Scroll untuk melanjutkan membaca

BRAND
17 Oktober 2022

Intip 5 Cara Ampuh Promosikan Bisnis Anda Secara Online!

Dalam memperkenalkan bisnis atau usaha dapat dilakukan dengan beberapa cara lho! Yuk baca artikel berikut!
Intip 5 Cara Ampuh Promosikan Bisnis Anda Secara Online!

Saat melakukan usaha, pemilik bisnis pemilik bisnis akan menargetkan sasaran pasar bisnis mereka. Untuk mendapatkan bentuk perhatian dari audiens melalui cara promosi! Promosi menjadi salah satu rahasia bisnis yang digunakan untuk meningkatkan awareness, menciptakan kepercayaan pelanggan hingga mendeskripsikan produk yang akan dipasarkan. Berbagai cara promosi yang banyak digunakan sekarang dilakukan secara online karena dapat menjangkau target pasar yang dengan mudah, cepat dan efisien.

Search Engine Optimization (SEO)

online-marketing-landing-page-

Foto: online-marketing-landing-page-

Saat mempromosikan bisnis secara online, Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic penjualan. Menurut E-commerce KPI Report tahun 2019, bisnis online mendapat 35% attention traffic atau sesuatu yang paling sering diakses dari halaman hasil mesin pencari.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan posisi satu pada tampilan laman mesin pencari, jadi ketika pembeli mengetik kata kunci tertentu, mereka akan menemukan tautan bisnis Anda di awal hasil pencarian. Pembeli ini dianggap menjadi sasaran atau target yang akan membeli produk Anda, dibandingkan dengan orang yang memperoleh informasi bisnis melalui iklan yang ditonton atau tidak sengaja muncul pada laman media sosial.

Search Engine Marketing (SEM)

search-find-view-information-data

Foto: search-find-view-information-data

Selain Search Engine Optimization atau SEO, Search Engine Marketing alias SEM juga digunakan untuk mengoptimasi Website dengan memanfaatkan iklan berbayar. Dalam penerapannya, SEM membutuhkan anggaran. Hal ini karena Anda bisa memilih target audiens yang diinginkan mulai dari kategori umur, jenis kelamin, wilayah dan kategori lainnya dibandingkan dengan SEO.

Baca juga: Ini Dia Tren Penggunaan Influencers dalam Dunia E-Marketing!

Mulai Gunakan Email Marketing

letter-envelop-message-notification

Foto: letter-envelop-message-notification

Pemasaran email atau email marketing digunakan sebagai media untuk menarik dan mempertahankan pelanggan sebagai target pemasaran. Anda dapat meminta calon pelanggan untuk mendaftarkan diri sebagai member pada profil media sosial atau toko online Anda. Email adalah salah satu cara hemat biaya untuk memasarkan produk baru. Dengan bergabung dengan membership maka pelanggan bisa diberikan penawaran khusus mulai dari diskon, update tentang produk atau promo yang terbatas, atau pun bentuk promosi lainnya yang dapat meningkatkan penjualan.

Anda juga dapat membuat campaign pemasaran email otomatis untuk mengirim pesan terkait produk yang sedang dipasarkan. Cara ini sangat efektif digunakan bagi pemilik usaha yang tidak memiliki banyak waktu atau sumber daya yang memadai untuk melakukan kegiatan promosi..

Memanfaatkan Ulasan Produk

review-product

Foto: review-product

Buat produk Anda lebih dipercaya melalui ulasan produk dalam Website, Blog, maupun Channel lainnya. Baik melalui honest review mengenai komposisi atau bahan produk, serta manfaat dan keunggulan produk yang bisa didapatkan oleh pelanggan atau audiens.

Temukan Website atau Blogger dengan audiens yang relevan dan dapat terlibat dalam Campaign. Tawarkan untuk mengirimkan produk baru secara gratis sebagai imbalan atas ulasan honest review yang diberikan.

Baca juga: 5 Tips Public Speaking untuk Influencer!

Menggunakan Metode Para Ahli

doctor-female

Foto: doctor-female

Selain Website dan Blog cara lain promosi bisnis online dapat dilakukan dengan meminta kontribusi dari pakar atau tenaga ahli yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Cari pakar atau ahli yang tepat untuk menyumbangkan ide seperti tips, resep, cerita ke postingan atau artikel yang dimuat. Kemudian, publikasi kan semua daftar tanggapan tersebut untuk dapat dilihat audiens.

Konten dari pakar yang relevan, ditambah honest review yang disampaikan melalui berbagai artikel dapat meningkatkan rasa trust pelanggan. Sebagai contoh apabila Anda akan membuka bisnis online tentang Skincare, Anda bisa bekerja sama dengan Dokter Kulit sebagai KOL (Key Opinion Leader) untuk dapat mengulas komposisi yang digunakan dalam produk dan menjelaskan keunggulan nya.

Menggunakan Afiliasi atau Influencer Marketing

woman-reviews-uses

Foto: woman-reviews-uses

Meminta lebih banyak orang untuk mempromosikan produk Anda, dapat meningkatkan Brand Awareness produk. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan program afiliasi. Penggunaan Afiliasi dilakukan dengan mempromosikan produk untuk kemudian mendapatkan komisi pada setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Selain menggunakan Afiliasi untuk merekomendasikan produk yang dijual, penggunaan Influencer juga sangat berpengaruh untuk menjangkau audiens.

Gunakan Influencer Marketing yang relate dengan produk yang ingin Anda kembangkan. Misalnya, penggunaan Influencer pada bidang kuliner untuk mengenalkan produk bisnis makanan secara online.

Baca juga: 4 Hal Wajib Diketahui Perbedaan KOL dan Influencer

Selain itu, menggunakan Influencer Marketing juga dapat mendorong traffic penjualan Anda secara organik. Beragam campaign bisa dilakukan dengan menggunakan Influencer Marketing mulai dari, Produk Review, Review on E-Commerce hingga terlibat Event Attendance.

Beragam manfaat campaign menggunakan Influencer Marketing bisa Anda dapatkan di IbuSibuk! Terdapat 75.000 lebih Momfluencer yang sudah tergabung menjadi bagian dan siap menjalankan campaign bisnis online Anda secara maksimal.

Follow Instagram @ibusibukforbrands untuk promo serta info menarik lainnya dan jalankan bentuk promosi bisnis online mu bersama IbuSibuk! Anda bisa langsung membuat campaign sesuai dengan budget dan memilih sendiri Influencer yang dikehendaki. Segera hubungi IbuSibuk untuk konsultasi atau buat campaign mu segera di sini!