalah. Jika dilakukan secara konsisten, maka hasilnya adalah rambut yang sehat, indah, dan berkilau. Yuk, kita simak ulasannya!

Baca Juga: Ini 4 Produk Wajib Punya untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Keriting dan Ikal

Pemilik rambut keriting dan ikal pasti sering mengalami masalah rambut yang megar, kusut, dan susah diatur. Belum lagi apabila ujung-ujung rambutnya bercabang yang membuat kurang percaya diri.

Cara merawat rambut keriting dan ikal tentunya berbeda dengan rambut lurus, yang cenderung lebih mudah diatur.

Nah, berikut ini tiga tahapan yang bisa Moms lakukan sebagai cara merawat rambut yang ikal.

1. Memilih Sampo yang Tepat

Memilih Sampo yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut keriting yang paling utama, yaitu memilih sampo yang tepat. Dikutip dari Indian Journal of Dermatology, sampo berguna untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran dan polutan lingkungan lainnya, sebum, keringat, dan residu berminyak lainnya.

Dilansir dari WebMD, carilah produk sampo yang mengandung minyak-minyak alami, seperti minyak zaitun, argan oil, glycerin, sorbitol, atau shea butter. Namun, hindari menggunakan sampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum, yang akan merusak kelembapan rambut.

Hindari juga menggunakan sampo yang mengandung sulfat karena dapat membuat kulit kepala menjadi kering, kasar, dan rentan patah. Selain itu, pastikan untuk menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut. Namun, hindari memakai kondisioner pada kulit kepala, ya!

Teknik keramas nyatanya juga menjadi cara merawat rambut keriting dan ikal yang harus diperhatikan. Bagaimana teknik keramas yang baik dan benar?

“Hindari keramas dengan gerakan memutar karena bisa membuat rambut semakin kusut. Lakukan teknik keramas dengan gerakan maju dan mundur. Keramas dengan perlahan dan tidak perlu tergesa. Hindari juga mengumpulkan rambut keriting pada satu titik,” ujar Jason Hallman, penata rambut asal New York dan anggota dari Curl Advisory Board.

Nah, hal penting lainnya yang perlu diingat mengenai cara merawat rambut keriting dan ikal, yaitu hindari keramas setiap hari karena akan mempersulit untuk mempertahankan kelembapannya.

Lantas, apa yang terjadi saat Moms keramas setiap hari? Singkatnya, sampo akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Hasilnya, rambut dan kulit kepala akan semakin kering. Untuk itu, sebaiknya jangan keramas setiap hari, ya, Moms.

2. Gunakan Hair Oil

Gunakan Hair Oil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms punya rambut keriting dan ikal yang sulit diatur dan megar tidak karuan? Tidak perlu khawatir, cara merawat rambut yang bisa Moms coba adalah menggunakan hair oil. Produk perawatan rambut satu ini mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

“Sama halnya dengan kulit, kita membutuhkan minyak untuk menata rambut agar lebih sehat dan kuat. Hair oil akan melumasi kutikula luar dan memperkuat inti dalam rambut dengan memberikan kelembapan ekstra,” ungkap Jasmine Merinsky, penata rambut asal Toronto.

Lalu, bagaimana cara menggunakan hair oil dengan tepat? Nah, Moms bisa menggunakannya sebelum keramas.

Coba gunakan hair oil secara rutin sebelum keramas untuk menjadikan rambut keriting lebih halus, lembut, sehat, dan juga mudah diatur.

Caranya, aplikasikan hair oil pada seluruh area rambut sambil pijat dengan lembut sesekali area kulit kepala. Kemudian, tutup rambut dengan menggunakan handuk hangat, dan diamkan selama 15-30 menit. Lalu, bilas dan bersihkan dengan menggunakan sampo.

Selain mampu menjinakkan rambut yang megar dan sulit diatur, hair oil juga dapat mendukung pertumbuhan rambut. Ketika Moms memijat rambut, maka secara tidak langsung akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

3. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Rutin Menggunakan Masker Rambut

Foto: Orami Photo StockFoto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut keriting dan ikal berikutnya, yaitu dengan rutin menggunakan masker rambut. Hal ini wajib dilakukan, terlebih lagi apabila Moms memiliki rambut yang diwarnai atau sering terkena alat-alat styling rambut, seperti catokan dan hair dryer.

Perawatan rambut dengan masker rambut tidak perlu harus selalu dilakukan di salon. Banyak alternatif masker rambut alami yang dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Di antaranya, yaitu:

  • Masker rambut dari minyak kelapa, mampu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi rambut yang kusut.
  • Masker rambut dari avokad, terbukti mampu menutrisi kulit kepala, serta membuat rambut tampak lebih sehat, berkilau, dan terhidrasi dengan baik. Avokad juga mengandung biotin, yang akan menjaga pertumbuhan rambut lebih sehat.
  • Masker rambut dari madu, yang akan melembutkan rambut dan mengatasi kulit kepala kering. Madu juga berguna untuk mengurangi rambut yang pecah-pecah dan menjadikan rambut lebih berkilau.
  • Masker rambut dari lidah buaya (aloe vera), yang berguna untuk mengatasi rambut yang kasar. Lidah buaya juga memiliki sifat antiinflamasi yang akan mengurangi iritasi kulit kepala, memperkuat rambut, dan menutrisi kulit kepala.
  • Masker rambut dari minyak zaitun murni (extra virgin olive oil), kaya antioksidan dan mengandung vitamin E yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut secara merata.

Itulah pilihan cara merawat rambut keriting dan ikal yang bisa Moms tiru. Ingat, rambut keriting dan ikal tetap dapat tampil cantik, sehat, dan berkilau.

Lalu, bagaimana dengan masalah rambut rontok dan lainnya? Simak ulasan berikutnya, ya, Moms!

Baca Juga: Ternyata 6 Kondisi Rambut Ini Cerminkan Kondisi Kesehatan Kita Lho!

Cara Merawat Rambut Rontok

Cara merawat rambut rontok memang tergolong gampang-gampang susah. Tapi, ada satu hal yang wajib Moms tahu bahwa rambut memang akan rontok secara alami.

Hal ini dikutip dari American Academy of Dermatology, yang mengungkapkan bahwa rambut rontok 50-100 rambut per hari masih tergolong wajar.

Hal ini karena rambut baru akan terus tumbuh dan melepaskan rambut yang lama. Namun, kerontokan rambut yang tidak wajar ketika tidak ada rambut baru yang tumbuh dan terdapat kebotakan dini.

Nah, berikut ini cara merawat rambut rontok yang dapat Moms ikuti:

4. Mencukupi Nutrisi dalam Tubuh

Mencukupi Nutrisi dalam Tubuh.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Ada berbagai jenis produk sampo, serum, tonic, dan vitamin rambut yang mengklaim mampu mengatasi rambut rontok. Menggunakan produk-produk tersebut sebenarnya tidak salah, Moms. Namun, ada hal yang keliru dan tidak disadari.

Sebenarnya cara merawat rambut rontok harus dimulai dari dalam, yaitu mencukupi nutrisi dalam tubuh. Kekurangan gizi dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang Moms konsumsi hingga suplemen-suplemen yang sekiranya bisa mengatasi rambut rontok. Pertanyaan berikutnya, makanan apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi rambut rontok?

Pertama, cukupkan asupan biotin sebagai cara merawat rambut rontok. Asupan biotin paling mudah bisa didapatkan dari telur. Telur juga menjadi sumber protein yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, sebab folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein.

Selain itu, biotin dalam telur juga penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin. Moms juga dapat mengonsumsi suplemen biotin sebagai asupan nutrisi tambahan untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Kedua, cukupkan asupan vitamin C setiap harinya. Mengapa demikian? Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga menghasilkan kolagen, yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kulit.

Ada banyak asupan vitamin C yang mudah Moms temukan, yaitu buah-buahan citrus, bayam, kubis, kale, paprika, atau suplemen yang mendukung.

Ketiga, nutrisi-nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk mengatasi rambut rontok, seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, kalsium, dan vitamin B. Nah, dengan mencukupkan asupan nutrisi ini setiap hari, maka rambut Moms akan jauh lebih sehat dan kuat.

5. Kurangi Penggunaan Hair Styling

Kurangi Penggunaan Hair Styling

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut rontok berikutnya, yaitu mengurangi penggunaan hair styling. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hair styling rambut dapat membuat tampilan lebih indah. Namun, kebiasaan menggunakan hair styling yang berlebihan akan merusak rambut.

Rambut jadi lebih mudah patah dan rontok, serta dapat menjadi kering dan akhirnya rusak. Hal ini karena selama proses penataan rambut, rambut Moms akan menghadapi suhu panas yang tinggi. Lama-kelamaan, rambut menjadi kehilangan kelembapan alaminya.

Coba kurangi kebiasaan ini dengan hal-hal sederhana, seperti mengeringkan rambut tanpa menggunakan hair dryer. Atau mengurangi intensitas memakai catokan di luar acara-acara penting. Adapun cara merawat rambut yang sering terkena hair styling rambut, yaitu memakai masker rambut atau scrub rambut agar tetap terjaga kelembapannya.

Selain itu, selama rambut Moms masih rontok, sebaiknya hindari proses pewarnaan rambut. Sebab, rambut yang diwarnai akan lebih mudah kering dan patah. Bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut juga bisa merusak rambut.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Kesalahan Mencatok yang Dapat Merusak Rambut

Cara Merawat Rambut Berminyak dan Ketombean

Masalah berikutnya yang sering terjadi, yaitu rambut berminyak dan ketombean. Cara merawat rambut dengan masalah seperti ini memang cukup tricky, ya.

Namun, tidak perlu bingung, berikut ini cara merawat rambut berminyak dan ketombean yang bisa Moms coba:

6. Membilas Rambut dengan Bersih

Membilas Rambut dengan Bersih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat rambut ini sering dilupakan, padahal sangat penting, lho! Ketombe sering terjadi karena malas membilas rambut saat mandi. Hal ini kemudian menyebabkan penumpukan sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya di kulit kepala.

Pemilihan sampo juga bergantung pada jenis rambut masing-masing. Jika Moms memiliki rambut berminyak dan ketombe, pastikan memilih sampo yang sesuai.

Untuk itu, Moms dapat menyisir rambut dengan sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Tujuannya, untuk membilas sisa-sisa produk perawatan rambut yang digunakan. Selain itu, hindari berbaring atau bahkan tidur dengan rambut yang masih lembap.

Kebiasaan ini menyebabkan jamur mudah tumbuh di kulit kepala. Maka dari itu, pastikan rambut kita kering sebelum tidur agar bisa terbebas dari ketombe, rambut berminyak, dan gatal-gatal di area kepala.

Baca Juga: Cara Sederhana untuk Perawatan Rambut Berminyak

7. Hindari Kebiasaan Menyentuh Rambut

Hindari Kebiasaan Menyentuh Rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebagian wanita sering menyentuh atau bermain dengan rambutnya. Nah, tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut berminyak. Ketika rambut berminyak, maka lebih mudah mengalami ketombe yang menyebabkan rasa gatal tidak karuan.

Gerakan-gerakan seperti menggaruk atau menyisir rambut terlalu sering juga bisa merangsang kelenjar minyak lebih banyak. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini sebagai cara merawat rambut ketombe dan berminyak, ya, Moms!

Itulah ulasan tentang cara merawat rambut yang sesuai dengan permasalahan Moms saat ini. Coba tulis di kolom komentar, cara merawat rambut apa lagi yang diinginkan?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait