Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
22 Maret 2021

9 Doa Agar Anak Sholeh, Yuk Amalkan Moms dan Dads!

Panjatkan doa agar anak sholeh ini setiap hari di sepertiga malam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Sejak masih berada dalam kandungan, Moms pasti selalu memberikan doa untuk Si Kecil. Hal itu akan terus berlanjut saat anak sudah lahir ke dunia, tumbuh dan besarnya pun tidak luput dari doa yang salah satunya adalah doa agar anak sholeh yang dipanjatkan setiap hari untuk kebaikannya.

Dari sekian banyak doa yang dipanjatkan, doa agar anak sholeh tentu akan menjadi doa utama yang paling sering dipanjatkan. Sebab, semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang shaleh, cerdas, berakhlak baik dan dapat bertanggung jawab pada urusan dunia dan akhiratnya.

Menurut Journal of Marriage and Family, interaksi orang tua yang positif juga akan bermanfaat bagi anak-anak. Salah satunya saat melihat Moms sering berdoa, itu juga akan dicontoh oleh Si Kecil.

Baca Juga: 5 Bentuk Investasi untuk Pendidikan Anak yang Bisa Moms Lakukan

Doa Agar Anak Sholeh

Doa Agar Anak Sholeh -1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak doa agar anak sholeh yang tertera dalam Alquran, As-sunnah, dan juga yang telah dicontohkan oleh pada nabi terdahulu. Doa itu bisa kembali dibacakan oleh Moms agar mendapatkan anak yang sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa doa itu di antaranya:

1. Doa yang Dicontohkan Oleh Nabi IBrahim

Nabi Ibrahim mencontohkan beberapa doa yang ditujukan untuk anak dan keturunannya, seperti:

  • “Robbij’alni muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a.” artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim: 40).
  • “Råbbi Hablii Minas Shålihiin." artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang sholeh.” (QS As-Shoffat: 100).
  • “Wa idzqōla ibraahiimu Rôbbij’al Hadzal Balada Ãminaw Wajnubnii Wa Baniyya An Na’budal Asnaam.” artinya: “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini aman dan jauhkanlah aku dan anak-anakku dari menyembah berhala’.” (QS Ibrahim: 35).

2. Doa yang Dicontohkan Oleh Nabi Zakariya

Sempat lama tidak memiliki keturunan, nabi Zakariya akhirnya mempunyai anak setelah sekian lama menunggu. Salah satu doanya adalah:

“Robbīī hablīī mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samīī’ud du’aaa’.” artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Al-Furqon: 38).

Baca Juga: Cara Menanamkan Pendidikan Pada Anak di Bulan Ramadan

3. Doa Agar Istri dan Keturunan Menjadi Penyejuk Hati

Doa Agar Anak Sholeh -2

Foto: Orami Photo Stock

“Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyaatina qurrota a’yuni waj ‘alna lil muttaqiina imamaa.” artinya: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqon: 74).

Karena ujian tidak hanya datang dari luar tapi juga dari dalam rumah, doa agar anak sholeh dan istri yang shalihah ini bisa dipanjatkan sebagai sumber kekuatan dalam mendidik seluruh anggota keluarga untuk selalu dalam ketaatan.

4. Doa Agar Anak Berbakti kepada Orang Tua

“Allahumma bariklī fī awladī, wa la tadhurrohum, wa waffiqhum li tho’atika war zuqniy birrohum.” artinya: “Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

5. Doa Agar Anak Sholeh, Hafal Al-qur’an, Sunnah dan Alim

“Allahummaj ‘al awlãdanã awladan sholihīn hãfizhīna lil qur’ani wa sunnati fuqoha a fiddīn mubãrokan hayãtuhum fid dun-ya wal akhirah.” artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

Baca Juga: 5 Aktifitas Tepat Untuk Mendidik Anak Bilingual

6. Doa Agar Anak Sholeh, Alim, dan Faham Agama dengan Benar

Doa Agar Anak Sholeh -3

Foto: Orami Photo Stock

Doa agar anak sholeh ini lebih kepada keinginan agar anak memiliki karakter dan sifat yang baik. “Allahumma faqqih_hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.” artinya: “Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an),” (HR Bukhari).

7. Doa Agar Anak Menjadi Orang yang Pintar

“Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.” artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

8. Doa Agar Anak Cerdas

“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.” artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memiliki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

Selaian mendoakanan anah yang sholeh, doa agar anak cerdas juga diperlukan untuk menopang kehidupannya di dunia agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Doa untuk Bayi Baru Lahir, Yuk Amalkan!

9. Doa Mohon Kebaikan untuk Anak

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.” artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Panjatkan terus doa agar anak sholeh ini agar Allah SWT meridhoi perjalanan Moms dan Dads dalam mendidik dan membesarkan Si Kecil.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait