Fashion & Beauty

23 Juli 2021

7 Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah, Bagus dan Stylish!

Mulai dari yang simple hingga mewah seperti princess
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Busana mempelai pasti menjadi pusat perhatian di acara pernikahan. Bagi Moms yang akan menggelar pernikahan, yuk intip gaun pengantin muslimah sebagai referensi.

Mempersiapkan hari pernikahan memang bukan hal mudah, mulai mencari tempat, undangan, hingga memilih busana. Namun, persiapan tersebut harus diperhitungkan matang-​matang.

Bagi Moms yang menggunakan hijab kerap kali bingung gaun pengantin muslimah yang cocok digunakan. Tantangannya adalah menemukan gaun dengan model impian, tetapi tetap sopan.

Moms juga pasti ingin terlihat cantik dan anggun menggunakan gaun pengantin muslimah saat hari bahagia Moms bersama pasangan.

Nah, agar tidak bingung mencari gaun pengantin muslimah, yuk simak referensinya di bawah ini.

Baca Juga: Intip 11 Inspirasi Rambut Pendek Korea yang Trendy dan Edgy

Tips Memilih Gaun Pengantin

menikah

Foto: Orami Photo Stock

Moms, sebelum melihat referensi gaun pengantin muslimah, tidak ada salahnya mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih gaun pengantin.

Pernikahan merupakan suatu ikatan yang terbilang sakral, hanya dianjurkan dilakukan satu kali seumur hidup. Karenanya dalam mempersiapkan harus benar-benar diperhatikan.

Salah satu persiapan yang paling penting adalah memilih gaun pengantin. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih gaun pengantin, seperti:

1. Menjadi Diri Sendiri

Moms, pilihlah gaun pengantin yang benar-benar menunjukkan kepribadian Moms, tetapi dengan sentuhan yang lebih berbeda dari biasanya.

JikaMoms menyukai warna yang cerah, gunakan gaun pengantin dengan payet yang Moms sukai.

2. Bujet

Membeli atau menyewa gaun pengantin membutuhkan pengeluaran yang cukup besar. Bahkan Moms harus mengeluarkan uang lebih.

Jadi, sebelum membelinya, lebih baik pikirkan kembali keputusan secara matang.

3. Bahan yang Nyaman

Bahan merupakan salah satu faktor yang juga penting dalam memilih gaun pengantin. Jika kulit Moms sensitif, jangan menggunakan bahan seperti lace atau aksen bulu-bulu.

Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan nyaman, karena gaun tersebut akan digunakan sepanjang hari pernikahan.

Baca Juga: Pernikahan dalam Islam, Ketahui Hukum serta Syarat dan Rukunnya!

4. Pemilihan Warna

Moms, menyelaraskan warna gaun dengan kulit sangat amat penting. Warna putih pucat belum tentu cocok bagi semua orang.

Sekarang, banyak gaun pengantin yang dikombimnasikan dengan palet yang menyala, terutama pada gaun pengantin dengan adat tradisional yang seringkali mengombinasikan warna merah dengan warna ivory sebagai aksennya.

5. Sesuai dengan Lokasi Pernikahan

Jika Moms mengadakan acara pernikahan di outdoor, baik itu berada di taman ataupun di dekat pantai, pilihlah gaun pengantin yang akan mudah dikenakan pada hari bahagia.

Pilih bahan yang ringan dan juga panjang agar dapat memudahkan ruang gerak sehingga terasa nyaman.

6. Pas dengan Bentuk Tubuh

Seringkali Moms memaksa untuk membeli pakaian yang sebenarnya tidak pas dengan ukuran tubuh hanya karena untuk tampil cantik.

Padahal, busana yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh, membuat tampilan menjadi tidak sedap dipandang.

Jadi sebaiknya Moms memilih gaun yang benar-benar pas dengan lekuk tubuh. Selain nyaman dikenakan, Anda pun akan terlihat sempurna.

Baca Juga: Moms, Ini Perasaan Suami Jika Istri Menolak Berhubungan Serta Hukumnya dalam Islam!

Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah

Selain lokasi pernikahan, Moms tentunya juga penting memikirkan model gaun pengantin muslimah yang cocok untuk dipakai saat hari spesial tersebut.

Bagi Moms yang menggunakan hijab, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih gaun penganti muslimah, salah satunya tidak terlalu memamerkan lekuk tubuh.

Berikut ini gaun pengantin muslimah yang bisa Moms jadikan referensi, yaitu:

1. Gaun Pengantin Muslimah Syar'i

gaun penganti syrai.jpg

Foto: Instagram.com/pipicaannn

Tampilan gaun penganti muslimah syar'i milik Wafiq Malik, adik Taqy Malik bisa menjadi inspirasi Moms yang menggunakan niqab (cadar).

Gaun pengantin muslimah ini memiliki detail kerah dan payet berwarna putih disekujur tubuhnya. Gaun ini juga didesain tidak terlalu menonjolkan bentuk tubuh sang penganti.

Untuk menyempurnakan penampilan, gaun pengantin muslimah ini dilengkapi dengan veil yang menjuntai panjang, sangat cocok digunakan bagi Moms yang ingin menikah dengan konsep elegan.

2. Gaun Pengantin Muslimah Simple

gaun penganti simple.jpg

Foto: Instagram.com/lindswell_k

Bagi Moms yang sedang mencari gaun pengantin muslimah yang simple namun tetap terlihat elegan bisa memilih gaun seperti Lindswell.

Gaun ini berwarna putih dengan menambahkan tulle dan boriran bunga sebagai pemanis penampilan gaun minimalis ini.

Tak hanya itu, gaun ini juga memudahkan Moms bergerak dan tidak menonjolkan lekukan tubuh.

Moms bisa padukan dengan hijab warna putih disertai payet yang menjulur sampai ujung kaki, sehingga memiliki kesan elegan.

Baca Juga: 4 Potret Seo Ye Ji dengan Gaun Mewah di Buil Film Awards 2020

3. Gaun Pengantin Muslimah Sederhana

gaun pengantin muslimah sederhana.jpg

Foto: Instagram.com/gitasav

Inspirasi gaun pengantin Muslimah sederhana yang satu ini tidak kalah menarik dan cantik. Gaun ini cocok untuk Moms yang tidak ingin terlalu glamour.

Gaun Youtuber berparas cantik Gita Savitri berwarna putih dan sederhana bisa Moms padukan dengan veil brokat yang menjuntai panjang. Modelnya yang dibuat sedikit longgar memberikan tampilan pernikahan yang muslimah dan anggun sekaligus modern.

4. Gaun Pengantin Muslimah Mewah

gaun pengantin mewah.jpg

Foto: Instagram.com/anisarahma_12

Jika Moms percaya diri dengan gaun pengantin muslimah dengan rok yang mengembang dan bertema ala negeri dongeng, inspirasi gaun Anisa Rahma pas untuk Moms.

Gaun pengantin muslimah ini memiliki nuasa mewah. Jika Moms khawatir dengan lengkukan badan, Moms bisa padukan dengan hijab kerudung panjang.

Baca Juga: 10 KB yang Cocok Sebagai Cara Menunda Kehamilan Bagi Pengantin Baru yang Bisa Dicoba

5. Gaun Pengantin Muslimah Modern

gaun pengantin muslimah modern.jpg

Foto: Instagram.com/laksmimuslimah

Desain gaun pengantin muslimah berbahan satin nude pink bisa membuat penampilan semakin berkilau. Moms hanya perlu menambahkan payet di beberapa bagian gaun.

Menggunakan gaun pengantin muslimah modern juga tidak harus model rok yang pajang dan lebar, Moms bisa memilih model ramping dan bisa juga di tambahkan veil yang menjuntai panjang.

6. Gaun Pengantin Muslimah Tradisional

gaun pengantin tradisional.jpg

Foto: Instagram.com/ibnufadillah14

Moms ingin mengadakan pernikahan dengan konsep adat? Nah, inspirasi gaun penganti muslimah ini bisa dicoba.

Selain unik dan memiliki arti tersendiri, gaun pengantin muslimah tradisional ini pasti bisa membuat pernikahan antimainstream. Gaun pengantin muslimah ini memadukan kain tradisional dengan sentuhan modern membuat gaun menjadi mewah.

7. Gaun Penganti Muslimah Ala Princess

gaun pengantin ala princess.jpg

Foto: Instagram.com/melodylaksani92

Gaun pengantin muslimah ala princess bisa jadi pilihan. Selain mewujudkan mimpi untuk berdandan layaknya seorang putri, menggunakan gaun dengan model tersebut juga akan membuat Momsterlihat lebih cantik dan elegan.

Seperti Melody Laksani eks JKT48 terlihat cantik mengenakan gaun berwarna krem, serta kerudung berwarna krem. Dihiasi mahkota berwarna silver melengkapi keindahan penampilannya.

Baca Juga: 3 Masalah Pengantin Baru yang Paling Sering Ditemukan

Nah itu dia Moms gaun penganti muslimah yang bisa dijadikan inspirasi.

Perlu diingat, gaun pengantin yang mewah dan mahal belum tentu cocok digunakan. Jadi, cari yang sesuai dengan Moms ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait