Kesehatan

12 Desember 2019

Ini Dia Cara Diet Keto Membantu Kesuburan

Dengan mencapai berat badan ideal, peluang kehamilan pun semakin besar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Salah satu diet yang sedang populer di kalangan selebriti hingga ahli nutrisi adalah diet keto. Menurut The Academy of Nutrition and Dietetics, diet ketogenik merupakan diet yang tinggi lemak, protein sedang, dan rendah karbohidrat, seperti dikutip dari eatright.org.

Batas karbohidrat yang dianjurkan dalam diet keto adalah di bawah 50 gram per hari. Sehingga para pelaku diet keto membantu kesuburan ini perlu menghindari roti hingga sereal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Diet Keto untuk Pemula

Pengaruh Diet Keto Terhadap Kesuburan

Berikut ini pengaruh diet keto membantu kesuburan wanita dan pria.

1. Diet Keto Membantu Kesuburan Wanita

diet keto membantu kesuburan

Foto: scmp.com

Diet keto tidak hanya membantu penurunan berat badan, tapi diet keto membantu kesuburan wanita dengan mengurangi peradangan sistemik. “Peradangan dapat mengurangi fertilitas secara keseluruhan,” ungkap konsultan layanan kesehatan nutrisi di Cleveland Clinic Wellness Institute, Ohio, Kristin Kirkpatrick, RDN, seperti dikutip dari everydayhealth.com.

Selain diet keto membantu kesuburan, diet ini juga dapat membantu mengurangi tingkat insulin dan dapat lebih baik mengatur tingkat hormon reproduksi lainnya, termasuk testosteron, luteinizing hormone (LH), dan follicle stimulating hormone (FSH).

Mengurangi asupan karbohidrat untuk membantu memaksimalkan kesuburan juga terbukti melalui sebuah penelitian yang dipimpin oleh Delaware Institute for Reproductive Medicine. Penelitian yang dilakukan pada 2013 ini meneliti 120 wanita yang sedang menjalani perawatan kesuburan.

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

Hasilnya, para peserta yang mengonsumsi karbohidrat kurang dari 40% memiliki peluang kehamilan sekitar 63,2%. Sedangkan peserta yang mengonsumsi jumlah karbohidrat lebih banyak, hanya memiliki peluang kehamilan sekitar 33,8%. Dr. Gillian Lockwood dari Midland Fertility Clinic di Tamworth, Staffordshire, merekomendasikan pasangan untuk menjalani diet fertilitas dengan hanya mengonsumsi satu porsi karbohidrat sehari.

“Saya katakan pada para pasien, jika makan roti untuk sarapan, maka jadikan itu asupan karbohidrat untuk satu hari itu. Jangan lalu makan sandwich untuk makan siang dan pasta untuk makan malam,” ungkapnya, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

2. Diet Keto Membantu Kesuburan Pria

diet keto membantu kesuburan

Foto: medscape.com

Kelebihan berat badan dan pola makan yang buruk juga dapat mempengaruhi kesuburan pria. Tingginya asupan karbohidrat olahan dan gula, telah dikaitkan dengan penurunan kesehatan sperma, berdampak negatif pada motilitas sperma, morfologi (bentuk), dan jumlah sperma.

Bahkan jika wanita memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sekalipun, tetap akan sulit hamil jika pasangannya tidak memiliki sperma yang berkualitas.

“Diet yang akan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan asam lemak omega pada ikan, terlihat terbukti dapat meningkatkan kesehatan sperma,” ungkap Dokter Chiropractic, ahli fungsi pengobatan di Monroeville, Pennsylvania, sekaligus penulis Ketotarian, Will Cole, seperti dikutip dari everydayhealth.com. Dengan menjalani diet kaya lemak dan rendah karbohidrat, maka diet keto membantu kesuburan pria.

Baca Juga: Diet Keto untuk Anak, Amankah?

3. Rekomendasi Diet

diet keto membantu kesuburan

Foto: drweil.com

Telah terbukti bahwa diet keto membantu kesuburan, namun ada baiknya menjadikan diet ini sebagai pendorong penurunan berat badan menuju peningkatkan kesuburan.

Saat berat badan sudah tercapai, Moms dan Dads dapat mulai menjalani rencana kehamilan. Saat mencoba untuk hamil dan ketika hamil, tubuh sebaiknya tidak berada pada fase ketosis terus menerus.

Karena untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, sangat penting untuk mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh. Rachelle Malik, RDN yang merupakan ahli nutrisi reproduksi di Chicago menyarankan untuk menjalani diet Mediteranian yang menekankan pada buah, sayur, daging, ikan, roti gandum utuh dan lemak sehat.

Baca Juga: Diet Keto Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2, Benarkah?

Diet ini lebih baik untuk prakonsepsi, karena memberi distribusi macronutrien yang lebih seimbang. “Glukosa (bentuk karbohidrat) adalah sumber utama energi untuk pertumbuhan bayi, sehingga diet seimbang sangat penting saat hamil,” ungkap Rachelle, seperti dikutip dari everydayhealth.com.

Itulah cara diet keto membantu kesuburan. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, maka peluang kehamilan Moms pun juga semakin besar.

GS

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait