04 Agustus 2022

Daftar Film Didi Petet, Mulai dari Catatan Si Boy hingga Madre

Almarhum Didi Petet adalah tokoh legendaris di dunia perfilman Indonesia

Untuk Moms dan Dads yang lahir tahun 90-an ke atas, pasti mengenal sosok almarhum Didi Petet. Ada banyak film Didi Petet yang mungkin Moms ingat, salah satunya Petualangan Sherina yang rilis pada 2000.

Pria yang lebih dikenal dengan nama Didi Petet ini lahir di Surabaya pada 12 Juli 1956. Ketika ia memulai karir di dunia perfilman, pria dengan nama asli Didi Widiatmoko ini pun memutuskan untuk mengganti nama aslinya.

Sayangnya Didi Petet telah meninggal dunia pada 15 Mei 2015 silam di kediamannya di kawasan Ciputat, Sasak Tinggi, Tangerang Selatan. Ia wafat akibat serangan penyakit asam lambung yang sudah lama diderita.

Baca Juga: Profil Ari Wibowo dan Perjalanan Kariernya di Dunia Akting Selama Lebih dari 30 Tahun!

Meski sudah wafat, sosok Didi Petet masih dapat kita lihat pada beberapa film. Karirnya sendiri dimulai saat ia berperan dalam film Semua Karena Ginah (1985). Kemudian, namanya melambung saat berhasil memerankan Emon dalam Catatan Si Boy (1987).

Ini karena perannya sebagai banci di film tersebut sangat disukai banyak orang. Bahkan, ia pun memenangkan penghargaan Aktor Terpuji di Festival Film Bandung. Sejak saat itu, ia pun makin banyak mengambil bagian dalam film-film berkualitas di Indonesia.

Ketika sinema elektronik atau yang lebih dikenal dengan sinteron mewarnai dunia pertelevisian Indonesia, Didi Petet pun turut ambil bagian.

Selain itu, meski cukup sibuk dengan kegiatan di rumah produksinya, ia juga masih aktif dalam sejumlah pementasan teater, seminar-seminar, bahkan mengajar di Institut Kesenian Jakarta.

Nah, jika Moms dan Dads ingin melihat kepiawaian almarhum Didi Petet saat berakting, kalian bisa melihatnya sendiri di beberapa film Didi Petet yang terkenal berikut!

Baca Juga: 7 Deretan Film Donny Alamsyah Terbaik, Bertabur Penghargaan!

Daftar Film Didi Petet yang Wajib Ditonton

Berikut daftar film Didi Petet yang telah berhasil melambungkan namanya di industri film Indonesia:

1. Catatan si Boy (1987)

film didi petet-1
Foto: film didi petet-1

Foto Didi Petet Bermain Film (fimela.com)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini adalah film Didi Petet yang berhasil melambungkan namanya. Meski tidak memerankan peran utama, karakter Didi Petet di film ini begitu ikonik.

Dalam film drama yang disutradarai oleh Nasri Cheppy, beliau memerankan sosok Emon, temannya Boy yang berkarakter gemulai.

Berkat kesuksesannya, film ini berubah menjadi franchise besar dan telah memiliki lima sekuel setelahnya.

2. Si Kabayan Saba Kota (1989)

film didi petet-2
Foto: film didi petet-2

Foto Didi Petet Bermain Film (viva.co.id)

Kabayan adalah tokoh imajinatif dari budaya Sunda. Karakternya digambarkan sebagai lucu, polos, tetapi cerdas seperti Abunawas.

Cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda pun dituturkan turun-temurun secara lisan sejak abad ke-19 hingga kini.

Film Didi Petet satu ini menceritakan Kabayan yang ia perankan yang terpengaruh seorang teman untuk pergi ke kota. Di kota, Saribanon (Nurul Arifin) yang ayahnya pernah dibantu Kabayan saat dirampok, diam-diam menaruh hati padanya.

Hubungannya dengan Iteung (Paramitha Rusady), pacarnya di desa, pun sempat menjadi renggang meski hasilnya keduanya tetap menikah.

3. Gampang-gampang Susah (1990)

film didi petet-3
Foto: film didi petet-3

Foto Didi Petet Bermain Film (trueid.id)

Dalam film bergenre drama romansa komedi ini, Didi Petet memerankan tokoh utama dengan lawan mainnya Nurul Arifin.

Ceritanya cukup umum. Jadi, ada seorang pemuda yang bernama Rofi'i (Didi Petet) yang masih lajang dan sulit mendapatkan jodoh. Namun, ia diminta untuk mendapatkan kekasih dalam waktu dekat karena ini menjadi wasiat dari ayahnya.

Jika Rofi'i benar berhasil menikah dalam minggu tersebut, maka ia dan ibunya bisa mendapat uang warisan sebesar Rp 10 miliar! Di tahun 1990, uang 10 miliar pasti nominalnya sangat fantastis.

Namun, film ini berkembang menjadi komedi saat banyak orang yang berusaha membantu mencarikan jodoh untuk Rafi'i sementara ia sendiri sering salah sebut nama orang yang diajaknya berkencan.

Baca Juga: 14 Film Adipati Dolken Terbaru, Romantis dan Penuh Haru

4. Petualangan Sherina (2000)

film didi petet-4
Foto: film didi petet-4

Foto Didi Petet Bermain Film (suara.com)

Tampaknya hampir semua generasi 90-an mengenal betul film ini. Ini adalah film anak-anak dengan genre drama petualangan dengan unsur komedi dan musikal di dalamnya dan disutradarai oleh Rizi Riza,

Film Didi Petet satu ini yang menceritakan kisah Sadam dan Sherina yang bermusuhan di sekolah, tetapi kemudian akhirnya menjadi teman akrab setelah insiden penculikan.

Dalam film ini, Didi Petet berperan sebagai Ardiwilaga, papinya Sadam. Sementara Sadam sendiri dimainkan oleh Derby Romero.

Film ini mengambil gambar di Bandung Utara, sehingga Moms bisa melihat keasrian daerah Bandung dataran tinggi. Ada juga scene yang ikonik pada masanya, yakni saat mereka berada di Observatorium Bosscha.

5. Madre (2016)

film didi petet-5
Foto: film didi petet-5

Foto Didi Petet Bermain Film (indonesianfilmcenter.com)

Jika Moms dan Dads adalah penggemar novelis Dewi Lestari (Dee), kalian pasti sudah tahu bahwa film ini mengadaptasi dari novel karyanya yang berjudul sama, yaitu "Madre".

Film drama romantis yang disutradarai oleh Benni Setiawan ini rilis pada 2013 silam. Aktor dan aktris yang berperan dalam film ini juga tidak perlu diragukan lagi. Ada Vino G. Bastian dan Laura Basuki, Didi Petet juga memerankan tokoh penting dalam film ini.

Dalam film ini diceritakan kisah hidup Tansen (Vino G. Bastian) yang berubah setelah ia mendapatkan sebuah kunci. Ternyata, itu adalah kunci untuk membuka kulkas yang berisi adonan biang roti yang telah berumur 70 tahun yang diberi nama Madre.

Madre adalah biang roti turun-temurun yang digunakan Tan Sin Gie, kakek Tansen, untuk berdagang. Namun, usaha toko rotinya tersebut sempat terhenti. Sang kakek pun yakin bahawa yang bisa membangkitkan kembali toko rotinya hanya keturunan aslinya, yakni Tansen.

Namun, Tansen adalah pemudah berjiwa bebas. Ia seorang surfer yang tak suka terjerat oleh sesuatu, kecuali satu hal, yakni menulis blog. Ia pun menuliskan tentang penemuan biang roti itu di blognya.

Lalu, ia malah mendapatkan komentar dari Meilan Tanuwidjaja, seorang pemilik usaha toko roti kekinian bernama Fairy Bread yang hendak membeli biang roti tersebut dengan harga fantastis.

Mei pun memutuskan untuk menghidupkan kembali toko roti kakek Tansen dengan menggunakan biang roti peninggalan sang kakek.

Ia pun dbantu oleh Hadi, tokoh yang dimainkan Didi Petet. Hadi sangatlah bijaksana dan sabar, sangat mirip dengan karakter Didi Petet, sehingga tokoh tersebut terlihat sangat nyata.

Baca Juga: Profil Chairil Anwar, Sang Legendaris Puisi Indonesia

Itulah daftar film Didi Petet yang wajib Moms tonton. Semua filmnya dijamin akan sangat menghibur dan cocok ditonton di waktu luang.

  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/2232558/ini-film-film-didi-petet-dan-penghargaan-yang-diraihnya
  • https://bacaterus.com/film-terbaik-didi-petet/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb