Kesehatan

KESEHATAN
14 April 2021

Ini Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh, Catat Moms!

Jangan menggaruk luka ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ciri-ciri luka sunat mau sembuh wajib diketahui agar Moms memahami kondisi Si Kecil. Apakah ciri-ciri luka sunat mau sembuh benar dialaminya? Atau malah bisa menjadi infeksi?

Agar tidak salah, Moms juga perlu mengetahui tanda-tanda luka yang akan sembuh nih, Moms.

Kulit adalah bagian paling luar tubuh, sering sekali kulit bisa terluka akibat kecelakaan kecil, seperti luka bakar ataupun luka akibat pengobatan seperti operasi. Proses penyembuhan luka pun berbeda-beda pada setiap orang.

Akan butuh waktu yang lebih lama pada orang-orang yang memiliki penyakit dalam seperti diabetes dan anemia karena produksi darah baru akan sulit terjadi karena penyakit tersebut.

Saat luka masih dalam keadaan setengah kering, biasanya akan terasa sangat gatal dan ingin sekali menggaruk area luka tersebut. Tapi beberapa orang berpendapat, tanda luka akan sembuh ditandai oleh rasa gatal di sekitar luka.

Sebelum mengetahui ciri-ciri luka sunat mau sembuh, yuk ketahui bagaimana tanda luka yang mulai sembuh!

Rasa Gatal Tanda Luka Akan Sembuh

ciri-ciri luka sunat mau sembuh

Foto: Orami Photo Stock

Jawabannya adalah bisa ya dan bisa tidak. Mengapa? Rasa gatal bisa terjadi di area luka karena kulit sedang memperbaharui jaringannya, sehingga kulit terluar akan terasa sangat kering dan kulit di bawahnya akan mengalami peregangan dan memproduksi zat kimia alamiah bernama histamin.

Baca juga: Cacing Ditemukan dalam Sarden Kalengan, Apa Bahayanya Jika Tertelan?

Histamin adalah zat yang keluar dari dalam tubuh secara alamiah yang bisa menjadi obat alami untuk menahan risiko infeksi dan alergi. Biasanya zat ini akan diproduksi oleh sel manusia yang sehat, dan bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Karena sifatnya menekan rasa sakit dari luka, histamin sering menimbulkan efek gatal pada kulit.

Menggaruk-garuk area di sekitar luka akan memberikan efek puas dan menyenangkan, tapi tahukah Moms? Menggaruk luka hanya mengganggu produksi jaringan kulit baru, bisa menimbulkan pendarahan, dan rasa nyeri, sehingga akan memperlambat penyembuhan luka. Sebaiknya tahan diri untuk tidak menyentuh bagian luka apabila menimbulkan reaksi gatal.

Baca juga: Polisi Temukan Makanan Anak Kedaluwarsa di Tambora, Ini Bahayanya Jika Dimakan

Cara Tepat untuk Menangani Luka Agar Cepat Sembuh

ciri-ciri luka sunat mau sembuh

Foto: Orami Photo Stock

  • Jaga kebersihan area luka pada kulit. Jika dokter menganjurkan pakai perban, gantilah perban sehari sekali. Gunakan alkohol untuk mensterilkan area bekas luka.
  • Makan makanan yang tinggi protein. Baik protein hewani dan protein nabati. Ini akan mempercepat membantu pembentukan jaringan baru pada luka.
  • Berjemur di panas matahari pagi (di bawah jam 8 pagi) , karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang baik sebagai antibakteri dan inflamasi juga terhindari dari infeksi.
  • Kontrol secara berkala luka yang memang butuh perhatian khusus, seperti luka bekas operasi, luka akibat kecelakaan kepada dokter spesialis.
  • Batasi aktivitas fisik yang berat seperti mengangkat beban atau mendorong benda yang besar akan memperlambat penyembuhan luka. Sebaiknya hindari dulu aktivitas seperti itu.

Lalu, bagaimana dengan luka sunat? Apakah ciri-ciri luka sunat mau sembuh sama dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan? Ini dia!

Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh

ciri-ciri luka sunat mau sembuh

Foto: Orami Photo Stock

Usai membahas mengenai penyembuhan luka di kulit, sekarang saatnya membahas yang lebih spesifik yakni ciri-ciri luka sunat mau sembuh. Nah, sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri luka sunat yang mau sembuh itu?

Ternyata, ada 3 tahap penyembuhan luka pada sunat nih, Moms! Sebelumnya, mari kita ketahui mengenai sunat terlebih dahulu.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Circumcision: Pros and cons, sunat adalah prosedur bedah kuno yang sudah berjalan selama lebih dari 15.000 tahun. Hal tersebut diketahui dari relief dinding yang berada di mesir.

Sementara itu sunat sendiri sudah dilakukan selama 5.000 tahun lamanya di Afrika Selatan. Sementara itu, Timur Tengah yang saat ini memiliki populasi padat sudah melakukan prosesi ini selama kurang lebih 3.000 tahun lamanya.

Faktanya, sebanyak 20 persen dari semua pria di seluruh dunia sudah disunat dengan rasio yang berbeda di berbagai macam negara. Nah karena sunat diwajibkan oleh agama Islam, tentunya Moms perlu melakukan prosesi ini untuk Si Kecil kelak.

Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri luka sunat mau sembuh agar kita mengetahui sudah melakukan perawatan yang benar? Ini dia!

1. Fase Awal Penyembuhan Sunat

Usai tindakan sunat dilakukan, tentunya penis Si Kecil akan terasa tidak nyaman. Jadi, Moms sebisa mungkin memaklumi jika ia menjadi lebih rewel atau lebih sering mengeluh.

Biasanya ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Si Kecil pun akan disertai gejala seperti nyeri, penis yang terlihat membengkak, dan pada bayi akan hadir kerak di sekitar area jahitan.

Jadi, jika Moms melihat ada 3 tanda di atas yang dialami Si Kecil, Moms tidak perlu panik, ya! Gejala yang sudah diseubatkan di atas adalah hal normal dan akan reda dalam beberapa hari ke depan.

Nah, dalam beberapa kasus, meski tidak bisa disebut sering, penis akan mengalami sedikit perdarahan. Namun, Moms perlu mengunjungi dokter jika penis mengalami perdarahan yang tak kunjung berhenti selama 24 jam pasca operasi dilakukan.

2. Fase Luka Mulai Kering

Pada tahap ini, Moms bisa melihat luka sunat yang mulai mengering.

Jika luka bekas sunat terlihat berair, Moms jangan langsung panik ya. Luka bekas sunat memang pada awalnya akan mengalami fase demikian.

Luka sunat sendiri pada umumnya akan sembuh sendiri setelah beberapa minggu.

Nah, jika Moms menemukan luka penis bernanah, hal tersebut adalah indikasi terjadinya infeksi. Ketika hal ini terjadi, Moms perlu langsung membawa Si Kecil ke dokter ya!

Perlu diingat bahwa tubuh memiliki caranya sendiri untuk menyembuhkan luka. Jadi, ketika luka yang tadinya basah, bisa mengering seiring berjalannya waktu asal kebersihannya tetap dijaga dengan baik.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Sunat Bayi

3. Fase Pemulihan

Jika Si Kecil sudah berhasil melewati fase luka yang mulai kering, kini ia berada di fase pemulihan. Nah ini adalah ciri-ciri luka sunat mau sembuh yang paling mudah diidentifikasi dan ditunggu-tunggu.

Fase pemulihan sendiri adalah fase yang terakhir. Dalam kondisi ini, biasanya luka sudah benar-benar kering dan penis pun akan terlihat bersih.

Meski demikian, ada sebagian orang yang memiliki keloid saat tahap pemulihan sunat terjadi. Asian Journal of Andrology mengungkapkan, keloid adalah jaringan yang memiliki tekstur tebal pada area kulit penis yang mengalami luka.

Nah, jika hal ini terjadi, keloid bisa menimbulkan masalah pada laki-laki. Ia akan merasa kesulitan saat melakukan penetrasi hingga mengalami tekanan psikologis.

Untuk mengatasi keloid sendiri memerlukan tindakan operasi. Dengan catatan, keloid yang dimiliki cukup tebal ya, Moms.

Nah, itu tadi informasi mengenai ciri-ciri luka sunat mau sembuh. Jika ciri-ciri luka sunat mau sembuh tidak ditemukan pada Si Kecil, jangan lupa untuk segera memeriksakannya ke dokter!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait