2-3 tahun

3 Mei 2018

Kenali Tanda-Tanda Anak Bahagia Di Sekolah

Apa saja ciri-ciri anak merasa bahagia di sekolah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Terkadang orang tua khawatir dan bertanya-tanya: apakah anak bahagia di sekolah? Apakah ia menikmati proses belajar? Apakah ia tak di-bully oleh teman-temannya? Dan, sederet pikiran lain terlintas dalam benak Moms.

Ya, sangat wajar bila Moms cemas di minggu-minggu awal anak masuk sekolah. Di masa itu, anak sedang belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, baik itu guru dan teman-teman barunya.

Di masa transisi ini, terkadang tak mudah bagi anak untuk beradaptasi. Namun, iInilah kesempatan baginya untuk membuktikan apakah ia merasa senang di sekolah pilihannya atau sebaliknya.

Baca Juga : Anak Mogok Sekolah, Apa yang Harus Moms Lakukan?

Tanda Anak Bahagia di Sekolah

shutterstock 141550009

Kita tentu berharap anak merasa bahagia di sekolah. Nah, berikut ini beberapa ciri atau tanda bahwa anak bahagia di sekolah:

1. Suka membicarakan tentang sekolah

Ini tanda yang jelas bahwa anak bahagia di sekolah. Ia tampak antusias dan bersemangat membicarakan sekolah. Ia berbagi cerita serunya pengalaman dan kegiatannya di sekolah. Bila hal itu yang dibicarakannya, kemungkinan besar ia menikmati aktivitas sekolah.

2. Menyelesaikan Tugas dengan baik

Bagaimana perasaan anak tentang Pekerjaan Rumah (PR) atau tugas sekolah adalah indikasi bagaimana perasaannya tentang sekolah. Ia merasa tugas yang diberikan guru sungguh menantang dan bersemangat untuk menyelesaikannya.

Tanda ia bahagia sekolah ketika ia juga menunjukkan pada Moms apa tugas sekolah yang dikerjakannya. Juga, ia menceritakan bagaimana ia mampu mengatasi kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah.

3. Penuh semangat usai libur sekolah

Anak yang bahagia sekolah adalah ketika ia penuh semangat ingin segera belajar usai libur sekolah. Pada awalnya mungkin ia merasa canggung ketika harus bertemu dengan wali kelas atau guru serta teman kelas yang baru.

Namun, rasa kikuk itu hanya sebentar, selanjutnya ia bisa menikmati proses kegiatan belajar dan bersosialisasi dengan teman.

Tanda Anak Tidak Bahagia di Sekolah

shutterstock 405319642

Lalu, apa tanda atau gejala bahwa anak tak bahagia di sekolah? Ini di antaranya:

1. Mengeluh sakit perut atau diare

Apakah anak Moms mengeluh sakit perut atau diare menjelang berangkat sekolah? Keluhan ini terjadi hampir setiap hari atau berulang kali. Padahal, ketika diperiksa ke dokter, anak tidak didiagnosis sakit.

2. Tampak Gugup

Perhatikan, apakah anak tanpa gugup? Misalnya, terlihat menggigit-gigit kuku, mengisap jempol, menarik-narik rambutnya, atau bahkan mengompol.

3. Diam

Ya, diam. Ketika ditanya tentang kegiatan di sekolah, dia tidak tertarik membicarakan itu.

4. Mengatakan bosan

Anak mengatakan dirinya bosan, tidak tertarik pergi ke sekolah.

5. Takut ke sekolah usai liburan

Umumnya, setelah musim liburan sekolah, anak riang karena akan kembali bersekolah dan bertemu teman-teman. Akan tetapi, bila justru yang terlihat bahwa anak takut ke sekolah, kemungkinan ia tak bahagia.

Bila Moms mendapati anak dengan gejala seperti itu, ada baiknya mencoba untuk mengajak bicara dan cari tahu alasannya. Bagaimanapun setiap orang tua tentu ingin anaknya bahagia di sekolah.

Selain itu, coba berkomunikasi dengan pihak sekolah terutama guru kelas. Cari solusi bersama, sehingga anak kembali bisa bahagia di sekolah.

(HIL)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait