K-Wave

10 Juli 2021

11+ Rekomendasi Film Thriller Korea yang Menegangkan, Mana yang Sudah Ditonton?

Siapa bilang film Korea isinya cinta-cintaan saja?
placeholder

Foto: Asianwiki.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Adegan menegangkan, menebak jalan cerita, dan plot twist yang tidak terbayangkan menjadi salah satu keasyikan dari menonton film thriller, Moms. Ada banyak film thriller yang bisa jadi pilihan, namun belakangan film thriller Korea kerap menyuguhkan cerita menyegarkan dan plot twist yang mind blowing.

Sejak film Parasite sukses memborong piala Oscar pada 2020 lalu, para sineas Korea seolah terpacu untuk memberikan film thriller Korea yang lebih banyak. Jika dilihat, tahun 2020 kemarin ada lebih dari lima judul film thriller Korea yang dirilis.

Bukan hanya itu, kini drama-drama Korea pun seperti mengikuti arus untuk menyuguhkan serial thriller yang tentunya tidak kalah menarik dengan film thriller Korea.

Buat Moms dan Dads pecinta film thriller Korea yang bingung menemukan judul-judul film menarik beberapa tahun ke belakang, jangan lewatkan artikel ini karena ada banyak film thriller Korea yang mungkin salah satunya belum Moms ketahui.

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Drama dan Film Zombie Korea, Seru dan Menegangkan!

Rekomendasi Film Thriller Korea 2020

Mulai naik tangga sejak beberapa tahun terakhir, berikut ini adalah beberapa judul film thriller Korea yang pasti salah satunya sudah tidak asing lagi di telinga Moms dan keluarga.

1. Me and Me

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Mengutip dari Asian Wiki film thriller Korea yang dirilis pada Juni 2020 lalu ini menceritakan seorang detektif bernama Hyeong-Goo (Cho Jin-Woong) adalah detektif. Dia menyelidiki lokasi kebakaran yang terjadi pedesaan.

Korban kebakaran tersebt adalah pasangan suami istri Soo-Hyeok (Bae Soo-Bin) dan Yi-Young (Cha Soo-Yeon). Mereka meninggal karena mati lemas. Saat menyelidiki kasus tersebut, Hyeong-Goo merasakan hal mencurigakan dari penduduk desa bernama Hae-Kyun (Jung Hae-Kyun) dan Doo-Hee (Jang Won-Young).

Suatu hari, dia terbangun di rumah tempat kecelakaan kebakaran terjadi. Dia menemukan bahwa hidupnya telah benar-benar berubah.

Rumah yang terbakar dalam ingatannya, berdiri tanpa cacat. Penduduk desa memanggilnya guru, bukan detektif. Keluarga, rumah, dan pekerjaannya benar-benar hilang sama sekali.

2. Innocence

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Innocence merupakan film thriller Korea yang juga dirilis Juni 2020. Film yang disutradari Park Sang Hyun ini mengambil cerita tentang seorang pengacara yang berusaha membela tersangka kasus pembunuhan, yang merupakan ibu kandungnya.

Pada pemakaman suami Hwa-Ja (Bae Jong-Ok), Walikota Choo (Heo Jun-Ho) yang hadir dan rombongannya mulai muntah dan pingsan setelah minum makgeolli. Walikota Choo selamat, tetapi beberapa anggota di partainya mati.

Bukti menunjukkan, Hwa-Ja sebagai pelaku yang meracuni minuman tersebut. Masalahnya, Hwa-Ja memiliki penyakit Alzheimer.

Sementara itu, putri Hwa-Ja Jung-In (Shin Hye-Sun) bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum besar di Seoul. Di masa lalunya, dia menderita kekerasan fisik dari ayahnya dan meninggalkan kampung halamannya.

Satu hari, Jung-In melihat ibunya Hwa-Ja di berita TV dan memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya untuk menemui ibunya. Namun, ketika dia sampai Hwa-Ja tidak mengenalinya atau adiknya yang autis Jung-Soo (Hong Kyung).

Jung-In kemudian mengambil kasus ibunya dan merasakan kebenaran terkubur dalam kasus ibunya. Dia yakin ibunya tidak bersalah seperti yang dikatakan orang-orang.

Baca Juga: Drama Korea yang Menampilkan Tokoh Perempuan Keren

3. Voice of Silence

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Tae-In (Yoo Ah-In) dan Chang-Bok (Yoo Jae-Myung) bekerja untuk organisasi kejahatan.Tugas mereka adalah membersihkan kekacauan yang ditinggalkan oleh kelompok kriminal. Mereka menjalankan tugasnya dengan tekun dan profesional.

Suatu hari, mereka disewa untuk pekerjaan oleh klien mereka Yong-Seok. Pekerjaan tersebut membuat membuat Tae-In dan Chang-Bok menculik gadis berusia 11 tahun bernama Cho-Hee.

Namun saat keesokan harinya mereka ingin membawa Cho-Hee kepada Yong-Seok, mereka malah menemukan Yong-Seok tewas.Tae-In dan Chang-Bok menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak terduga. Film thriller Korea ini dirilis pada Oktober 2020 dan disutradarai Hong Ui Jung.

4. The Closet

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

The Closet merupakan film thriller Korea yang dirilis pada awal tahun 2020 dan disutradarai King Kwang Bin. Fokus cerita pada Sang-Won (Ha Jung-Woo) yang harus kehilangan istrinya akibat kecelakaan. Kini dia harus membesarkan putrinya Yi-Na (Heo Yool) seorang diri.

Masalahnya, hubungan mereka tidak dekat dan menjadi canggung. Untuk memulihkan hubungannya dengan Yi-Na, mereka pindah ke rumah baru. Sang-Won mencoba mendekati Yi-Na, tapi itu tidak mudah.

Suatu hari, Yi-Na mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki teman baru. Sejak saat itu, dia mulai tertawa. Tapi, Sang-Won mendengar suara aneh dari lemari Yi-Na dan dia melihat tanda-tanda yang tidak biasa dari Yi-Na. Selain itu, Sang-Won mulai memiliki mimpi aneh.

Tiba-tiba Yi-Na menghilang dan Sang-Won berusaha mencari putrinya. Kemudian muncul pria misterius Kyung-Hoon (Kim Nam-Gil) dan memberi tahu Sang-Won bahwa dia tahu di mana Yi-Na berada dan menunjuk ke lemarinya.

Baca Juga: 10 Film dan Drama Korea yang Dibintangi Kang Sora, Seru Banget!

5. #ALIVE

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

#ALIVE merupakan film thriller Korea bertema zombie, yang dirilis pada Juni 2020. Film yang disutradarai Ho Il Hyeong itu fokus dengan upaya dua orang asing yang harus bertahan hidup dalam dua gedung berbeda di tengah wabah misterius yang membuat orang jadi mayat hidup.

Saat satu kota terinfeksi virus misterius yang menyebabkan orang-orang berubah jadi zombie, Joon-Woo (Yoo Ah-In) terjebak di apartemennya seorang diri. Dia berusaha mempertahankan hidup dengan makanan dan minuman seadanya.

Hal itu ternyata dilakukan juga oleh Yoo-Bin (Park Shin-Hye), penghuni apartemen di seberang gedung apartemen Joon-Woo. Dipertemukan dalam situasi tidak terduga, dengan alat pertahanan diri seadanya.

Mereka berusaha menyalamatkan diri dari kompleks apartemen mereka yang terinfeksi virus. Mereka harus bertahan dari segala sesuatu termasuk internet, telepon, dan listrik telah diputus di sekitar apartemen.

6. Intruder

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Intruder merupakan film thriller Korea yang menceritakan seorang arsitek populer bernama Seo-Jin (Kim Moo-Yul). Dia menderita trauma ketika adik perempuannya Yoo-Jin hilang. Hilangnya saudara perempuannya terjadi ketika Seo-Jin masih kecil.

25 tahun setelah kepergiannya, Yoo-Jin kembali ke keluarganya. Seo-Jin merasa ada yang tidak beres dengan Yoo-Jin (Song Ji-Hyo). Film thriller Korea ini disutradarai Son Won Pyung itu dirilis pada Juni 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea untuk Ditonton Oktober Ini

7. The Call

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Cerita film The Call berfokus pada hubungan aneh yang terjadi antara Seo-Yeon (Park Shin-Hye) dan Young-Sook (Jun Jong-Seo). Perkenalan kedua wanita tersebut terjadi melalui sambungan telepon tua, namun dari masa yang berbeda.

Seo-Yeon yang harus kembali ke rumah tuanya menemukan sebuah telepon tua. Dari sana dia berkenalan dengan Young-Sook (Jun Jong-Seo), yang tinggal di rumah yang sama, tetapi dari masa lalu.

Keduanya berkenalan dan menjadi akrab hingga kejadian-kejadian aneh mulai muncul, yang membuat Soo-Yeon menyadari hidupnya dalam bahaya. Film kedua Park Shin Hye di tahun 2020 itu dirilis pada November 2020 dan disutradari oleh Lee Chung Hyeon.

8. Peninsula

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Pennisula merupakan sekuel dari Train to Busan. Menceritakan empat tahun setelah kejadian Train to Busan. Orang-orang yang selamat dari wabah zombie yang terjadi empat tahun sebelumnya tinggal berkelompok di semenanjung Korea.

Mereka tetap harus berjuang dari kehancuran, dari peperangan antar kelompok untuk bertahan hidup. Sangat menarik, film thriller Korea yang satu ini dirilis pada 2020 dan disutradari Yeon Sang Ho.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

Rekomendasi Film Thriller Korea 2021

Semejak pandemi Covid-19, semakin banyak bintang film top Korea memilih drama TV dibandingkan film. Ini terutama karena situasi sulit yang berkepanjangan yang dialami industri film lokal sejak Covid-19 merebak awal tahun lalu.

Dikutip dari The Star, tidak hanya bintang film yang sesekali beralih ke acara TV, tetapi juga mereka yang hanya muncul di layar lebar selama bertahun-tahun pun beralih.

Namun itu tidak berarti film Korea atau film thriller Korea tidak lagi diproduksi. Berikut ini adalah 4 film thriller Korea yang beberapa sudah tayang dan akan tayang pada tahun ini seperti yang dirangkum oleh Orami.

9. Midnight

film thriller korea

Foto: Asia Wiki

Midnight menceritakan Kyung-Mi (Jin Ki-Joo) memiliki masalah pendengaran. Dia bekerja sebagai konselor bahasa isyarat di sebuah call center.

Pada malam hari, di sebuah jalan di Seoul, dia bertemu dengan pembunuh berantai Do-Sik (Wi Ha-Joon). Kyung-Mi mencoba melarikan diri darinya. Film thriller Korea yang satu ini disutradarai Kwon Oh Seung dan rencananya akan dirilis pada Juni 2021 nanti.

10. Salvation

film thriller korea

Foto: The Smart Local

Disutradarai oleh Lee Chan-Moo, Salvation adalah film thriller Korea yang dirilis pada April 2021. Film thriller Korea terbaru ini menceritakan Choi Seok-Jae (Kim Dae Geon), seorang detektif yang tidak yakin dengan kasus bunuh diri seorang wanita bernama Jin-Sook.

Mayat tersebut ditemukan di sebuah danau dan polisi menganggapnya sebagai kasus bunuh diri. Seok-Jae kemudian memutuskan untuk menyelidiki kasus itu sendiri. Suatu malam, dia mengalami kecelakaan mobil dan tidak sadarkan diri.

Ketika terbangun, dan menemukan dirinya di aula doa yang aneh. Dia melihat orang-orang berdoa dengan sungguh-sungguh untuk keselamatan dan menemukan bahwa seorang pria bernama Ban Hyo-Jung memimpin mereka.

Kebenaran mengejutkan tentang kematian Jin-Sook terungkap saat Choi Seok-Jae menggali lebih dalam dan mengetahui lebih banyak tentang tempat dia berada, serta ritual aneh yang diadakan oleh orang-orang yang mengunjungi aula.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini Fakta Menyeramkan Dari 5 Film Horor Terkenal

11. Recalled

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Recalled, film thriller Korea yang baru dirilis April 2021 lalu ini mengisahkan Soo-Jin (Seo Yea-Ji) yang mengalami kecelakaan. Saat terbangun, dia tidak ingat apa-apa.

Namun berkat perawatan yang diberikan oleh suaminya Ji-Hoon (Kim Kang-Woo), dia bisa pulang dari rumah sakit. Sejak pulih, Soo-Jin dapat melihat masa depan orang dan saat-saat ketika mereka menghadapi situasi berbahaya.

Suatu hari, Soo-Jin bertemu dengan mantan rekan kerjanya yang memberitahu sesuatu tentang Ji-Hoo yang tidak bisa dia percaya. Cukup menarik perhatian, film thriller ini disutradarai Seo Yoo-Min.

12. Concrete Utopia

film thriller korea

Foto: Asia Wiki

Saat Seol hancur oleh gempa bumi, hanya apartemen Hwanggoong satu-satunya bangunan yang masih bertahan berdiri. Dalam situasi krisis tersebut, untuk sementara Young-Tak (Lee Byung-Hun) memimpin penghuni apartemen Hwanggoong.

Dia kemudian memilih Min-Sung (Park Seo-Joon), seorang pejabat publik. Sementara Myeong-Hwa (Park Bo-Young) istri Min-Sung merawat yang orang-orang terluka.

Concrete Utopia merupakan film yang disutradarai Uhm Tae-Hwa dan rencananya akan dirilis tahun 2021.

Baca Juga: Film Thriller Terbaik

Itulah beberapa film thriller Korea yang pasti salah satunya ada yang terlewat oleh Moms dan keluarga. Cocok dinikmati akhir pekan, film thriller Korea selalu memberikan ketegangan tersendiri yang berbeda.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait