Balita dan Anak

19 April 2020

Ini yang Bisa Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih Pada Anak Laki-laki

Kebiasaan buang air kecil yang tidak bersih juga menjadi pemicu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Moms berpikir masalah saluran kecing atau Infeksi Saluran Kemih (ISK) hanya akan dialami oleh orang dewasa maka Mom salah.

Penyakit ini juga bisa dialami oleh anak-anak, dari bayi hingga anak yang cukup besar. Infeksi saluran kemih pada anak laki-laki juga termasuk kasus yang banyak terjadi, lho.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: scripps.com

ISK adalah kondisi bakteri yang masuk ke urin dan naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Bakteri yang biasanya menjadi penyebab ISK adalah E. coli.

Dilansir dari Urology Care Foundation, sebanyak 8 dari 100 anak perempuan dan 2 dari 100 anak laki-laki mengalami ISK. Anak kecil atau balita memiliki risiko kerusakan ginjal yang jauh lebih besar akibat ISK dibandingkan anak yang lebih besar atau orang dewasa.

Baca Juga: Macam-Macam Infeksi Saluran Kemih, Bisa Berpengaruh ke Ginjal!

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak Laki-laki

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: babycenter.com

Anak-anak mungkin tidak menyadari dirinya terserang infeksi saluran kemih. Namun, Moms bisa menanyakannya apakah dia merasakan berbagai gejala ISK, seperti rasa nyeri, terbakar, atau perasaan perih saat buang air kecil.

Si Kecil juga biasanya akan jadi sering buang air kecil atau merasakan keinginan mendesak untuk buang air kecil, padahal tidak mengeluarkan air seni.

Selain itu moms bisa mengecek apakah urinnya berbau busuk dan terlihat keruh atau berlumuran darah. Pada kondisi yang lebih parah, anak akan mengalamai demam dan rasa nyeri di punggung bawah atau di sekitar kandung kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Selain disebabkan oleh bakteri, ternyata infeksi saluran kemih pada anak laki-laki bisa disebabkan oleh 4 faktor lainnya. Dilansir dari Urology Care Foundation, berikut beberapa penyebabnya!

Baca Juga: Infeksi Saluran Kemih Pada Balita: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

1. Masalah di Saluran Kemih

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: todaysparent.com

Apakah Si Kecil memiliki kondisi ginjal yang tidak normal atau penyumbatan di suatu tempat di sepanjang saluran aliran urin normal?

Jika iya, artinya dia kemungkinan besar bisa terserang infeksi saluran kemih. Gejala masalah ginjal seringkali berbeda pada anak-anak.

"Tidak hanya tanda, tetapi bagaimana seorang anak bisa mengalami dan melaporkan kondisinya ini. Anda memiliki anak kecil yang tidak dapat mengekspresikan diri dan mungkin mengalami gejala kelainan ginajl sejak mereka dilahirkan tetapi tidak tahu kalau itu tidak normal," ungkap dokter Jeffrey Saland, ahli nefrologi pediatrik di Sistem Kesehatan Mount Sinai.

2. Aliran Mundur Abnormal

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: youngparents.com

Penyebab saluran kemih pada anak laki-laki lainnya adalah karena adanya aliran mundur abnormal (refluks) urin dari kandung kemih ke ureter dan menuju ginjal.

Kondisi ini dikenal sebagai refluks vesikoureteral (VUR) dan anak-anak yang mengalami ISK terbukti menderita kondisi ini.

Baca Juga: Bayi Menangis Saat Buang Air Kecil? Waspadai Infeksi Saluran Kemih

3. Kebiasaan Buang Air yang Tidak Bersih

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: modernmom.com

Coba Moms periksa bagaimana kebiasaan Si Kecil saat buang air besar. Apakah dia membersihkan alat kelaminnya usai buang air kecil?

Bagaimana frekuensi pemakaian celana dalamnya? Apakah sering diganti atau Moms biarkan pakai berkali-kali. Hal tersebut sangat memengaruhi kesehatan area kelaminnya, Moms.

4. Riwayat Keluarga

infeksi saluran kemih pada anak laki-laki

Foto: stocksyunited.com

Para ilmuwan di Lund University, Swedia telah menemukan gen yang tampaknya berada di belakang banyak infeksi saluran kemih yang paling parah.

"Banyak tim peneliti telah lama mencari latar belakang genetik untuk penyakit ini. Kami telah menemukan gen yang dapat digunakan sebagai penanda risiko dan metode untuk memilih kelompok yang rentan," ungkap Ann-Charlotte Lundstedt dan Profesor Catharina Svanborg, peneliti dari Lund University, dilansir dari Science Daily.

Gen yang dimaksud menghasilkan protein yang terlibat dalam sistem pertahanan kekebalan tubuh anak. Hal itu mengatur migrasi sel darah putih ke ginjal dan menetralkan bakteri menular.

Penelitian tersebut sampai saat ini masih dilakukan dan berharap bisa menghasilkan pengobatan yang maksimal untuk masalah genetik ini.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Nah itu dia Moms sejumlah hal yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih pada anak laki-laki. Mulai perhatian ya dari sekarang, Moms!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait