Kesehatan

KESEHATAN
19 Desember 2017

Ini Alasan Menteri Susi Kampanyekan Makan Ikan

Tidak makan ikan? Tenggelamkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Moms, sumber protein di Indonesia ternyata tidak hanya daging merah ataupun daging ayam, lho. Karena Indonesia merupakan negara maritim, ikan sangat bisa menjadi sumber protein. Selain enak dan mudah menyajikannya, ikan juga memiliki manfaat dan kandungan yang baik untuk kesehatan.

Jika Moms mendapat ikan segar, Moms tak perlu repot mengolahnya. Cukup cuci bersih kemudian bakar. Rasa ikan jadi sangat nikmat dan kandungan gizinya tidak banyak hilang karena melalui banyak proses pengolahan.

Berikut ini beberapa manfaat dan kandungan ikan sampai-sampai Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti menyarankan masyarakat makan ikan.

Daging Ikan Lebih Aman

Menurut ahli gizi dr H. Engkus Kusdinar Achmad, MPH dari Universitas Indonesia, daging ikan cenderung lebih aman dan alami. Menurutnya, ikan lebih jarang mengalami modifikasi pangan dibandingkan daging unggas atau daging merah dari kambing atau sapi.

Kandungan Asam Lemak

Kandungan asam lemak seperti Omega 3 baik untuk tubuh karena memperlancar aliran darah ke berbagai organ. Tidak hanya itu, konsumsi ikan pada trimester ketiga kehamilan juga bisa berpengaruh pada kesehatan pernapasan anak.

Asam lemakpun bisa meregulasi hormon reproduksi manusia. Untuk si kecil, asam lemak ini baik untuk menurunkan kadar kelelahan otak sehingga otak selalu siap secara maksimal menerima pelajaran.

Protein Tinggi

Ikan mengandung protein yang baik untuk perbaikan sel sel tubuh. Ikan juga disarankan dikonsumsi anak-anak di masa pertumbuhan agar tidak terjadi stunting karena kurangnya asupan protein. Protein juga dibutuhkan otak saat masa emas anak agar pertumbuhannya maksimal.

Baca juga: Ingin Anak Tumbuh Pesat? Berikan Makanan Bergizi

Tinggi Kalsium

Siapa yang tidak tahu kalau ikan memiliki kandungan kalsium yang tinggi? Kalsium baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil karena membantu memperkuat tulang.

Ternyata tidak hanya itu, Moms. Keluarga yang rutin mengonsumsi ikan ternyata memiliki risiko depresi yang lebih kecil dibandingkan yang tidak mengonsumsi ikan. Namun Moms harus ingat bahwa konsumsi ikan harus bervariasi agar seluruh manfaat ikan tersebut bisa maksimal diserap oleh tubuh.

Yuk, mulai makan ikan!

(DNY)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait