Program Hamil

11 Januari 2021

10 Jenis Makanan untuk Hamil Anak Perempuan, Wajib Dicoba!

Coba cara ini untuk hamil anak perempuan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Moms adalah seorang calon ibu? Pasti bertanya-tanya ya apakah janin yang dikandungnya laki-laki atau perempuan? Baik laki-laki ataupun perempuan, bayi yang sehat adalah impian setiap orang tua ya Moms.

Tidak ada trik mudah untuk memilih jenis kelamin Si Kecil di luar laboratorium.

Pita, rok, dan warna-warni pastel pasti menjadi aksesoris yang Moms ingin gunakan juntuk bayi perempuan.

Tetapi, beberapa penelitian mendukung kemungkinan memengaruhi konsepsi melalui perubahan gaya hidup tertentu, seperti memilih makanan untuk hamil anak perempuan.

Baca Juga: 3 Obat Alami untuk Puting Payudara Lecet Akibat Menyusui

Jenis Makanan untuk Hamil Anak Perempuan

Meski penentuan gender adalah kuasa Tuhan, namun ada usaha untuk mendapatkan anak perempuan, yakni dengan memilih makanan untuk hamil anak perempuan.

Lantas apa saja makanan untuk hamil anak perempuan yang bisa ibu hamil konsumsi? Daging-dagingan, kacang-kacangan atau protein lainnya?

Berikut adalah makanan untuk hamil anak perempuan yang bisa Moms coba, cek ya!

1. Kacang-kacangan

makanan untuk hamil anak perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Kacang-kacangan adalah salah satu pilihan makanan untuk hamil anak perempuan. Tentu, kandungan magnesium pada kacang dapat mematangkan sel telur dan membuat tubuh Moms ramah terhadap sperma pembawa kromosom X perempuan.

Selain itu kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam oleat dan asam palmitoleat yang diketahui membuat bagian dalam vagina menjadi lebih asam, sehingga sperma jantan jadi cepat mati.

Akan tetapi, kacang-kacangan biasanya tinggi kalori. Di mana ibu hamil harus membatasi asupannya agar tidak berlebihan dan memicu obesitas.

2. Makanan Magnesium

Melansir jurnal yang diterbitkan dalam Reproductive Biomedicine Online, makanan untuk hamil anak perempuan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi magnesium dan kalsium. Disertai dengan hubungan seksual, maka peluang besar hamil anak perempuan itu ada.

Para peneliti percaya bahwa ada kemungkinan hubungan antara kadar glukosa yang lebih tinggi dalam darah, yang menguntungkan sperma pria.

Makanan untuk hamil anak perempuan, Moms bisa mengonsumsi buncis, wijen, kedelai yang kaya akan magnesium untuk membantu mendapatkan Si Kecil berjenis kelamin perempuan.

3. Tinggi Kalsium

Makanan mengandung magnesium

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, makanan kaya kalsium juga menjadi daftar makanan untuk hamil anak perempuan, lho!

Makanan tersebut meliputi susu, keju, sayur, es krim, dan produk lainnya yang terbuat dari susu tanpa garam. Menurut sebuah studi oleh Maastricht University, diet ibu berperan dalam mengendalikannya.

Para peneliti mengklaim bahwa makanan untuk hamil anak perempuan adalah kaya akan kalsium.

Baca Juga: Ketahui Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan dan Tidak Dibutuhkan

4. Makanan yang Mengandung Asam

Makanan asam masuk dalam daftar makanan untuk hamil anak perempuan.

Cairan vagina yang keluar sebelum ovulasi cenderung lebih asam dan sperma Y akan mati sebelum mencapai sel telur. Sedangkan sperma X bisa bertahan di lingkungan asam dan memberinya waktu untuk mencapai sel telur.

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam dan vitamin C, akan membantu Moms mendapatkan anak perempuan.

Nah, Moms bisa mengonsumsi yoghurt, buah-buahan dengan tinggi vitamin C, seperti apel, jeruk, pir, nanas, jeruk keprok, hingga aprikot.

5. Kuning Telur

jenis makanan untuk hamil anak perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Kuning telur dan produknya terbuat dari telur menjadi bagian dari makanan untuk hamil anak perempuan. Ada beberapa tips untuk calon ibu yang harus diikuti, sebulan sebelum konsepsi:

  • Makanan untuk digunakan langsung seperti sereal (kurang dari 100 gram kentang per hari).
  • Makanan untuk digunakan secara spontan: sayur, telur.
  • Makanan yang dikonsumsi sebanyak mungkin yaitu susu, keju, dan makanan olahan susu lainnya.
  • Makanan yang dikonsumsi sesedikit mungkin seperti buah-buahan segar kurang dari 100 gram per hari, daging, dan ikan kurang dari 120 gram per hari.

Baca Juga: 4 Jenis Masker Oatmeal dan Manfaatnya Bagi Kulit

6. Hindari Makanan Tinggi Garam

Salah satu daftar makanan untuk hamil anak perempuan adalah dengan menghindari makanan tinggi garam.

Melansir Think Eat Safe, makanan tinggi garam seperti keju, sosis atau makanan olahan lainnya dapat menurunkan kemungkinan untuk mendapatkan anak perempuan.

Selain lebih sehat, diyakini mampu meningkatkan peluang Moms untuk hamil. Moms harus membatasi jumlah garam yang digunakan selama memasak, suatu keterampilan yang akan berguna selama kehamilan juga.

Moms bisa gantikan makanan asin ke makanan tinggi kalsium atau magnesium, ya!

7. Sayuran Hijau

brokoli termasuk makanan untuk hamil anak perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian mengemukakan, makan lebih banyak buah dan sayuran dapat meningkatkan peluang Moms untuk hamil anak perempuan, terutama jika makan seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli.

Sayuran hijau sebagai makanan untuk hamil anak perempuan, Moms bisa kombinasikan dengan brokoli, dan bayam. Kadar mineral di dalam darah bisa memengaruhi kesuburan sel telur, sehingga lebih mudah menerima kromosom lelaki maupun perempuan. Brokoli juga kaya akan vitamin A, C, K dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 17 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Moms Perlu Tahu!

8. Ikan Salmon

Tentu segala upaya untuk mendapatkan anak perempuan itu ada lho Moms! Salah satunya dengan mengonsumsi ikan salmon sebagai makanan untuk hamil anak perempuan.

Salmon merupakan sumber protein, omega 3, vitamin D, dan asam lemak. Nutrisi ini membuat daerah vagina menjadi asam dan menguntungkan bagi sperma dengan kromosom X untuk bertahan hidup lebih lama.

Konsumsi ikan salmon juga dapat meningkatkan antioksidan dan mengurangi peradangan dalam tubuh ibu hamil.

9. Susu

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Susu bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan insuline (I.G.F.) dalam darah. Tingginya hormon ini dapat meningkatkan ovulasi dalam tubuh ibu hamil.

Susu menjadi makanan untuk hamil anak perempuan dan setidaknya dikonsumsi tiga bulan sebelum konsepsi.

Susu yang memiliki pH sekitar 6,5 dan mengandung asam laktat dapat membantu dalam membuat daerah vagina lebih asam, yaitu menguntungkan bagi sperma yang terdapat kromosom X.

10. Buah Tin

Ternyata, buah tin juga termasuk salah satu makanan untuk hamil anak perempuan. Rasa manis membuat kandungan pH menjadi lebih asam.

Buah tin juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, terutama selama kehamilan. Dengan mengonsumsi buah tin dapat meningkatkan kebutuhan zat besi oleh bayi untuk menghasilkan jutaan sel darah merah.

Baca Juga: Program Hamil untuk Anak Laki-laki? Ketahui Hal-hal Berikut Ini

Apakah ini efektif atau tidak, tidak ada salahnya mencoba makanan untuk hamil anak perempuan. Semoga berhasil ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait