Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Rupa-rupa | Jan 30, 2018

Catat Waktu dan Tempatnya! 7 Lokasi untuk Melihat Gerhana Bulan Total di Jakarta

Bagikan


Menyaksikan fenomena alam seperti gerhana seringkali mengundang rasa penasaran banyak orang. Misalnya, fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 pukul 17.00 sampai 23.00 malam.

Fenomena langka ini diprediksi akan berlangsung selama lebih kurang 1 jam 16 menit dan tentu membuat banyak sekali orang yang ingin menyaksikannya, termasuk Moms mungkin salah satunya.

Nah, untuk memfasilitasi para masyarakat yang penasaran untuk melihat fenomena gerhana bulan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI akan membuka lokasi wisata untuk warga menyaksikan gerhana bulan total (GBT).

Kira-kira dimana sajakah lokasi tersebut? Mari simak ulasannya berikut, siapa tahu Moms dan keluarga ingin menyaksikan gerhana bulan total dengan lebih jelas:

1. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Catat Waktu dan Tempatnya! 7 Lokasi untuk Melihat Gerhana Bulan Total di Jakarta

Lokasi pertama yang disediakan Pemprov DKI adalah planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM). Planetarium di TIM ini merupakan planetarium tertua di Indonesia. Sehari-harinya, sarana wisata pendidikan ini menyajikan peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit.

2. Tugu Monas

monas, monumen nasional jakarta, tempat melihat gerhana bulan

Selanjutnya, bagi Moms yang ada di daerah Jakarta Pusat mungkin bisa memilih Tugu Monumen Nasional (Monas) sebagai tempat untuk menyaksikan gerhana bulan total. Monumen peringatan setinggi 132 meter ini, didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia.

3. Perkampungan Budaya Betawi

Untuk daerah Jakarta Selatan, Pemprov DKI menyediakan perkampungan budaya betawi. Lokasi perkampungan budaya ini terletak di Setu Babakan, Lenteng Agung. Tempat ini merupakan area yang dijaga untuk menjaga warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Jakarta yang Jarang Diketahui

4. Taman Fatahillah

taman fatahillah, museum fatahillah, tempat untuk melihat gerhana bulan di jakarta

Lokasi berikutnya adalah Taman Fatahillah yang merupakan sebuah lapangan yang berada di kawasan pusat Kota Tua Jakarta. Di tempat ini berdiri beberapa bangunan tua seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Kantor Pos Kota, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

5. Kepulauan Seribu

Catat Waktu dan Tempatnya! 7 Lokasi untuk Melihat Gerhana Bulan Total di Jakarta

Lokasi yang satu ini cocok bagi Moms yang mungkin ingin sekalian melepas penat dari kemacetan Jakarta. Karena di wilayah ini Moms tentu harus menyebrang pulau terlebih dahulu, meski jauh namun tetap menyenangkan tentunya.

6. Taman Mini Indonesia Indah

tmii, taman mini indonesia indah, tempat melihat gerhana di jakarta

Tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Timur ini rupanya juga menjadi salah satu tempat yang ditunjuk oleh Pemprov DKI untuk memfasilitasi masyarakat melihat gerhana bulan total. Selain memang benar-benar luas, di TMII ini sendiri terdapat banyak anjungan dari beberapa wilayah di Indonesia. Moms pun bisa sekaligus mengedukasi Si Kecil di sana.

7. Taman Impian Jaya Ancol

Lokasi terakhir mungkin diperuntukkan bagi Moms yang berada di wilayah Jakarta Utara, objek wisata ini menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui hiburan berkualitas yang mengandung seni, budaya dan pengetahuan.

Namun, meski telah ditetapkan namun belum ada kepastian apakah nantinya akan ada biaya untuk memasuki lokasi-lokasi tersebut atau memang digratiskan untuk umum. Kalau Moms sendiri kira-kira ingin menyaksikan gerhana bulan darimana?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.