2-3 tahun

30 Agustus 2017

Ini Dia 5 Alasan Pentingnya Balita Bermain di PAUD!

Bermain di PAUD sangat mempengaruhi perkembangan balita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Sebagian besar negara yang memiliki tingkat pendidikan tinggi ternyata sangat mengerti akan pentingnya balita bermain di PAUD untuk perkembangannya. Para pakar dari Amerika Serikat juga menemukan fakta bahwa kesuksesan di masa depan sudah bisa terlihat sebelum anak berusia 8 tahun, yang bisa distimulasi melalui program PAUD.

Pada saat anak masuk periode golden age, para orangtua sangat disarankan untuk segera memasukkan si kecil ke program bermain di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Sayangnya, masih banyak orangtua yang memandang remeh PAUD, dengan menganggapnya tidak perlu dan hanya membuang uang. Padahal, ada 5 alasan kenapa PAUD ini penting sekali untuk balita:

Baca juga: Selain Kurikulum, Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Saat Memasukkan Anak ke PAUD

  1. Bermain di PAUD Akan Membuat 'Pondasi' Otak Yang Kokoh

Pada saat anak balita memasuki periode emas, otaknya masuk dalam tahap perkembangan yang sangat cepat. Otak balita akan membuat 'pondasi' dari skill kognitif, sosial, emosional, motorik dan problem-solving. Semakin sering skill ini dilatih, semakin kuat pula pondasi otak yang dibangun.

Disinilah manfaat PAUD, membuat pondasi otak pada anak menjadi kuat dari sedini mungkin. Program pendidikan dari PAUD akan membiasakan anak melatih berbagai skillnya serta menantang otak agar bekerja dan berkembang.

Baca juga: 6 Makanan untuk Perkembangan Otak Balita

  1. Meningkatkan Kapasitas Berpikir

Kapasitas berpikir yang luas merupakan salah satu hal yang diperlukan agar balita bisa belajar dengan cepat. Selain itu, kapasitas berpikir yang luas akan membuat otak lebih mudah menerima dan mengelola informasi yang baru didapatkan.

Untuk mendapatkan kapasitas berpikir seperti ini, diperlukan latihan yang tepat, dilakukan secara rutin, dan ditunjang dengan aktivitas yang sesuai. Semua hal ini bisa si kecil dapatkan pada PAUD, yang sudah pasti dipandu oleh guru kompeten.

  1. Meningkatkan IQ dan Performa Akademik

Intelligence Quotient (IQ) memang biasanya dijadikan sebagai salah satu acuan untuk mengukur tingkat intelejensi seseorang. Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya memiliki kecerdasan yang tinggi serta performa akademik yang bagus.

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Rahasia Membesarkan Balita Pintar!

IQ yang memadai dan performa akademik yang baik tentu akan sangat diperlukan dimasa depan. Nah, dengan bermain di PAUD, si kecil bisa lebih siap belajar di sekolah secara akademik, fisik, maupun psikologis.

  1. Membuatnya Pandai Bersosialisasi

Jika Mama merasa si kecil kurang bisa bersosialisasi dengan teman sebaya, mungkin sudah saatnya mengikutsertakan balita untuk bermain di PAUD. Melalui program dan aktivitas yang diberikan oleh guru PAUD, dia akan terbiasa berbicara, mengekspresikan emosinya dengan baik, serta memiliki rasa empati yang kuat.

  1. Meningkatkan Taraf Hidup Di Masa Depan

Riset yang dilakukan di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa dengan memasukkan si kecil ke PAUD, akan semakin tinggi taraf kehidupannya di masa depan. Balita yang bermain di PAUD biasanya memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan di masa depan.

Membawa balita bermain di PAUD memang akan sedikit menyita waktu serta memerlukan biaya, tapi bila itu bisa membuat si kecil lebih sukses di masa depan, kenapa tidak? Jadi, kapan mau mulai mengajak si kecil bermain di PAUD dekat rumah, Ma?

<WA>

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait