Kesehatan

KESEHATAN
27 Januari 2020

4 Fakta Terbaru Virus Corona Novel, Belasan Negara Terinfeksi Hingga Isu Konspirasi

Peneliti masih belum menemukan sumber virusnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Hingga kini, virus Corona novel sudah menjangkiti lebih dari 2.000 orang yang tersebar di berbagai negara, mengutip situs Center for Systems Science and Engineering (CSSE) JHU.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuliskan, bahwa jenis virus Corona yang berasal di China bukan merupakan virus yang sudah dikenal. Karena itu, untuk sementara virus Corona ini dinamakan novel coronavirus (2019-nCoV).

Baca Juga: Ketahui Pengobatan Virus Corona dan Langkah Pencegahannya

Fakta Virus Corona Novel Terbaru

Dengan banyaknya pembahasan tentang virus Corona, berikut ini fakta-fakta virus Corona novel terbaru yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ada 13 Negara yang Sudah Terinfeksi

fakta virus Corona novel terbaru-2.jpg

Foto: heavy.com

Pada situs yang dibuat oleh CSSE JHU, sebanyak 2.118 orang yang telah terinfeksi virus Corona berasal dari 15 negara yang berbeda. Tidak hanya di Asia, virus ini juga sudah menyebar hingga ke Eropa.

Beberapa negara yang sudah terjangkit virus ini yaitu: China (termasuk Hong Kong dan Macau), Thailand, Amerika Serikat, Perancis, Australia, Jepang, Nepal, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Vietnam, Kanada, dan Taiwan.

2. Dianggap Merupakan Virus yang Bocor dari Laboratorium

fakta virus Corona novel terbaru-1.jpg

Foto: politifact.com

Maraknya pemberitaan tentang virus Corona novel juga memicu beberapa pihak yang menyebarkan isu konspirasi terkait munculnya virus ini.

Mengutip USA Today, banyak unggahan yang mengklaim bila virus ini dibuat di laboratorium dan telah dipatenkan, dan sesungguhnya vaksin untuk melawan virus Corona novel sudah ada.

Tetapi, Centers for Disease Control and Prevention menyatakan, sejauh fakta yang diketahui tentang virus Corona novel ini, tidak ada pengobatan antivirus khusus untuk infeksi 2019-nCoV.

Baca Juga: Ini Gejala Virus Corona Novel, Penyakit yang Berasal dari China

3. Kondisi Virus Corona Novel di Indonesia

fakta virus Corona novel terbaru-4.jpg

Foto: mercurynews.com

Diduga, ada pasien di Indonesia yang mungkin terjangkit virus Corona novel. Pasien tersebut kini dirawat di RSUP dr. Hasan Sadikin, Bandung pada Minggu (26/1) kemarin, mengutip Pikiran Rakyat.

"Ya benar, kami telah menerima pasien yang diduga terkena virus Corona dari Rumah Sakit Kawaluyaan, diterima di IGD, kemudian saat ini sudah ada di RIKK (Ruang Infeksi Khusus Kemuning)," jelas Kepala Sub Bagian Humas RSHS Reny Meisuburryani, pada Minggu (26/1) malam.

Pasien suspect virus Corona itu merupakan Warga Negara Asing asal Tiongkok, yang berusia 31 tahun. Diketahui, WNA Tiongkok ini baru kembali dari negara asalnya. Kini, pasien tersebut mendapatkan perawatan intensif.

Baca Juga: Mengenal Virus Corona yang Menjangkit 200 Orang di China

4. Virus Corona Diduga Berasal dari Kelelawar

fakta virus Corona novel terbaru-3.jpg

Foto: scmp.com

Meskipun ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti tentang awal mula sumber virus Corona novel, tetapi beberapa peneliti menduga virus tersebut bisa berasal dari kelelawar.

Hal ini mengingat karakter virus Corona adalah zoonosis, yang artinya ditularkan antara hewan dan manusia, menurut situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam jurnal Viruses, disebutkan bahwa kelelawar memiliki proporsi virus zoonosis yang secara signifikan lebih tinggi daripada mamalia lain.

Para ahli berpikir alasannya karena kelelawar dapat terbang melintasi rentang geografis yang luas, sehingga membawa penyakit saat mereka bepergian.

"Kelelawar dan burung dianggap sebagai spesies reservoir (wadah) untuk virus dengan potensi pandemi," jelas Bart Haagmans, ahli virus di Pusat Medis Erasmus di Rotterdam, Belanda, mengutip Business Insider.

Itu dia, beberapa fakta tentang virus Corona novel terbaru. Moms tidak perlu merasa khawatir, selama tetap menjaga kebersihan dengan baik, sebagai bentuk pencegahan virus Corona novel ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait