Fashion & Beauty

12 Februari 2020

4 Manfaat Cocoa Seed Butter pada Skincare

Bisa menjadi pelembap alami, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Cocoa seed butter atau cocoa butter, adalah lemak murni dan stabil yang ditekan dari biji kakao, mengutip The Spruce Eats. Seperti namanya, cocoa seed butter punya rasa dan aroma kakao.

Produk ini dianggap sebagai lemak nabati, vegan, dan tidak mengandung produk susu, meskipun menggunakan kata "butter" dalam namanya. Ketahui apa saja manfaat cocoa seed butter pada produk skincare.

Manfaat Cocoa Seed Butter

Mengutip Cosmetics Info, cocoa seed butter terkandung dalam produk skincare, produk mandi, wewangian, produk pembersih, riasan mata dan wajah, kondisioner rambut, dan produk untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Ketahui apa saja manfaat cocoa seed butter pada skincare berikut ini.

Baca Juga: Pewarna pada Skincare Bayi, Amankah?

1. Mengatasi Kulit yang Terluka

manfaat cocoa seed butter-atasi radang.jpeg

Foto: everlywell.com

Jika ada bagian kulit yang terbakar, langsung oleskan cocoa seed butter untuk meredakannya.

Namun, pastikan produknya tidak mengandung alkohol, wewangian, atau zat tambahan lain yang dapat membuat kulit meradang.

Cocoa seed butter bahkan cukup lembut untuk digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi eksim, dermatitis dan ruam kulit, selain penggunaan gel lidah buaya atau minyak esensial pohon teh.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat cocoa seed butter-jaga kelembapan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat cocoa seed butter dapat memperlambat hilangnya air dari kulit dengan membentuk penghalang di permukaan kulit, sehingga kelembapan pun tetap terjaga dan kulit tidak mudah mengelupas.

Mengutip Dr. Axe, cocoa seed butter yang terbuat dari biji kakao memiliki kandungan seperti sumber antioksidan alami dan asam lemak, yang mudah diserap dan bertahan di kulit selama berjam-jam.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Berbahaya Saat Program Hamil

3. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

lanolin pada skincare (2).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jurnal Nutrients menunjukkan bahwa cocoa seed butter dapat mencegah dan mengobati penyakit kulit. Selain itu, juga bisa melindungi kulit dari kerusakan yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Ini karena cocoa seed butter mengandung senyawa yang disebut cocoa mass polyphenol, yang pada beberapa penelitian telah ditemukan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Manfaat cocoa seed butter lainnya juga termasuk dapat menenangkan kulit sensitif bagi yang memiliki kondisi kulit dermatitis atau ruam.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi di Musim Panas, Perhatikan Moms!

4. Meredakan Bibir pecah-pecah

manfaat cocoa seed butter-atasi bibir kering dan pecah.jpg

Foto: bendsoap.com

Selain memberikan kebaikan untuk kulit, cocoa seed butter juga bermanfaat dalam meredakan bibir kering dan pecah-pecah. Buat lip balm dengan mencampurnya bersama jeruk, vanila, atau minyak peppermint.

Cocoa seed butter termasuk dalam kelompok emolien, yang menurut National Health Service, produk ini menambahkan lapisan pelindung hidrasi ke bibir.

Sehingga, berguna untuk memblokir efek suhu yang sangat dingin atau panas di dalam ruangan, kerusakan akibat sinar matahari, atau hal-hal lain yang dapat membuat bibir kering.

Itu dia Moms, manfaat cocoa seed butter dalam produk skincare. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait