Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Dipercaya Bisa Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan, Apa Itu Metode Lamaze?

Bagikan


Dipercaya Bisa Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan, Apa Itu Metode Lamaze?

Proses melahirkan memang bukan proses yang mudah. Tenaga dan emosi yang tidak terkendali bisa menyebabkan Moms cepat lelah bahkan menyerah dan mengambil keputusan untuk tidak melakukan persalinan secara normal.

Tentu kita semua tahu ya Moms, memilih persalinan secara normal adalah cara terbaik untuk dilakukan karena masa pemulihan yang lebih cepat sehingga Moms bisa merawat buah hati yang baru lahir dalam jangka waktu yang cepat.

Namun, seringkali kita merasa mulas luar biasa saat kontraksi.

Untuk itu,ada banyak metode untuk mendukung Moms dalam menjalankan proses melahirkan secara normal. Salah satunya adalah metode Lamaze. Apa itu metode Lamaze?

Baca Juga : Bayi Terlilit Tali Pusar, Apakah Bisa Melahirkan Secara Normal?

Mengenal Metode Lamaze

Pada tahun 1920, ilmuwan bernama Velovosky dan Planotov membuat sebuah klaim bahwa metode hipnotis bisa meringankan rasa sakit wanita yang melahirkan.

Tapi, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, metode ini sepertinya kurang praktis untuk dilakukan. Pada tahun 1965 ilmuwan yang bernama F. Lamaze memperkenalkan metode Lamaze di negara Prancis. Tapi metode ini baru popular digunakan diawal tahun 90-an.

Baca Juga : Rencanakan Persalinan Normal Dengan 6 Cara Ini!

Bagaimana Metode Lamaze Dilakukan?

Ada beberapa tahapan metode Lamaze yang diajarkan, yang sangat perlu didukung oleh pasangan dan team support seperti keluarga lainnya, untuk mengalihkan rasa sakit calon ibu dengan aktivitas yang berpusat pada konsentrasi lain, daripada harus berfokus pada rasa sakit semata.

  1. Relaksasi

Perasaan rileks dan tenang memang sulit dibangun apalagi bagi calon Moms yang baru ingin merasakan kelahiran yang pertama kalinya. Ruangan yang mencekam, dan alat-alat bantu yang menambah suasana tegang tidak dapat dipungkiri bisa menambah rasa stress.

Untuk itu, sangat perlu untuk melakukan relaksasi menjelang persalinan. Dengan menyediakan wewangian aroma terapi dan beberapa sugesti positif dari pasangan bisa sedikit membantu.

Jangan ragu untuk menatap mata pasangan Moms, rasa cinta yang tumbuh dari tatapan mata akan mengurangi  kekhawatiran menjelang detik-detik kelahiran. Mengadakan doa bersama anggota keluarga juga bisa menambah sugesti kekuatan bagi Moms.

Baca Juga : Cara Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu Serta Ciri-cirinya

  1. Asosiasi

Metode ini berpusat pada menciptakan daya imajinasi yang menyenangkan sehingga bisa mengalihkan rasa sakit pada tubuh ke energi positif yang bisa memberikan tenaga lebih saat melahirkan normal Moms.

Dengan mengingat-ngingat kejadian yang membuat Anda bahagia, maka tubuh Anda akan menghasilkan endorfin dalam tubuh yang bisa menjadi penawar rasa sakit.

Baca Juga :  Alasan Melahirkan Normal Lebih Diutamakan

  1. Pernafasan

Ini teknik yang sangat penting dan mendasar yang Moms harus kuasai sebelum melahirkan normal. Pernafasan yang kacau membuat detak jantuk Moms lebih cepat, sehingga rasa lelah akan cepat dirasakan di tahap awal-awal melahirkan.

Untuk mengatasinya, Moms biasakan mengatur nafas dengan ritme yang teratur. Sehingga detak jantung normal, dan konsentrasi Moms tidak terfokus lagi dengan rasa sakit, tapi mengatur nafas terus menerus dengan teratur.

Memang, metode Lamaze ini tidak menghilangkan rasa sakit saat melahirkan secara 100persen, tapi dengan tahapan metode tersebut diharapkan Moms bisa mengalihkan rasa sakit ke hal-hal yang lebih positif.

Selamat mencoba!

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.