29 April 2022

Social Media Campaign, Strategi Cepat Tingkatkan Penjualan

Yuk, tingkatkan profit penjualan menggunakan sosial media campaign!

Sekarang ini social media campaign sering menjadi salah satu strategi yang sering digunakan oleh pelaku bisnis, seiring meningkatnya pengguna media sosial. Pergeseran metode transaksi menjadi semua serba digital menjadi pengaruh yang sangat besar.

Namun, bagaimana cara social media campaign bisa menjadi strategi untuk melejitkan penjualan bisnis Anda? Lalu, bagaimana membuat social media campaign tersebut efektif dan juga tepat sasaran? Kita akan bahas semuanya di sini.

Media Sosial Menjadi Ladang Bisnis Online

online-shopping-store-order-concept
Foto: online-shopping-store-order-concept

Baca Juga: Bisnis Makin Gemilang, Ikuti Strategi Marketing Influencer di Tahun 2022

Banyak penjual merambah bisnis mereka yang tadinya offline berkembang menjadi online. Karena seiring berkembangnya zaman dan juga dengan banyaknya pengguna media sosial.

Perlu diketahui bahwa bisnis online dengan bantuan media sosial ternyata memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Jangkauan dengan audiens menjadi lebih besar. Jika Anda menggunakan media sosial untuk bisnis Anda, ini akan membuat jualan atau produk dapat dipasarkan tidak hanya di kota Anda sendiri, tetapi dapat ke kota-kota lain bahkan hingga ke luar negeri.
  • Audiens atau target pasar pun tidak hanya berasal dari satu tempat. Konsumen akan ada dari seluruh wilayah di Indonesia semuanya bisa menjadi pelanggan Anda, asalkan dari produk atau brand yang Anda tawarkan dikenal baik oleh para konsumen.
  • Dari biaya pemasaran dapat disesuaikan dengan anggaran yang Anda punya, untuk hasilnya pun akan lebih terukur dan juga lebih efektif.
  • Hal terpenting pada sosial media adalah membangun citra yang baik untuk brand Anda. Dari sini Anda akan menjalin relasi lebih dekat dengan konsumen dan juga dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan yang konsumen Anda inginkan.
  • Sosial media juga dapat membangun strategi dalam mendapatkan kepercayaan konsumen, karena apapun aktivitas yang terkait dari brand yang Anda berikan akan selalu dipantau oleh audiens Anda.

Lalu, bagaimana social media campaign dapat menjadi strategi dalam meningkatkan penjualan?

Gunakan E-mail Marketing Untuk Mendekati Calon Konsumen

pexels-torsten-dettlaff-193003
Foto: pexels-torsten-dettlaff-193003

Di bagian ini strategi promosi ada berbagai macam yang bisa digunakan, salah satunya e-mail marketing. Ini adalah data yang sangat penting untuk brand agar mereka bisa mendekati calon pembeli melalui e-mail yang mereka kirim.

E-mail bisa berisi mengenai program terbaru, penawaran, diskon khusus dan masih banyak lagi yang tentunya akan berdampak pada hasil penjualan produk brand Anda.

Baca Juga: Momfluencer, Cara Cepat Berjualan Masa Kini

SEO Content Sebagai Media Promosi

instagram-g9b3cd7ced_1920
Foto: instagram-g9b3cd7ced_1920

Baca Juga: Langkah Jitu Membuat Marketing Campaign pada Bisnis Anda

Kemudian, SEO Content juga sering digunakan untuk memudahkan pencarian konsumen terhadap suatu produk.

Seperti pada saat pengguna yang sedang mencari produk yang mereka butuhkan, hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari di internet dengan menggunakan search engine seperti Google.

Nah, SEO ini sering digunakan untuk media promosi dalam bentuk artikel maupun caption. Kelebihannya akan memungkinkan produsen akan memberikan deskripsi sedetail mungkin.

Konten SEO juga bisa dijadikan backlink untuk pemilik website dalam meningkatkan kepercayaan pada mesin pencari. Dengan domain authority yang tinggi akan memiliki potensi yang lebih besar untuk menduduki halaman pada satu page rank di Google.

Tentukan Goal Bisnis Anda Secara Spesifik

goal-ge1728ff1f_1920
Foto: goal-ge1728ff1f_1920

Dari social media campaign yang telah Anda lakukan pada akun media sosial produk Anda, akan ada beberapa manfaat di dalamnya jika Anda bisa menentukan goal secara spesifik.

Seperti Anda dapat menjalin hubungan interaktif antara konsumen dengan produsen, membangun brand awareness, brand akan mendapatkan banyak konten yang dapat digunakan sebagai media promosi, dan juga meningkatkan engagement dan pastinya penjualan produk Anda.

Jadikan Campaign yang Anda Buat Menjadi Trending Topic!

4006451
Foto: 4006451

Jika Anda ingin membentuk social media campaign ada beberapa contoh yang mungkin bisa diterapkan pada bisnis Anda.

Salah satunya menjadikan trending topic di media sosial, Anda bisa menggunakan jasa buzzer pada social media campaign Anda. Buzzer biasanya digunakan untuk meramaikan campaign, seperti memperkenalkan produk baru dari brand Anda sesuai dengan tujuan bisnis.

Contoh bentuknya bisa berupa single tweet jika Anda menggunakan media sosial Twitter, dengan hashtag khusus sesuai dengan Anda atau bisa melakukan retweet dari akun seleb-twit lain.

Baca Juga: 4 Hal Wajib Diketahui Perbedaan KOL dan Influencer

Libatkan Konsumen Dalam Social Media Campaign Anda

4530890
Foto: 4530890

Baca Juga: Endorsement Strategi Ladang Marketing Menguntungkan!

Melibatkan aktivitas konsumen dengan mengadakan challenge atau giveaway.

Cara ini termasuk cara yang ampuh bisa Anda gunakan pada bisnis Anda. Dengan berupa tantangan yang diadakan, seperti membuat vidio bersama dengan produk, me-repost konten dari produk pada Instagram story, atau bisa membuat pertanyaan yang akan dijawab oleh konsumen.

Dengan menyebarkan brand awareness pada pengguna media sosial, campaign yang Anda buat juga bisa berdampak baik pada penjualan. Anda bisa membuat campaign lainnya dengan disesuaikan dengan bisnis yang Anda punya.

Dengan IbuSibuk Anda bisa meningkatkan penjualan Anda dengan jangkauan Momfluencer pada platform IbuSibuk.

Lebih dari 40.000 Momfluencer yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan brand Anda. Kami dapat menyesuaikan kebutuhan marketing Anda bersama IbuSibuk.

Konsultasikan lebih lanjut tujuan apa yang ingin Anda capai pada bisnis Anda, kami akan buatkan social media campaign sesuai dengan yang Anda inginkan. Cek langsung Instagram @ibusibukcom dan @ibusibukforbrands dan hubungi kami disini, sekarang!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.