Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
21 Desember 2020

5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Tepat Merawatnya

Beda jenis kulit beda juga produk skincare yang dipakai dan cara merawatnya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Langkah terpenting dalam cara mengetahui jenis kulit wajah kita adalah dengan memahami jenis kulit dan bagaimana menyesuaikannya dengan keadaan atau musim tertentu.

Kulit kita adalah organ terbesar tubuh, yang sama rumit dan cerdas seperti jantung, paru-paru, hati, dan organ vital lainnya.

Menggunakan pembersih dan perawatan yang terlalu keras, bahkan jika memang direkomendasikan untuk kulit berminyak, dapat mengirimkan sinyal ke kulit bahwa sebenarnya dibutuhkan lebih banyak minyak.

Sebaliknya, mengoleskan pelembap yang terlalu kental atau berat dapat mengakibatkan produksi minyak alami menurun, sehingga kulit menjadi lebih kering.

Meluangkan waktu untuk cara mengetahui jenis kulit wajah kita akan membantu Moms dalam memilih opsi yang tepat yang akan menyeimbangkan kulit sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Jenis kulit wajah setiap orang itu unik, tetapi ada beberapa jenis kulit umum yang dapat membantu kita mengidentifikasi bagian mana yang paling cocok untuk kulit kita. Tiga jenis kulit utama biasanya disebut kulit berminyak, normal/kombinasi, dan kering.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membantu Menghilangkan Komedo

Apakah Moms sudah tahu jenis kulit wajah dan cara mengetahui jenis kulit wajah yang Moms miliki?

Untuk bisa cocok dengan skincare dan mendapatkan hasil yang optimal, Moms mesti tahu dulu jenis kulit wajah yang dimiliki.

Pasalnya, setiap skincare dan kosmetik dirancang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit wajah masing-masing wanita.

Nah, supaya lebih jelas, berikut cara mengetahui jenis kulit wajah beserta ciri khasnya masing-masing.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Menurut American Association for the Advancement of Science (AAAS), terdapat lima jenis kulit yang sehat yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi (baik kulit berminyak maupun kering) dan sensitif.

Di bawah ini, akan dijelaskan karakteristik utama untuk kita memahami cara mengetahui jenis kulit wajah setiap orang. Mari simak!

1. Kulit Normal

kulit-normal.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kulit wajah ini adalah jenis yang paling diidam-idamkan banyak orang. Pasalnya, Moms tak perlu repot memilih jenis produk perawatan jika punya kulit wajah yang normal.

Maksud jenis kulit wajah normal di sini adalah kadar minyaknya seimbang, sehingga tak membuat kulit berminyak ataupun kering.

Umumnya, cara mengetahui jenis kulit wajah yang punya kulit normal adalah dengan ciri-ciri berikut:

  • Sedikit atau bahkan tidak ada bercak di wajah.
  • Tidak sensitif.
  • Cenderung punya ukuran pori-pori yang kecil.

Agar kulit wajah Moms yang normal ini selalu terjaga, pastikan Moms rutin membersihkan dan memberikannya pelembap.

Dilansir dari Mayo Clinic, pelembap berfungsi untuk menjaga kadar air di kulit sehingga tak menyebabkan kulit menjadi kering atau berminyak. Jangan lupa juga Moms harus pakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, ya.

2. Kulit Berminyak

berminyak4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut WebMD selain terlihat berminyak, cara mengetahui jenis kulit wajah berminyak antara lain yaitu:

  • Punya pori-pori yang berukuran besar.
  • Muncul banyak komedo putih dan hitam di area hidung.
  • Mudah berjerawat.

Bila Moms punya jenis kulit wajah seperti ini, pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori atau yang sering dikenal juga sebagai non-komedogenik. Hindari juga produk yang mengandung banyak minyak di dalamnya.

Alih-alih menggunakan produk tersebut, Moms bisa memilih skincare atau jenis makeup yang mengandung banyak air supaya kulit terasa lembap. Kulit yang lembap karena terhidrasi dengan baik juga akan membuat produksi minyak berkurang.

Cara mengetahui jenis kulit wajah berminyak, juga bisa dilihat dari area T-zone, apakah sering berminyak ketika dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

3. Kulit Kering

jenis kulit kering.jpg

Foto: freepik.com

Kulit kering bisa terasa kencang sepanjang hari, dan mungkin terasa mengelupas. Kulit kering sebagian besar disebabkan oleh genetika, faktor lingkungan seperti gaya hidup dan diet, perubahan hormonal, dan iklim.

Dehidrasi juga merupakan penyebab utama kulit kering, jadi minum banyak air dan menghindari diuretik seperti alkohol dan kafein dapat membuat perbedaan signifikan pada tampilan dan rasa kulit.

Eksfoliasi harian dengan bahan lembut non-abrasif membantu meningkatkan pergantian sel kulit tanpa menghilangkan minyak alami kulit. Tanpa tambahan lapisan kulit mati, serum dan perawatan akan lebih mudah terserap.

Pelembap terbaik untuk kulit kering adalah yang mengandung asam hialuronat (sering disebut sebagai natrium hialuronat), gliserin, dan bahan aktif laut seperti ganggang, karena kemampuannya menarik air dan mengirimkannya langsung ke sel kulit.

Emolien, termasuk minyak squalane dan camellia, membantu menghaluskan dan melembabkan kulit secara merata dan efektif.

Ciri yang paling khas untuk mengetahui jenis kulit wajah kering, jika dilansir dari American Academy of Dermatology, adalah:

  • Kulit mengelupas.
  • Timbul noda-noda hitam di wajah.
  • Terlihat keriput karena kering.
  • Kulit terasa kencang.
  • Timbul rasa gatal.

Bahkan kulit kering yang sudah parah akan menimbulkan gejala seperti kulit pecah-pecah.

Kunci dalam merawat jenis kulit wajah kering adalah menggunakan pelembap. Pastikan Moms tidak lupa menggunakan pelembap setelah mencuci wajah dan di tengah hari ketika kulit merasa kering.

Selain mengenal cara mengetahui jenis kulit wajah kering, diperlukan juga skincare yang tinggi akan antioksidan, sehingga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Baca Juga: 10 Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengembalikan Elastisitas Kulit

4. Kulit Kombinasi

cara mengetahui jenis kulit wajah

Foto: Orami Photo Stock

Bila ada area wajah yang terasa kering sementara di bagian hidung dan dahi berminyak, itu tanda Moms punya jenis kulit kombinasi.

Cara mengetahui jenis kulit wajah kombinasi dapat dilihat dengan cara berikut ini, biasanya ini merupakan gabungan dari jenis kulit wajah kering dan jenis kulit wajah berminyak.

  • Punya pori-pori yang cukup besar, tapi tak sebesar pada orang dengan jenis kulit berminyak.
  • Sering timbul komedo hitam di area hidung.
  • Kulit berminyak.

Kulit kombinasi bisa saja gabungan antara kulit berminyak di area T-zone (dahi, hidung, dagu) dengan kulit normal. Atau bisa juga kulit berminyak dengan kulit kering di area pipi.

Berdasarkan informasi dari American Academy of Dermatology, Moms yang punya kulit kombinasi sebaiknya pakai pembersih dan losion yang tak terlalu berat. Pilih skincare yang mengandung cukup banyak air.

Baca Juga:5 Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

5. Kulit Sensitif

cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif.jpg

Foto: freepik.com

Selanjutnya, cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif bisa menjadi cukup kompleks.

Jenis kulit wajah sensitif lebih rentan bereaksi terhadap rangsangan dimana kulit normal tidak bereaksi.

Cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif adalah dengan melihat kulit yang rapuh, biasanya disertai dengan perasaan tidak nyaman, seperti panas, sesak, kemerahan, atau gatal.

Jenis kulit wajah ini kehilangan fungsi penghalang (atau pelindung), sehingga memudahkan mikroorganisme dan zat pengiritasi untuk masuk ke dalamnya, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi dan reaksi alergi.

Moms mesti hati-hati jika memiliki jenis kulit wajah yang sensitif. Pasalnya, bila salah memilih dan cara perawatannya, kulit malah akan jadi iritasi.

Berikut tanda kulit wajah sensitif:

  • Mudah memerah.
  • Gatal.
  • Muncul sensasi panas.
  • Kering.

Si kulit sensitif cukup membersihkan wajah sekali sehari saja. Tahapan eksfoliasi juga sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, bahkan kalau tidak perlu tak usah digunakan.

Menggunakan produk eksfoliator hanya akan membuat Moms yang punya kulit sensitif rentan iritasi dan radang.

Baca Juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

Menurut Dr. Badreshia-Bansal, seorang dokter spesialis kulit yang dilansir dari American Academy of Dermatology, sebaiknya Moms pilih skincare yang bisa menenangkan kulit.

Misalnya saja skincare yang mengandung ekstrak chamomile, aloe vera, dan green tea. Dengan begitu kulit Moms akan terhindar dari iritasi dan peradangan kulit.

Setelah mengetahui cara mengetahui jenis kulit dari 5 tipe tersebut, Moms termasuk jenis kulit wajah yang mana? Share ya!

Artikel Terkait