Trimester 3

TRIMESTER 3
7 April 2019

Terapkan 7 Gerakan Ini untuk Mempercepat Persalinan

Yuk coba terapkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat kontraksi mulai datang, Moms pasti ingin segera melahirkan dan melupakan rasa sakit ini. Lalu, apa yang Moms lakukan untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit? Apakah memukul-mukul suami, meremas-remas handuk, atau berteriak?

Jangan lakukan hal ataupun gerakan yang sia-sia menjelang persalinan. Moms harus menyimpan tenaga untuk persiapan melahirkan nanti.

Sara Twogood, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California, Los Angeles, berbagi tips untuk para Moms mengenai gerakan dan posisi terbaik yang bisa mempercepat persalinan. Yuk kita simak!

1. Posisi Jongkok

Saat menunggu bukaan lengkap, Moms bisa mengambil posisi jongkok sambil bersandar di dinding, berpegangan di kursi, atau memegang tangan suami.

Posisi jongkok dapat membantu membuka panggul dan memberi ruang bagi bayi untuk bermanuver menuju jalan lahir.

2. Posisi Tegak

Berdiri sambil menahan sakitnya kontraksi memang bukan pilihan yang menyenangkan. Tapi, posisi berdiri justru akan mempermudah Si Kecil untuk semakin turun ke jalan lahir, berkat pengaruh gravitasi bumi.

Moms bisa berdiri sambil bersandar pada suami, berjalan, atau bahkan bergoyang. Saat posisi berdiri, sakit punggung saat kontraksi juga akan berkurang.

Baca Juga: Mengenal Ablasio Retina, Risiko Terlepasnya Retina Mata Saat Persalinan

3. Posisi Lunges

Sedikit mirip seperti posisi lunges yang Moms lakukan di gym, Moms bisa meletakkan sebelah kaki di atas kursi pendek, dan condongkan tubuh ke depan ke arah kaki yang terangkat. Lakukan saat Moms merasakan kontraksi datang.

Lunges sangat baik untuk memperkuat gluteus, paha belakang, dan paha depan. Lunges gampang untuk dipelajari dan tidak membutuhkan banyak alat,” ujar Jennifer Forrester, ahli fitness yang telah tersertifikasi untuk melatih wanita yang sedang menjalani program hamil juga sedang hamil.

Gerakan ini dapat membantu bayi memutar atau turun ke jalan lahir, membuka panggul, dan memberi bayi lebih banyak ruang untuk bergerak. Untuk membantu menjaga keseimbangan, minta suami untuk memegangi di samping Moms, ya.

4. Gerakan Naik Tangga

Naik tangga bisa jadi salah satu opsi untuk mempercepat pembukaan jalan lahir, karena membantu bayi bergeser ke arah bawah.

Saat naik tangga, panggul akan terbuka dan memungkinkan bayi turun ke bawah serta mendorong leher rahim. Tapi, lakukan dengan hati-hati, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Persalinan Semakin Menyakitkan

5. Posisi Duduk di Toilet

Bahkan hanya duduk di toilet sekalipun, dapat membantu meringankan tekanan pada panggul Moms.

Posisi duduk di toilet sambil merentangkan kaki dapat merilekskan perineum, yang dapat membantu mengurangi robekan saat persalinan normal.

6. Posisi merangkak

“Posisi merangkak, baik di tempat tidur atau di atas lantai, membantu membuka panggul,” ujar Rebekah Wheeler, MPH, perawat bersertifikat di Bay Area, California.

Denyut jantung bayi merespon lebih baik ketika Moms berada dalam posisi merangkak, terutama jika bayi tidak berada di posisi jalan lahir.

Posisi ini akan menekan tulang belakang, mengurangi sakit punggung, dan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen bayi.

Baca Juga: Agar Tidak Lelah, Ini 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Jelang Persalinan

7. Posisi Berbaring Miring

Berbaring miring adalah salah satu posisi terbaik ketika menunggu bukaan lengkap. Selipkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki, dan rutinlah berputar antara miring ke kiri dan ke kanan.

Selain membantu bayi bergerak ke posisi jalan lahir, berbaring miring juga membuat Moms lebih rileks.

Nah, simpan tips ini agar Moms tak lupa melakukan gerakan dan posisi yang bisa mempercepat persalinan.

(VAN/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait