Kesehatan

KESEHATAN
4 Juli 2020

HIIT Workout, Yuk Pelajari Lebih Jauh!

Latihan satu ini disebut-sebut mampu menurunkan berat badan lebih cepat, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah mendengar tentang High Intensity Interval Training (HIIT)? Jika Moms sering berolahraga di rumah dengan mengikuti tutorial yang ada di YouTube, pasti kerap melihat latihan ini. Biasanya ada yang durasi 10 menit, 15 menit hingga 30 menit. Umumnya, workout satu ini menggabungkan beberapa gerakan yang repetitif, memacu detak jantung sehingga membuat Moms lebih mudah berkeringat.

Semua dapat diikuti berdasarkan kekuatan tubuh Moms masing-masing. Namun, sebenarnya seberapa jauh Moms mengenal tentang HIIT workout ini sendiri? Selain itu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari latihan ini? Ini ulasannya.

Baca Juga: Multiguna, Mari Mengenal Manfaat Pilates untuk Pra-Kehamilan, Kehamilan, dan Pasca Kehamilan

Kenali Lebih Jauh Tentang HIIT Workout

Kenali Manfaat HIIT Workout untuk Kesehatan-1.jpg

foto: self.com

Sebelum memahami manfaat dari HIIT workout, sebaiknya kenali lebih dalam tentang jenis olahraga satu ini. Menurut American College of Sports Medicine, pada dasarnya, struktur HIIT mudah dipahami, yaitu latihan dengan intensitas tinggi bergantian dengan latihan intensitas rendah yang biasanya lebih lama namun singkat.

Praktiknya, format HIIT workout sangat bervariasi, mulai dari durasi intensitas tinggi, durasi pemulihan, intensitas tinggi lagi, serta melalui jumlah siklus yang berbeda-beda.

Terpenting adalah HIIT workout bisa menjadi cara yang efektif untuk berolahraga dan melihat komposisi tubuh sesuai hasil yang diinginkan, asalkan melakukannya dengan cara yang tepat.

Faktanya, melakukan HIIT workout selama dua minggu mampu meningkatkan kapasitas aerobik selama enam hingga delapan minggu ke depan. Menakjubkan, ya, Moms?

Baca Juga: 5 Jenis Pose Yoga Ini Bisa Bantu Atasi Sembelit

Manfaat HIIT Workout untuk Kesehatan

Kenali Manfaat HIIT Workout untuk Kesehatan-2.jpg

foto: womansday.com

HIIT workout adalah olahraga yang mudah dilakukan di mana saja. HIIT mampu merangsang produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) selama 24 jam setelah menyelesaikan latihan. Artinya, hal ini mampu meningkatkan pembakaran lemak dan lebih banyak otot yang dipertahankan.

Studi dari Cell Metabolism mengungkapkan, HGH tidak hanya bertanggung jawab atas peningkatan pembakaran kalori, tetapi juga mampu memperlambat proses penuaan.

Sederhananya, dibandingkan dengan banyak latihan kardio lainnya, HIIT bisa menjadi cara yang efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan secara signifikan.

HIIT workout juga bisa dilakukan dengan kettlebell atau dumbel untuk hasil yang lebih baik lagi.

“HIIT workout dengan melibatkan alat berat mampu mengencangkan otot, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan daya tahan serta kekuatan tubuh,” ungkap Rob Sulaver, pakar kebugaran dan pelatih olahraga.

Selain itu, HIIT workout juga membantu meningkatkan kesehatan jantung seseorang, serta membantu meningkatkan ukuran kesehatan metabolisme, termasuk tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

Ya, bisa dikatakan latihan satu ini adalah paket lengkap untuk kesehatan tubuh Moms secara menyeluruh.

Baca Juga: 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan HIIT Workout

Kenali Manfaat HIIT Workout untuk Kesehatan-3.jpg

foto: nbcnews.com

Manfaat yang didapatkan dari HIIT workout memang beragam. Cara ini bahkan bisa menjadi latihan efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan melakukan HIIT workout secara berlebihan, ya, Moms.

“Sesuatu yang berlebihan tidak akan berakhir baik. Jangan melakukan HIIT workout setiap hari dalam seminggu. Cobalah HIIT workout setidaknya tiga kali per minggu dengan mengimbangi olahraga lain yang lebih moderat,” ungkap Franci Cohen, pelatih pribadi dan ahli fisiologi olahraga.

HIIT workout juga bukan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tetap utamakan kesehatan tubuh Moms masing-masing. Hindari melakukan HIIT ketika Moms memiliki masalah pada kesehatan jantung, baru pertama kali aktif berolahraga atau sedang mengalami cedera.

Jika Moms dalam kondisi tubuh yang sehat dan bugar, tidak ada salahnya untuk mencoba HIIT workout mulai dari sekarang!

Artikel Terkait