Fashion & Beauty

15 Juli 2021

Bingung Pilih Creambath, Hair Mask, atau Hair Spa? Ini Dia Perbedaannya!

Pilih perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan rambut Moms ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms adalah wanita yang rajin merawat rambut, tentu Moms sangat familiar dengan beberapa jenis perawatan rambut seperti creambath, hair mask, dan hair spa. Pasti Moms sering merasa bingung, apa perbedaan creambath, hair mask, dan hair spa bukan.

Beberapa perawatan rambut seperti creambath, hair mask, serta hair spa adalah salah satu cara menjaga kesehatan rambut. Gunanya mulai dari mencegah rambut menipis hingga rambut rontok.

Bukan rahasia umum lagi bahwa faktanya banyak pria dan terutama wanita seperti Moms menginginkan rambut tebal dan sehat. Untuk itu, banyak yang berusaha menggabungkan berbagai solusi perawatan rambut seperti creambath, hair mask, dan hair spa.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Pentingnya Perawatan Rambut

perawatan rambut

Foto: riverdayspa.com

Dikutip dari 3 Benefits of, survei terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen wanita tidak puas dengan rambut mereka. Lalu mengapa creambath, hair mask, dan hair spa penting serta berdampak besar pada suasana hati dan harga diri seseorang?

Menurut beberapa ahli, selain mata dan senyuman, rambut adalah alasan dari banyaknya pujian yang didapat seorang wanita. Senyuman dan mata memang tidak mudah diubah, tetapi rambut justru kebalikannya. 

Melakukan creambath, hair mask, dan hair spa adalah upaya membersihkan kulit kepala secara teratur untuk menghindari kerusakan atau hadirnya ketombe. Ini semakin penting penting bagi Moms tang yang memiliki rambut tipis atau mengalami kerontokan rambut. 

Merawat rambut dengan creambath, hair mask, dan hair spa juga bisa mencegah rambut bercabang. Selain itu, masker rambut yang merupakan bagian dari perawatan hair mask, dan hair spa adalah salah satu cara untuk memberi makan serta vitamin rambut. 

Baca Juga: Agar Rambut Tak Rusak, Cari Tahu Tata Cara Keramas yang Baik Berikut Ini!

Pengertian Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

perawatan rambut

Foto: timeoutdubai.com

Banyak diantara Moms mungkin tidak tahu apa perbedaan creambath, hair mask, dan hair spa. Banyak orang sudah akrab dengan creambath karena perawatan rambut yang satu ini memang sudah lama dikenal masyarakat.

Namun,bagaimana dengan hair spa dan hair mask?  Apakah kedua jenis perawatan rambut ini memiliki khasiat yang sama dengan creambath? Perbedaan mendasar antara ketiga jenis perawatan rambut ini terletak pada fungsinya.

Sementara creambath berfungsi untuk merawat akar rambut, hair spa dan hair mask berfungsi untuk merawat batang rambut.

1. Creambath

Pengertian creambath.jpeg

Foto: indoindians.com

Fungsi creambath adalah memberikan vitamin untuk membantu memperkuat akar rambut dan menjaga kesuburan rambut. Perawatan creambath biasanya termasuk pijat kepala.

Melalui pijatan diharapkan kandungan vitamin di dalam krim yang masuk melalui pori-pori kulit kepala dapat menuju akar rambut. Efek lain yang didapat dari pijatan krim saat creambath adalah melancarkan peredaran darah di kepala sehingga nutrisi rambut mudah diserap agar nutrisi rambut mudah terserap.

Agar penyerapan di kepala dapat maksimal, biasanya Moms yang creambath diberi uap untuk membuka pori-pori kulit kepala. Saat creambath, pemijatan adalah fokus utamanya.

Selain melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan akar rambut, pemijatan juga akan merangsang pertumbuhan rambut, oleh karena itu teknik yang dilakukan tidak boleh sembarangan.

Penelitian menunjukan bahwa pijat kulit kepala standar dapat membantu meningkatkan ketebalan rambut dengan mendorong kekuatan peregangan ke sel papilla dermal di jaringan subkutan.

Teknik pemijatan yang baik saat creambath adalah dengan menggunakan ujung jari. Posisikan jari-jari tangan seolah-olah memegang bola kecil, kemudian tekan kepala dengan lembut menggunakan gerakan memutar.

Untuk merangsang folikel atau tempat tumbuh rambut di kulit kepala, tarik perlahan akar rambut. Ketuk ringan pada kulit kepala dengan kepalan Terakhir, tekan bagian tengah kepala (mulai dari atas ke bawah) menggunakan jari-jari dengan gerakan melingkar.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Creambath di Salon?

2. Hair Spa

Hair spa.jpeg

Foto: hindustantimes.com

Seperti perawatan spa lainnya, hair spa merupakan perawatan rambut yang meremajakan dengan manfaat uniknya. Hair spa dapat membuat Moms menjadi rileks dan membuat rambut Moms tampak berkilau dan terasa lembut.

Perawatan hair spa juga membantu mengurangi efek polusi, kotoran dan sinar matahari, sekaligus memperkuat rambut.

Tahukah Moms bahwa Moms bisa mengatasi sebagian besar masalah rambut dan kulit kepala dengan merawat rambut melalui hair spa?  Perawatan hair spa adalah solusi yang sangat efektif untuk masalah ramput pada umum, yaitu:

  • Rambut rusak
  • Rambut tipis
  • Rambut rontok
  • Rambut kering dan kusam
  • Rambut kasar
  • Kulit kepala kering dan gatal
  • Pertumbuhan rambut lambat
  • Ketombe
  • Kulit kepala berminyak

Oleh karena itu, biasanya hair spa disertai pemberian vitamin atau serum. Misalnya hair spa yang disertai pemberian vitamin E untuk ramburt.

Sebuah percobaan kecil dari 2010 menemukan bahwa suplemen vitamin E meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami kerontokan rambut. Sifat antioksidan vitamin tersebut diduga membantu mengurangi stres oksidatif di kulit kepala. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan rambut rontok.

3. Hair Mask

Pengertian hair mask.png

Foto: byrdie.com

Moms mungkin pernah mendengar atau mungkin mencoba masker wajah. Sama seperti masker wajah yang berfungsi menutrisi dan melembabkan kulit, masker rambut bekerja dengan cara yang sama untuk meningkatkan kondisi dan kesehatan rambut.

Masker rambut juga bisa disebut sebagai perawatan pengkondisian dalam atau kondisioner rambut intensif. Yang membedakannya dengan kondisioner instan adalah bahan hair mask biasanya lebih pekat dan masker dibiarkan lebih lama di rambut yaitu mulai dari 20 menit hingga beberapa jam.

Banyak jenis hair mask yang bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mungkin sudah Moms miliki di dapur, seperti pisang, madu, atau bahkan kuning telur. Atau, jika Moms tidak ingin repot membuatnya sendiri, ada banyak jenis masker rambut siap pakai yang bisa Moms beli di toko.

Baca Juga: Cara Membuat 11 Masker Rambut untuk Menghilangkan Ketombe dari Bahan Alami, Ampuh!

Perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa 

perawatan rambut

Foto: herzindagi.com

Di Indonesia, creambath merupakan salah satu perawatan rambut favorit, terutama untuk wanita. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, istilah creambath sebenarnya mengacu pada perawatan rambut yang mencakup aplikasi krim rambut, penguapan rambut, dan pijatan ringan pada kulit kepala, leher, dan bahu.

Namun, ada kemungkinan perawatan ini tidak bisa Moms temukan di negara lain di luar Indonesia. Faktanya, creambath adalah perawatan yang sebenarnya diciptakan oleh Rudy Hadisuwarno, salah satu maestro salon di Indonesia. 

Lalu ketika harus memilih antara creambath, hair mask, dan hair spa, pastikan Moms tetap tahu perbedaan detail fungsi dan prosesnya antara creambath, hair mask, dan hair spa.

1. Creambath

Fungsi creambath.jpeg

Foto: numehair.com

Fungsi:

  1. Untuk melembutkan tekstur rambut sekaligus memperlancar peredaran darah di sekitar kepala, leher dan bahu
  2. Untuk memperkuat helai rambut dan memberi efek relaksasi.

Proses:

  1. Setelah keramas, krim creambath dioleskan ke rambut dan kulit kepala.
  2. Kulit kepala kemudian dipijat untuk meningkatkan penyerapan krim creambath. Pijat tambahan ke leher dan bahu juga biasanya ditawarkan.
  3. Rambut kemudian disteam atau ditutup dengan handuk panas selama sekitar 10-15 menit.
  4. Perawatan selesai dengan mencuci dan mengeringkan rambut.

Baca Juga: 8 Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja, Waspadai Gangguan Autoimun!

2. Hair Mask

Fungsi hair mask.jpeg

Foto: evalectric.com

Fungsi: 

  1. Masker rambut adalah perawatan rambut untuk lebih banyak rambut rusak yang tidak dapat dirawat dengan creambath atau hair spa.
  2. Untuk mengatasi rambut rapuh yang kering dan pecah-pecah.
  3. Jika rambut diwarnai, rambut diluruskan, atau rambut dikeriting, sebaiknya lakukan perawatan hair mask dua kali dalam sebulan.
  4. Mengatasi rambut lembab karena polusi udara.
  5. Efek dari hair mask adalah rambut tidak mudah patah, tidak kering, dan menjadi lebih berkilau.

Proses:

  1. Setelah keramas, masker rambut dioleskan hanya pada helai rambut tanpa dipijat.
  2. Pemijatan dan pemakaian steam juga tidak dilakukan pada hair mask karena akan menambah rambut rontok.
  3. Perawatan selesai dengan mencuci dan mengeringkan rambut.

3. Hair Spa

Fungsi hair spa.jpeg

Foto: dannyjelaca.com

Fungsi:

  1. Hair spa mirip dengan creambath, tetapi hair spa diformulasikan dengan lebih banyak vitamin dan nutrisi lainnya.
  2. Hair spa dapat merawat rambut kering, kusam, dan kusut yang disebabkan oleh curling iron atau pengering rambut dan bahan kimia yang keras pada produk tata rambut.
  3. Selain vitamin, terdapat juga serum yang di campur ke dalam krim. Serum berguna untuk memaksimalkan perawatan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Proses:

  1. Prosesnya mirip dengan creambath, tetapi dengan sedikit pijatan.
  2. Penguapan biasanya tidak dilakukan di hair spa.
  3. Uap bisa diganti dengan handuk panas untuk penyerapan krim yang maksimal.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

Itulah manfaat secara umum, pengertian, dan juga perbedaan dari segi fungsi dan juga proses antara creambath, hair mask, dan hair spa. Moms harus benar-benar tahu kondisi rambut Moms agar bisa memastikan memilih perawatan rambut creambath, hair mask, atau hair spa.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait