Program Hamil

4 Desember 2017

Ini Cara Mudah Mengatasi Maag Saat Hamil

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sakit maag saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Maag ternyata dialami berkisar 60-80 persen ibu hamil. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sakit maag saat hamil, antara lain mual dan muntah yang membuat Moms malas makan. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam, juga bisa menjadi pemicu asam lambung.

Selain itu, hormon estrogen yang diproduksi pada masa kehamilan juga dapat meningkatkan asam lambung. Hormon esterogen merupakan hormon yang berguna membangun lapisan dinding rahim, untuk menjaga plasenta di dalam rahim. Akan tetapi hormon ini turut berkontribusi mempengaruhi sakit maag karena efek samping yang ditimbulkan, yaitu rasa mual.

Pada kehamilan trimester pertama, calon ibu cenderung tidak nafsu makan karena mual dan muntah akibat pengaruh hormon Chorionic Gonadotropin. Hormon ini tidak memiliki efek secara langsung terhadap saluran pencernaan, akan tetapi menstimulasi ovarium untuk menghasilkan estrogen yang bisa menimbulkan rasa mual. Akibatnya, ibu menjadi malas makan dan perut sering dibiarkan kosong. Padahal produksi asam lambung terus berlangsung.

Kondisi tersebut diperparah bila calon ibu juga keranjingan rujak dan asinan yang pedas dan asam sehingga makin menjadi poduksi asam lambung. Sehingga Moms yang tadinya tidak mengidap maag, bisa saja kena maag ketika hamil.

Baca Juga : Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?

Mengatasi Maag Saat Hamil

ibu hamil

Untuk menghindari dan mengatasinya saat hamil, mari simak hal-hal berikut :

1. Hindari perut kosong dan atur jadwal makan dengan pola porsi kecil dan frekuensi lebih sering.

2. Kunyah makanan dengan baik

3. Kurangi makanan & minuman pedas, asam, mengandung gas karbondioksida, berlemak, dan berminyak.

4. Hindari stres, karena dapat menyebabkan perubahan hormonal di tubuh yang merangsang sel-sel lambung memproduksi asam berlebihan.

5. Konsultasikan kepada dokter obat maag yang tepat. Jangan minum obat maag sembarangan. Berdasarkan penelitian, obat yang dijual bebas untuk mengatasi keluhan maag relatif aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sesuai dosis. Karena tidak ditemukan efek teratogenik, malformasi (kecacatan) pada bayi. Namun sebelum itu terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter agar lebih tepat jenis obat dan dosis sesuai dengan kebutuhan.

6. Pilihan lain untuk mengatasi maag pada ibu hamil adalah dengan menggunakan obat herbal, seperti jahe (dalam bentuk permen, sirup, atau kapsul), atau dengan cara mengoleskan minyak kayu putih pada tubuh juga dapat mengurangi gas berlebih pada tubuh.

7. Hindari posisi berbaring setelah makan, karena berbaring dengan lambung penuh akan membuat asam lambung mudah berbalik lagi ke kerongkongan.

8. Saat berbaring, posisi kepala lebih tinggi dari kaki, untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah heartburn (rasa panas di ulu hati, bahkan sampai mual dan muntah yang berlebihan).

9. Kenakan pakaian longgar untuk menghindari tekanan pada perut.

Terhindar dari sakit maag, kehamilan Moms pasti akan lebih nyaman. Perhatikan asupan makanan dan pola hidup Moms, agar terhidar dari sakit maag.

(HEI)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait