Rupa-rupa

30 Juli 2021

60+ Kata-Kata Lelah untuk Refleksikan Diri dan Bikin Semangat Lagi

Kata-kata lelah kadang bisa membuat kita lebih tenang.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Kata-kata lelah sangat dibutuhkan dalam waktu tertentu. Meski disebut kata-kata lelah, namun kalimat penuh isi hati ini bisa menenangkan pikiran.

Kata-kata lelah pun kerap bisa membuat hati menjadi lebih baik. Rasanya ingin untuk bangkit kerap hadir usai membaca kata-kata lelah karena akhirnya kita tahu bahwa tidak berjuang sendirian.

Ya, membaca kata-kata lelah di internet membuat kita sadar bahwa perjuangan ini dilakukan bersama-sama. Kita bukanlah satu-satunya orang yang ingin menyerah dalam keadaan yang pelik.

Yuk, ketahui berbagai macam kata-kata lelah yang bisa bikin hati sedikit lega.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Istirahat dari Pekerjaan

41 Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran

kata-kata lelah

Foto: Orami Photo Stock

Ketika hati dan pikiran lelah, rasanya menjalani aktivitas apapun tak bisa bersemangat. Berikut kata-kata lelah hati yang bisa menemani dan membuat hati menjadi lebih tenang yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Harapan hanya bertemu dengan kekecewaan. Impian hanya bertemu dengan kegagalan. Namun aku berharap lagi, lagi, dan lagi.
  2. Letih kaki ini melangkah. Sedih hati ini merasa. Namun aku tetap memiliki harapan. Walaupun kecil ia adalah cahaya.
  3. Saat kita terjatuh tak ada seorangpun yang menolong. Mungkin mereka takut kalau-kalau mereka pun ikut jatuh bersamaan denganku.
  4. Inginku puisikan rasa sedih ini. Lalu kutulis dalam kertas putih lalu aku biarkan untuk hanyut ke lautan agar sedih ini hilang bersama gelombang.
  5. Lelah hanyalah sebuah kata untuk orang-orang yang lemah, yang mulai pasrah dan menyerah dengan keadaan yang sama sekali tidak memberi jalan dan arah.
  6. Tidak ingin menyalahkan keadaan, cuma berharap masih ada yang mendukung. Terus terang emang lelah, tapi tidak untuk menyerah.
  7. Meski marah harus tetap sabar, meski berat harus tetap kuat. Meski lelah, harus tetap semangat. Semua pasti ada jalan keluar.
  8. Perjuangan yang optimal akan mendatangkan hasil terbaik dan menghilangkan rasa lelah yang telah berada di tempat tertinggi.
  9. Apa gunanya tinggal di sini kalau aku hanya merasa keadaan ini membebani diriku? Rasanya ingin pergi jauh, sejauh-jauhnya dan memulai kehidupan baru agar aku bisa lebih bahagia.
  10. Menyerahkan pada keadaan? Bukanlah pilihan, Tapi disadari atau tidak kita lelah secara bersamaan.
  11. Lelah hati dan perasaan tanpa seorangpun peduli. Dunia ini begitu sepi, dingin, dan tak bersahabat. Aku berada di tempat yang ramai. Namun hati terasa sepi dan sunyi.
  12. Percayalah orang yang selalu mendamba-dambakan ketenangan di atas ketinggian, dia adalah orang yang paling lelah dengan keadaan sekitarnya
  13. Tidak ingin menyalahkan keadaan, cuma berharap masih ada yang mendukung. Terus terang emang lelah, tapi tidak untuk menyerah.
  14. Orang lain mungkin menyangka dirimu begitu kuat. Padahal sesungguhnya kamu sedang rapuh di dalam sana.
  15. Mungkin aku terlihat setegar batu karang. Namun ketika kamu memelukku, rasanya hancur lebur. Ingin kutumpahkan segala kelelahan ini pada dirimu.
  16. Jangan pernah lelah untuk jadi orang baik, jangan pernah lelah untuk jadi orang yang peduli sesama. Bukan waktunya mikirin apa yang dikerjain orang lain, tapi apa yang bisa kita lakuin untuk memperbaiki keadaan.
  17. Andai saja ada yang mengerti isi hatiku dan membaca pikiranku. Karena aku tak bisa menjelaskannya lewat kata-kata. Bahkan tangispun aku tak bisa. Ingin tersenyum pun rasanya tak mampu.
  18. Siapalah diriku? Tak ada seorangpun yang mengharapkan kehadiranku. Mungkin aku tak begitu penting dalam hidup mereka.
  19. Ada kalanya kita tak perlu melakukan apa-apa. Hanya pasrah menyerahkan segalanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  20. Ketika engkau mulai lelah, tumpahkan saja air mata itu. Engkau juga adalah manusia. Punya rasa punya jiwa.
  21. Di setiap ujian dan cobaan selalu ada pelajaran yang berarti. Hanya saja kamu belum tahu pelajaran apa yang disediakan untukmu. Kamu baru akan sadar ketika menyelesaikannya.
  22. Hanya air mata ini yang menemani hari-hariku. Satu hal yang membuatku bahagia bahwa aku masih bisa berdoa dan meminta kepada-Nya.
  23. Menjadi kuat bukan berarti kamu tidak pernah lelah. Itu hanya berarti kamu memiliki kekuatan untuk bangkit kembali setelah beristirahat.
  24. Betapa lelah diriku menapaki hari-hari. Tidak melihatkah kau betapa keras aku berjuang? Atau kau memilih untuk tidak melihatnya?
  25. Ketika melewati ujian hidup, hati akan terasa lelah. Namun ujian berikutnya tak lagi terasa sukar. Bukan karena masalah yang menjadi lebih mudah, namun karena kita yang semakin kuat.
  26. Janganlah mengatakan hidup ini tidak adil, jika kita sendiri tidak pernah berusaha untuk mendapatkan keadilan.
  27. Lebih baik berpisah daripada saling menyakiti. Bukannya aku tak cinta. Namun cintaku mungkin tak terlalu besar hingga kau tak merasakannya.
  28. Bukankah melelahkan berkali-kali dipatahkan harapan. Aku manusia bukan dewa, aku harus tetap berusaha aku tidak mau sia-sia.
  29. Meski ada banyak orang lain yang lebih baik, aku nggak akan menyerah untuk menjadi yang terbaik dalam hidupmu. Walau sebenarnya hati ini sudah lelah untuk meyakinkanmu.
  30. Orang kuat itu bukan berarti dia selalu kuat. Tidak. Melainkan dia tahu sekali kapan harus berjuang habis-habisan, kapan harus siap tulus melepaskan.
  31. Kalau capek, istirahat. Kalau lelah, rehat. Memang maknanya sama, namun tidak dalam artian masing-masing orang. Bisa saja lelah dengan keadaan, atau lelah karena menunggu yang tidak pasti. Hanya satu kata ingin disampaikan. Istirahat dan rehatlah sejenak.
  32. Ketika memiliki jiwa yang lelah, menangislah. Satu hari. Dua hari. Tiga hari. Setelah itu berbahagialah. Karena waktu dan dunia tak menunggumu agar ia bisa berputar.
  33. Kau tidak pernah tahu betapa sepinya hatiku. Mereka tertawa, aku berduka. Mereka bahagia,  aku dilanda kecewa.
  34. Diam bukan berarti aku menyerah atau mengaku kalah. Diamku adalah simbol rasa lelah.
  35. Menyerah berarti menerima bahwa kamu lelah. Tetapi, untuk beristirahat dan mencoba lagi, adalah tanda sebuah tekad.
  36. Di batas lelah yang setia menciumi gundah dalam alurnya, sepertinya harus ku tiadakan mimpi indah malam ini. Dan, pasrah pada rujukannya. - Moammar Emka
  37. Aku lelah menjadi lelah dan berbicara tentang betapa lelahnya aku", - Amy Poehler
  38. Bahkan ketika kamu punya hak untuk bosan dengan segala sesuatu, Jangan pernah bosan hidup". - Terry Mark
  39. Jika seseorang dapat berlari tanpa merasa lelah, saya tidak berpikir seseorang akan sering ingin melakukan hal lain". - C.S. Lewis
  40. Milikilah hati yang tak pernah beku, perasaan yang tak pernah lelah, dan sentuhan yang tak pernah terasa sakit. - Charles Dickens
  41. Seseorang yang tepat tak selalu datang tepat waktu. Kadang ia datang setelah kau lelah disakiti oleh seseorang yang tidak tahu cara menghargaimu. - Fiersa Besari

Baca Juga: 55 Kata-kata Bijak untuk Suami yang Bikin Langgeng Hubungan

21 Kata-Kata Lelah Bekerja

kata-kata lelah

Foto: Orami Photo Stock

Kata-kata lelah bekerja menjadi sebuah hal yang sering menggambarkan isi hati. Kata-kata lelah bekerja kerap membuat kita "tertampar" bahwa lebih baik lelah bekerja daripada lelah dalam mencari kerja.

Ya, terkadang kita membutukan kata-kata lelah bekerja agar keadaan hati menjadi lebih baik dan semangat kembali terkumul.

Berikut kata-kata lelah bekerja yang bisa disimak!

  1. Jangan pernah lelah dengan mimpi, jika tidak terpenuhi. Ketakutan akan kegagalan seharusnya tidak menghalangimu dari jalan kepercayaan diri.
  2. Seringkali berusaha membuat kamu menjadi lelah. Tapi, kamu akan berterima kasih pada momen itu.
  3. Tidak ada, bahkan rasa sakit, yang bertahan selamanya. Jika aku bisa terus meletakkan satu kaki di depan yang lain, aku akhirnya akan sampai pada akhirnya.
  4. Melihat kadar kesuksesan orang lain hanya akan membuatmu kelelahan. Ciptakan sendiri standarmu.
  5. Kamu belajar bahwa kamu dapat melakukan yang terbaik bahkan ketika itu sulit, bahkan ketika kamu lelah dan mungkin sedikit sakit. Rasanya senang menunjukkan keberanian.
  6. Bertahan hidup di dunia yang kejam ini adalah bisnis yang melelahkan, tetapi banyak penghargaan di akhir pertempuran.
  7. Tidak banyak yang berkesempatan untuk merasakan lelah. Ia menjadi tanda kamu sudah berusaha.
  8. Orang-orang sukses tidak berbakat; mereka hanya bekerja keras, lalu berhasil dengan sengaja.
  9. Sampai hati kita lelah dan berserah saat itu semesta bekerja. Beberapa hadir dalam rupa sama. Beberapa lebih baik dari rencana - Marchella FP
  10. Lama memang, tapi itu caranya. Semua harus dilewati seperti anak tangga. Satu-persatu, jangan lompat-lompat karena kalau melompat kemungkinan terpelesetnya tinggi. - Chairul Tanjung
  11. Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi! - Chairul Tanjung
  12. Jika seseorang dapat berlari tanpa merasa lelah, saya tidak berpikir seseorang akan sering ingin melakukan hal lain - C.S. Lewis
  13. Mungkin kita tiba di suasana saling lelah; entah sebab beban kerja, atau beban pikiran. - Boy Candra
  14. Bekerjalah 2/3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. - Chairul Tanjung
  15. Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya - Bob Sadino
  16. Salah satu pengerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah. - Buya Hamka.
  17. Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga . - Bob Sadino
  18. Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, namun giving atau sedekah dapat memudahkannya. - Chairul Tanjung
  19. Jangan takut jatuh, kerana yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Yang takut gagal, kerana yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, kerana dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua. - Buya Hamka
  20. Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup. - John Patrick
  21. Untuk menikmati kesehatan yang baik, untuk memberikan kebahagian yang nyata di dalam keluarga, untuk membawa damai, pertama-tama, seseorang harus disiplin dan mengendalikan pikiran mereka sendiri. Jika seseorang bisa mengendalikan pemikirannya dia bisa menemukan jalan keselamatan. Dan semua kebijaksanaan dan kebaikan akan datang sendirinya kepada mereka. - Buddha

Baca Juga: 55 Kata-kata Bijak untuk Suami yang Bikin Langgeng Hubungan

Nah, itu dia kata-kata lelah untuk merefleksikan diri. Semoga kata-kata lelah di atas bisa membantu dalam menyemangati diri yang sudah berjuang terlalu lama, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait