2-3 tahun

27 Oktober 2021

8 Game untuk Anak Perempuan yang Bisa Dicoba Si Kecil

Coba game seru berikut ini untuk Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sudiyanti
Disunting oleh Amelia Puteri

Sejak usia berapa sih Moms anak boleh bermain game? Lalu game apa saja yang bisa dimainkan oleh anak? Simak beberapa aplikasi game untuk anak perempuan berikut ini, yuk!

Pesatnya perkembangan teknologi tentu membuat anak terbiasa mendapatkan informasi dengan mudah. Apalagi anak zaman sekarang yang sulit terlepas dari gadget.

Meskipun demikian, penggunaan gadget pada anak tetap harus dibatasi dan berada di bawah pengawasan orang tua. Sebab, biasanya anak akan lebih cepat memahami teknologi dibanding orangtuanya.

Lalu usia berapa anak boleh mengenal aplikasi game?

Baca juga: Yuk Moms Ajak Si Kecil Belajar dengan 8 Game Manajemen Waktu!

Kapan Anak Boleh Bermain Game?

game untuk anak perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Anak sudah boleh berkenalan dengan game sejak usia 3 tahun. Namun, ada persyaratan yang perlu ditaati anak meskipun orangtua sudah mengizinkan.

Aplikasi game yang diberikan harus sesuai dengan usia anak. Saat anak berusia 3-4 tahun bisa dikenalkan dengan game edukasi.

Tidak hanya sekedar bermain tapi anak juga bisa belajar. Orangtua harus mendampingi agar bisa membimbing dan menjelaskan pada anak terkait game yang dimainkan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari American Academy of Pediatrics, anak di bawah usia 6 tahun boleh menggunakan gadget tidak lebih dari 30 menit. Sedangkan untuk usia di atas 6 tahun boleh menggunakan gadget tidak lebih dari 60 menit saat weekday dan 2 jam untuk weekend.

Hal ini tentu agar tidak mengganggu aktivitas belajarnya. Orangtua pun perlu menyeleksi game apa saja yang boleh dimainkan oleh anak.

Baca juga: 9 Aplikasi Edukatif dan Game untuk Anak di Gadget, Sudah Download?

Aplikasi Game untuk Anak Perempuan

game untuk anak perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak aplikasi game untuk anak perempuan yang bisa dicoba oleh Si Kecil. Namun, sebagai orangtua, Moms perlu menyeleksi mana yang bagus dan tidak untuk anak. Sesuaikan juga untuk tingkat usianya.

Beberapa jenis game ini bisa didownload di smartphone android. Simak ulasannya berikut ini!

1. Subway Princess Runner

Aplikasi game untuk anak perempuan yang satu ini sama seperti game running lainnya. Bedanya, pada game ini menggunakan karakter anak perempuan.

Aplikasi game Subway Princess Runner ini disukai oleh anak-anak perempuan karena karakternya hadir dalam bentuk wanita stylist.

Pada permainan ini, Moms bisa membimbing cara bermainnya dengan cara berlari untuk menghindari halangan yang dihadapi dalam permainan.

Dalam permainan ini, Si Kecil perlu mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

2. Good Pizza, Great Pizza

Good Pizza, Great Pizza merupakan game untuk anak perempuan yang cukup menyenangkan. Melalui permainan ini anak ditantang untuk membuat pizza dengan cara yang benar.

Pada game ini, Si Kecil akan berperan sebagai pemilik pizza. Tantangannya, Si Kecil perlu melayani pelanggan. Pizza yang dibuat pun harus sesuai pesanan.

3. Sally’s Salon Beauty Secrets

Di game ini, Si Kecil bisa mencoba berbagai macam misi menarik. Sally’s Salon Beauty Secrets cocok dijadikan game untuk anak perempuan.

Melalui permainan ini, Si Kecil akan diajak berkeliling dunia dan membuat penampilan jadi lebih cantik di seluruh permainan dengan beragam treatment salon.

Menarik sekali dan Si Kecil dijamin suka dengan permainan ini.

4. Baby Panda’s Fashion Dress Up Game

Game untuk anak perempuan yang satu ini akan mengajak Si Kecil membuat baju yang bagus dan stylish. Karakter dalam permainan ini adalah panda.

Tugas Si Kecil membuat baju yang bagus sesuai kreativitas Si Kecil. Ada beragam alat untuk mengukur baju, membuat pola, menggunting kain dan beragam jenis keperluan lain.

Ada banyak aksesoris baju yang menarik di game Baby Panda’s Fashion Dress Up Game ini. Lucu dan menggemaskan!

Baca juga: Anak Kecanduan Game Online, Cari Tahu Penyebab hingga Cara Mengatasinya

5. Hello Kitty Nail Salon

Hello Kitty Nail Salon ini adalah game untuk anak perempuan dengan karakter Hello Kitty tentunya. Melalui permainan ini anak bisa mencoba tata rias kuku seperti mengutek, memberi aksesoris pada jari kuku pelanggan.

Ada beragam warna cerah hingga ornamen yang mencolok.

6. Cooking in the Kitchen

Memasak sudah pasti menjadi hobi yang menyenangkan untuk anak perempuan. Tak heran jika game untuk anak perempuan ini cukup diminati.

Cooking in the Kitchen menantang anak-anak untuk membuat beragam kreasi masakan yang ada di resep. Ada 25 jenis masakan yang bisa dicoba oleh Si Kecil, lho!

7. Supermarket Game

Supermarket Game ini merupakan game untuk anak perempuan yang wajib dicoba. Melalui permainan ini, Moms dan Si Kecil akan diminta berbelanja.

Dimulai dari membawa troli, mencari beberapa barang belanjaan hingga melakukan pembayaran di bagian kasir. Game ini bagus untuk mengenalkan anak tentang cara berbelanja di supermarket yang benar.

8. My Talking Angela

Mirip dengan My Talking Tom, game ini memiliki sistem yang sama. Bedanya, pada game ini karakter yang digunakan adalah kucing betina imut dan cantik.

Moms dan Si Kecil akan diajak merawat kucing betina yang diberi nama Angela. Selain itu, pada game My Talking Angela, Si Kecil bisa mendandani Angela sesuai kreativitas.

Sebelum memberikan game pada anak, jangan lupa untuk sesuaikan dengan usianya. Selalu dampingi dan beri bimbingan kepada anak saat bermain.

Agar Si Kecil terhindar dari konten yang tidak diinginkan. Bahkan terkadang muncul iklan yang tidak pantas untuk anak.

Dikutip dari jurnal berjudul Impact of Online Games on Children's Mental Health, peran orangtua sangat diperlukan dalam mengawasi anak saat bermain game online.

Diperlukan juga keseimbangan dengan kegiatan sehari-hari agar anak nantinya tidak kecanduan bermain game.

Sebab, kecanduan game bisa memicu timbulnya stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Oleh karena itu, orangtua harus bijak dalam memberi kesempatan anak bermain game.

Itulah beberapa daftar game untuk anak perempuan yang layak untuk dicoba. Masing-masing game memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Pilihlah mana yang paling cocok untuk Moms dan Si Kecil mainkan bersama. Selamat bermain!

  • https://pediatrics.aappublications.org/content/132/5/958
  • https://play.google.com/store
  • https://newinera.com/index.php/JournalLaMedihealtico/article/view/281/197
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait