Fashion & Beauty

8 September 2021

12 Jenis Kain untuk Dress, Mulai dari Katun hingga Brokat!

Ada banyak jenis kain yang bisa digunakan lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat akan membuat baju, Moms pasti akan dipusingkan untuk memilih jenis kain untuk dress. Meski desain bajunya sama, tapi jika jenis kain untuk dress yang dipilih berbeda, maka hasil bajunya tak akan sama.

Hal ini dikarenakan masing-masing jenis kain punya karakteristik yang berbeda. Bahan yang membeda membuat tekstur kain juga ikut berbeda. Ditambah lagi, tak semua jenis bahan cocok digunakan untuk jenis pakaian tertentu.

Misalkan saja jenis kain untuk dress muslimah tak akan sama dengan jenis kain untuk dress anak. Begitu pula sebaliknya.

Oleh sebab itu, pemilihan jenis kain sangatlah penting jika Moms ingin membuat atau membeli baju.

Baca Juga: 7 Jenis Kain Katun dan Keunggulannya, Pilih yang Mana?

Saat akan memilih jenis kain untuk dress, Moms harus memperhatikan kain tersebut akan digunakan untuk dress apa, siapa yang akan menggunakannya, dan bagaimana model dress yang akan dibuat.

Jenis Kain untuk Dress Anak

Jenis Kain untuk Dress Anak

Foto: pexels.com/Artem Beliaikin

Jika Moms ingin memilih jenis kain untuk dress anak, satu hal penting yang harus diingat adalah pilihlah jenis kain yang nyaman untuk Si Kecil supaya ia bisa bergerak dengan bebas.

Pemilihan jenis kain untuk dress anak juga haruslah adem karena anak-anak sangat aktif bergerak sehingga mudah berkeringat. Ada beberapa jenis kain untuk dress anak yang bisa Moms pilih, yaitu:

1. Kain Katun

Jenis kain untuk dress yang pertama adalah katun. Pemilihan jenis kain katun sangat cocok untuk dress anak karena bahan ini adem sehingga membuat anak betah menggunakannya.

Selain itu, kain katun punya daya serap yang sangat tinggi sehingga cocok digunakan sebagai dress anak.

Baca Juga: 9 Drama Korea yang Tayang September 2021, Ada Kim Min Jae di 'Dali and the Cocky Prince'!

2. Kain Lycra

Kain lycra juga cocok digunakan sebagai salah satu jenis kain untuk dress anak. Kain lycra ini punya elastisitas yang sangat tinggi sehingga seringkali digunakan sebagai pakaian olahraga.

Ternyata kain ini tak hanya bisa digunakan sebagai pakaian olahraga saja, tapi juga bisa didesain untuk dress anak.

3. Kain Polyster

Kain Polyster

Foto: dekoruma.com

Jenis kain untuk dress anak yang selanjutnya adalah kain polyster. Kain ini tidak mudah kusut sehingga cocok digunakan sebagai bahan dress untuk anak. Tapi sayangnya, kain ini agak panas saat digunakam sehingga Moms harus mengombinasikannya dengan jenis lain seperti katun.

4. Kain Rayon

Jenis kain terakhir yang cocok untuk digunakan sebagai dress anak adalah kain rayon. Kain rayon punya tekstur yang licin, tapi mudah menyerap keringat dan adem sehingga cocok digunakan untuk dress anak. Dress ini bisa digunakan saat siang hingga malam hari.

Baca Juga: Ajak Si Kecil Berkreasi, 4 Cara Membuat Keset dari Kain Perca yang Mudah

Jenis Kain untuk Dress Muslimah

Jenis Kain untuk Dress Muslimah

Foto: pexels.com/Ksenia Chernaya

Berbeda dengan jenis kain untuk dress anak, Moms harus bisa memilih kain yang sifatnya tidak menerawang sehingga cocok untuk dress muslimah. Berikut beberapa jenis kain untuk dress muslimah, yaitu:

5. Kain Linen

Jenis kain untuk dress muslimah pertama adalah kain linen. Kain linen paling sering digunakan sebagai dress muslimah karena bahannya punya tekstur yang lebih halus dari jenis kain lainnya. Inilah yang membuat kain linen punya harga yang agak lebih tinggi.

6. Kain Drill

Kain Drill

Foto: lazada.co.id

Kain drill menjadi jenis kain untuk dressmuslimah selanjutnya yang bisa Moms pilih. Kain drillpunya tekstur yang cukup tebal sehingga banyak digunakan sebagai bawahan seperti rok dan celana.

Tapi kain ini juga bisa digunakan sebagai dress muslimah. Hal ini dikarenakan Moms tak perlu menggunakan lapisan di dalam dress karena bahan ini menerawang.

7. Kain Sifon

Kain sifon sangat banyak digunakan sebagai salah satu jenis kain untuk dress muslimah. Kain sifon punya tekstur yang sangat lembut, ringan, dan lemas. Bahan ini juga sangat mudah menyerap keringat dan adem sehingga Moms bisa menggunakannya untuk dressmuslimah.

8. Kain Twistcone

Jenis kain untuk dress muslimah lainnya adalah kain twistcone. Kain ini banyak digunakan sebagai bahan dress. Karakteristiknya mirip dengan kain sifon, tapi teksturnya lebih tebal sehingga tidak menerawang. Meski tebal, bahan ini tidak panas saat digunakan.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kain Sutra Asli, Jangan Sampai Salah ya Moms!

Jenis Kain untuk Dress Pesta

Jenis Kain untuk Dress Pesta

Foto: pexels.com/Ksenia Chernaya

Sedangkan jenis kain untuk dress pesta, Moms harus memilih yang punya tampilan agak berkilau sehingga menjadikan dress terlihat jadi mewah dan elegan. Inilah beberapa jenis kain untuk dress pesta, yaitu:

9. Kain Organza

Jenis kain untuk dress pesta yang pertama adalah kain organza. Kain organza memiliki tekstur yang agak licin dan lembut dengan tampilan yang agak berkilau.

Berhubung teksturnya agak licin, kain ini bisa membentuk lekukan tubuh dengan baik sehingga banyak digunakan sebagai bahan untuk dress pesta.

10. Kain Sutera

Jenis kain untuk dress pesta lainnya adalah bahan sutera. Sesuai namanya, bahan ini terbuat dari kepompong ulat sutera. Teksturnya halus dan licin sehingga membuat tampilannya berkilau sehingga menjadikan dress untuk pesta jadi terlihat elegan.

Meski teksturnya halus dan berkilau tapi kain ini sangat adem saat digunakan dan mudah menyerap air dengan mudah.

Baca Juga: Ciri Masker Kain yang Sesuai SNI, Jangan Salah Beli!

11. Kain Beludru

Kain Beludru

Foto: olympics30.com

Jenis kain untuk dress pesta yang lainnya adalah kain beludru. Kain ini banyak digunakan di negara-negara barat untuk dijadikan sebagai gaun pesta. Hal ini dikarenakan kain beludru punya tampilannya yang terlihat berkilau dengan tekstur yang cukup tebal sehingga cocok untuk digunakan sebagai dress pesta di malam hari.

12. Kain Brokat

Kain brokat sangat banyak digunakan sebagai jenis kain untuk dress pesta, terutama pesta pernikahan dan pertunangan.

Kain brokat memiliki tampilan yang agak kasar dengan tekstur serat yang jarang-jarang dan motif daun serta bunga yang sangat klasik sehingga Moms harus menggunakan kain lapisan lagi di dalamnya.

Itulah beberapa jenis kain untuk dress yang bisa Moms pilih. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms dalam memilih jenis kain yang tepat ya!

  • https://www.wholesalejaipurkurti.com/blog/different-types-of-fabrics-material-for-dresses/
  • https://www.merdeka.com/jabar/10-jenis-kain-untuk-dress-yang-wajib-diketahui-kln.html
  • https://review.bukalapak.com/fashion/jenis-kain-untuk-bahan-pakaian-83461
  • https://www.picocleaners.com/blog/the-12-different-types-of-fabric/
  • https://www.masterclass.com/articles/28-types-of-fabrics-and-their-uses
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait